x

Ribuan Pelari dari 15 Negara Ikuti Indonesia International Marathon 2022 di Bali

Sabtu, 25 Juni 2022 12:01 WIB
Kontributor: Nofik Lukman Hakim | Editor: Yosef Bayu Anangga
Ribuan pelari dari 15 negara ikut serta dalam Indonesia International Marathon 2022 yang berlangsung di Bali, Minggu (26/6/22) pagi Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Ribuan pelari dari 15 negara ikut serta dalam Indonesia International Marathon 2022 yang berlangsung di Bali, Minggu (26/6/22) pagi. Para pelari memperebutkan hadiah dengan total senilai Rp2 Miliar.

Indonesia International Marathon mengalami penundaan yang cukup lama akibat pandemi Covid-19.

Baca Juga

Penantian panjang pada akhirnya sudah usai setelah event ini dapat lampu hijau dari Satgas Covid-19.

Ada 3.500 pelari yang datang dari 15 negara terlibat dalam event bergengsi ini. Termasuk ada ratusan anggota TNI yang bertugas di Bali mengikuti ajang ini.

Para pelari itu mengikuti beberapa kategori, seperti 5 kilometer, 10 kilometer, Half Marathon, dan Marathon.

Baca Juga

Mereka akan melintasi jalur yang dimulai dari kawasan Sanur, tepatnya Grand Inna Bali Beach, serta menyisir kawasan Kuta, kabupaten Badung.

Terselenggaranya acara ini memberi kelegaan setelah lama bersabar. Ada waktu dua tahun untuk mematangkan kesiapan secara keseluruhan.

"Untuk jumlah 3.500 pada kategori internasional sebenarnya sangat sedikit, tapi ini dimaklumi karena kita memulai saat pandemi baru mulai mereda," kata race director Indonesia International Marathon 2022, Riena Tambunan, Jumat (24/6/22).

Baca Juga

"Saya kagum atas keberanian stakeholder serta para protokol untuk memulai acara ini, karena kita adalah negara pertama yang memulai off-road race pertama di South East Asia," lanjut Riena.


1. Standar Internasional

Acara jumpa pers Indonesia International Marathon 2022 di Grand Inna Bali Beach, Jumat (24/6/22). Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT

Ajang ini dihelat dengan standar lomba lari internasional. Pasalnya, Indonesia International Marathon 2022 turut menggandeng pengukur trek Olimpiade asal Amerika Serikat, David Katz.

Baca Juga

Selain David Katz, turut dilibatkan pemilik akreditasi grade A dari World Athletics asal Kroasia, Lucija Kolic.

Tak ketinggalan hadirnya salah satu founder Tokyo Marathon, Manabu Tanaka. Pria asal Jepang ini akan menjabat sebagai advisor and technical director.

Baca Juga

"Kami memiliki visi besar untuk menghadirkan event marathon kelas dunia di Indonesia, sebuah standar penyelenggaraan yang diakui internasional berdasarkan World Athletics-AIMS," tutur Chairman Organizing Committee, Made Cakra Adi.


2. Dampak Positif di Sektor Pariwisata

Acara jumpa pers Indonesia International Marathon 2022 di Grand Inna Bali Beach, Jumat (24/6/22). Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT

Indonesia International Marathon 2022 tak sekadar memberi harapan bagi para peserta memperebutkan hadiah hingga Rp2 Miliar.

Bali sebagai lokasi akan merasakan dampak positif dari kehadiran ribuan peserta bersama anggota keluarganya.

"Dengan kehadiran 3000 lebih peserta, bersama keluarganya, pasti membutuhkan akomodasi selama di Bali. Ini memberi dampak positif pada kami di Bali, termasuk ajang ini sebagai promosi Bali," tutur Wakil Gubernur Bali, Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati.

Selama ajang ini berlangsung antara tujuh hingga delapan jam, jalur yang digunakan untuk lari akan ditutup.

Personal gabungan TNI-Polri akan mengamankan agar lomba lari berjalan lancar.

AtletikBaliLariMaraton

Berita Terkini