x

Digelar Akhir Pekan Ini, Jakarta Marathon 2022 Diikuti 15 Ribu Peserta

Jumat, 14 Oktober 2022 16:04 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
Setelah vakum dua tahun terakhir, ajang lari Jakarta Marathon 2022 kembali digelar pada Minggu, 16 Oktober 2022.

INDOSPORT.COM - Setelah vakum dua tahun terakhir, ajang lari Jakarta Marathon 2022 kembali digelar pada Minggu, 16 Oktober 2022. 

Event bergengsi yang akan diikuti sebanyak 15.300 pelari dari enam negara tersebut akan melewati berbagai ikon kota Jakarta.

Baca Juga

Yakni meliputi seperti Kawasan GBK Senayan, Jembatan Semanggi, Wilayah Gambir-Monas, Kota Tua, Pasar Baru, Gereja Katedral, Istiqlal, Lapangan Banteng, Gedung Pancasila, Tugu Tani, Gedung Djoeng, TIM.

Lalu melewati Metropole-Megaria, Kunstkring Cut Mutia, Jalan. Soerabaja, Museum Naskah Proklamasi, Gedung PFN Usmar Ismail, Museum Satria Mandala.

Sertifikasi rute tersebut pun telah selesai dilakukan oleh World-Athletic - AIMS pada September lalu.

Baca Juga

Jakarta Marathon 2022 mengambil tema REBORN karena dua tahun terakhir vakum karena pandemi covid-19.

"Tema REBORN tahun ini sangatlah pas dikarenakan Jakarta Marathon terpilih sebagai satu-satunya Marathon di Indonesia oleh Abbott World Marathon Majors Age Ranking Group," kata Ndang Mawardi, CEO Inspiro selaku penyelenggara Jakarta Marathon.

Baca Juga

Lebih lanjut Ndang Mawardi menjelaskan, terpilihnya Jakarta Marathon sebagai satu-satunya Marathon di Indonesia oleh brand Abbott memiliki keuntungan tersendiri.

"Sehingga para pelari Indonesia sudah tidak perlu repot lagi untuk mendapatkan kualifikasi ranking di event marathon luar negeri. Brand Abbott sangatlah sakral & paling bergengsi bagi para pelari dunia, apalagi di tanah air,” imbuhnya.


1. 4 Pelari Elite

Setelah vakum dua tahun terakhir, ajang lari Jakarta Marathon 2022 kembali digelar pada Minggu, 16 Oktober 2022.

Ada 4 pelari elite ranking dunia yang diundang secara khusus pada gelaran tahun ini. Dua diantaranya dari Jepang, yakni Chiaki Morikawa (Marathon Female) dan Haruki Okayama (Marathon Male).

Lalu dua lainnya dari Ethopia yakni Bira Seboka Dinbushe (Marathon Male) dan Meseret Kitata Tolwak (Marthon Female).

Baca Juga

Sedangkan dari Indonesia diwakili Agus Prayogo dan peraih medali emas SEA Games 2021, Odekta Elvina Naibaho.

Jakarta Marathon tahun ini ada empat kategori yakni full marathon (42km) half marathon (21km), 10km dan 5km). Para pelari berkesempatan memenangkan hadiah uang tunai dan produk dari mitra sponsor senilai total lebih dari Rp1,5 Milyar.

Baca Juga

“Kalau pagi untuk full marathon. Tahun ini baru mulai lagi karena dalam dua tahun vakum. Agak nervous juga ibarat dari nol lagi kita mulainya,” tutur race director Jakarta Marathon, Riena Tambunan.

“Kalau atlet internasional ada sekitar enam orang dan nasional ada beberapa nama seperti Agus Pragyogo, Odekta Elvina Naibaho,” imbuhnya.


2. Dukungan Pemerintah

Setelah vakum dua tahun terakhir, ajang lari Jakarta Marathon 2022 kembali digelar pada Minggu, 16 Oktober 2022.

Sementara itu, Menteri Pariwisata & Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno turut mendukung penyelenggaraan Jakarta Marathon 2022. Dian meyakini penyelenggaraan event ini akan membantu perkembangan sportourism di Indonesia. 

"Gelaran internasional tahunan ini sejalan dan berdekatan dengan event Internasional G20. In semakin menumbuhkembangkan olahraga wisata atau sportourism Indonesia di kancah dunia dan mengembalikan lapangan kerja wisata,” ujar Sandiaga Uno.

Selain menyatakan dukungan, Sandiaga Uno juga berencana hadir dan ikut lati dalam penyelenggaraan Jakarta Marathon 2022. 

LariJakarta Marathon

Berita Terkini