x

Jelang SEA Games, Atlet Putri Indonesia Emilia Nova Raih Medali Emas di Singapura

Sabtu, 16 April 2022 20:05 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
Atlet lari asal Indonesia, Emilia Nova. Foto: Instagram@emilianovanv

INDOSPORT.COM – Atlet putri Indonesia, Emilia Nova, berhasil memenangkan medali emas di ajang Singapore Open Track & Field Championships 2022 atau edisi ke-88. Ini menjadi modal penting untuknya tampil di SEA Games di Vietnam bulan depan.

Melansir dari akun Semangat Pemuda 45 di Instagram, Emilia Nova merah medali emas saat turun pada nomor 100 meter lari gawang putri dalam ajang Singapore Open Track & Field Championships 2022, Sabtu (16/04/22).

Baca Juga

 Merujuk dari hasil lomba yang dirilis Asosiasi Atletik Singapura (SAA), Emilia Nova berhasil mencatatkan waktu tercepat 13,74 detik di babak final yang berlangsung di Home of Athletics, Kallang Sports Centre, Singapura.

Atlet asal DKI Jakarta ini mampu mengungguli wakil Filipina Melissa Escoton yang finis kedua dengan 13,96 detik dan atlet tuan rumah Kerstin Ong yang finis ketiga dengan membukukan 14,99 detik.

Baca Juga

Ini merupakan medali emas pertama yang diraih Indonesia di ajang Singapore Open Track & Field Championships tersebut. Tentu saja, ini menjadi suatu kebanggaan tersendiri untuk Emilia Nova.

Kebahagiaan pun diungkapkan oleh Emilia Nova setelah dirinya turun dari podium. Lewat akun resmi Instagram-nya, Emilia Nova bersyukur dan mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan.

Baca Juga

Selain itu, bagi wanita yang akrab disapa Emil tersebut, hasil ini menjadi modal bagus dalam menghadapi sekaligus mempertahankan medali emas pada SEA Games Hanoi, Vietnam pada 12-23 Mei.

“Singapore Open 2022, terima kasih atas dukungannya. Bersiap-siap menuju SEA Games Vietnam 2022,” tulis Emilia Nova.


1. Emilia Nova Banjir Ucapan Selamat

Atlet lari asal Indonesia, Emilia Nova. Foto: Instagram@emilianovanv

Tak pelak, unggahan Emilia Nova langsung dibanjiri ucapan selamat dari rekan-rekannya dan juga netize di tanah air.

@docbr0: “Kereeeennnn!!! Congrats champ!.”

@reinaldyatmanegara: “Congrats mil.”

Baca Juga

@yen_hoa_990: “Congratulations Emilia - welcome to Vietnam.”

@josefaligmayo: “Congratulations @emilianovanv You're the best!.”

@g.antaraa: “Congratss @emilianovanv . On fire for the Next event.”

@erihatu67: “Selamaatt ya @emilianovanv ... maju teruss bawa nama Indonesiaa.... GOD Bless.”

Baca Juga

Atlet berusia 26 tahun tersebut memang bertekad untuk bisa mengulang pencapaian pada SEA Games sebelumnya di Filipina pada 2019.

Ketika itu, Emil menjadi yang terbaik pada nomor 100meter lari gawang putri dengan membukukan waktu 13,61 detik.

Baca Juga

Dia berhasil mengalahkan wakil Vietnam Tran Thi Yen Hoa (13,75 detik) dan Nur Izlyn Zaini dari Singapura (13,92 detik).

Adapun Singapura Open 2022 menjadi ajang uji coba pertama dan terakhir selama Emil menjalani pelatnas untuk menghadapi SEA Games Hanoi.


2. Ajang Pemanasan Jelang SEA Games 2021

Logo Sea Games Vietnam.

Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) memang kesulitan mengirim atlet di tengah banyaknya kompetisi internasional yang tertunda hingga batal bergulir karena pandemi COVID-19.

Alhasil, Singapura Open dianggap sebagai ajang penting untuk mengukur sejauh mana kemampuan atlet Indonesia dalam persiapan mereka menuju Hanoi. Selain Emilia, terdapat enam atlet lainnya yang tampil di Negeri Singa.

Mereka adalah Valentin Vanesa Lonteng yang turun di nomor lari 100meter putri, Halomoan Edwin Binsar Simajuntak pada nomor 400meter lari gawang putra, dan empat atlet yang turun pada nomor estafet 4x100meter putra yakni Bayu Kertanegara, Eko Rimbawan, Wahyu, dan Sudirman Hadi.

IndonesiaAtletikSEA GamesEmilia NovaLari GawangBerita OlahragaSEA Games 2021

Berita Terkini