x

(VIDEO) 5 Bela Diri yang Kurang Efektif di Kancah MMA

Minggu, 7 Mei 2017 19:00 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung

Ajang pertarungan Mix Martial Arts (MMA) dewasa ini mulai banyak diminati oleh masyarakat dari berbagai kalangan. Salah satu penyebabnya lantaran dalam tarung MMA, kita disajikan aksi-aksi petarung yang diperbolehkan menggunakan bermacam-macam ilmu bela diri untuk mengalahkan lawannya.

Ya, berbeda dari ajang pertarungan lainnya, seperti tinju, taekwondo, gulat yang hanya menampilkan satu nomor bela diri saja, dalam dunia tarung MMA, Anda diperbolehkan menggunkan berbagai teknik bela diri asal tidak melanggar aturan untuk menjatuhkan lawan.

Namun, dari banyak cabang ilmu bela diri yang ada di dunia, ternyata ada beberapa yang bisa dibilang digunakan dalam tarung MMA. Bukan karena lemah, namun ilmu bela diri tersebut dianggap kurang efektif bila dikondisikan untuk menjatuhkan lawan menggunakan aturan MMA.

Berikut INDOSPORT coba informasikan lima cabang ilmu bela diri, yang ternyata kurang efektif bila digunakan dalam kancah tarung MMA seperti dikutip dari Scrap Digest:


1. Aikido

Aikido adalah seni beladir.

Jepang merupakan salah satu negara yang paling banyak menghasilkan ilmu bela diri. Salah satu yang terkenal adalah aikido. Ilmu bela diri yang diciptakan oleh Morihei Ueshiba pada 1800-an silam tersebut memiliki keunikan dari ilmu-ilmu lainnya.

Bila bela diri pada umumnya mengutamakan kekuatan fisik dan kecepatan, Aikido mendasarkan latihannya dengan teknik mengelak, kuncian, serta bantingan. Jadi pada dasarnya, Aikido lebih mengutamakan menetralisir serangan lawan tanpa membuat mereka mengalami cedera parah.

Namun, dalam dunia tarung MMA, bela diri ini bisa dibilang sulit diterapkan. Contohnya seperti yang diperlihatkan dalam video yang diunggah akun YouTube, Simon Purist.

Dalam video tersebut, terlihat penganut bela diri aikido kesulitan menghadapi cara bertarung petarung MMA yang bervariasi dan sulit ditebak.


2. Sumo

Caption

Aikido bukan satu-satunya ilmu bela diri asal Jepang yang dianggap kurang efektif bila digunakan dalam ajang tarung MMA. Pasalnya, masih ada ilmu bela diri lainnya, yakni sumo.

Tentunya banyak di antara kita yang tidak asing lagi dengan salah satu olahraga bela diri tradisional asal Negeri Matahari Terbit ini, apalagi dengan sosok para petarungnya yang bertubuh besar dan gempal.

Sekilas bila melihat postur tubuh pesumo yang besar-besar mungkin mengalahkan petarung MMA yang badannya lebih kecil bukanlah perkara menyulitkan. Namun, pada kenyataannya tidak seperti itu.

Contohnya seperti sebuah pertarungan antara pesumo Jepang, Akebono saat melawan Don Frye yang digelar pada 2016 lalu tersebut. Tubuh besar yang dimiliki Akebono justru membuatnya kesulitan dan banyak menghabiskan tenaga untuk bergerak mengikuti gerakan lawannya.

Alhasil dalam pertarungan tersebut Akebono tidak bisa menyumbunikan raut muka letih dan membuat Frye, yang posturnya jauh lebih kecil berhasil keluar sebagai pemenang.


3. Wing Chun

Wing Chun.

Bagi Anda yang sudah menonton film IP Man, tentunya tidak asing dengan teknik bela diri yang satu ini. Pasalnya, dalam film tersebut, sang tokoh utama, Yip Man menggunakan ilmu bela diri untuk mengalahkan lawannya.

Untuk Anda yang tidak tahu, wing chun merupakan salah satu ilmu bela diri asal China yang diciptakan oleh salah satu master bela diri bernama Ng Mui.

Dalam teknik wing chun, Anda akan diminta untuk tidak menyerang langsung lawan, melainkan membuat lawan berada dalam jarak dekat terlebih dahulu sebelum melakukan teknik pukulan dan tendangan.

Akan tetapi, seorang pemilik akun YouTube, bullshtido mengunggah sebuah video yang memperlihatkan saat seseorang petarung MMA menaklukan petarung yang menggunakan teknik wing chun.

Dalam video tersebut terlihat pengguna teknik wing chun tersebut tidak berdaya saat lawan mengunci dan menjatuhkannya ke kanvas ring, sebelum kemudian menghujaninya dengan pukulan bertubi-tubi.


4. Kung Fu

Kungfu.

Siapa orang yang tidak mengenal ilmu bela diri asal China ini. Beberapa kali banyak film aksi yang karakter utamanya menggunakan teknik ini untuk bisa lolos dari marah bahaya dan menaklukan lawan-lawannya.

Pada mulanya, ilmu bela diri kung fu merupakan pengembangan dari cara manusia untuk mampu bertahan hidup, baik untuk membela diri dari kondisi alam yang dianggap mengancam keberlangsungan diri.

Seiring perkembangannya, ilmu bela diri ini tidak mudah untuk dipelajari. Pasalnya membutuhkan waktu yang tidak singkat untuk menguasainya. Konon, bila menguasai kung fu dengan baik, maka seseorang akan sulit untuk dikalahkan.

Namun, seorang petarung MMA asal Brasil, Royce Gracie pernah membuat seorang ahli kungfu bertekuk lutut yang terekam kamera dan diunggah akun YouTube, APOCALYPSE MMA.


5. Tai Chi

Caption

Baru-baru ini, dunia sempat dihebohkan dengan rekaman video yang memperlihatkan pertarungan antara seorang ahli tai chi melawan petarung MMA.

Pertarungan yang terjadi lantaran petarung MMA dianggap menghina seni bela diri tai chi itu menghadirkan kejutan yang tidak terduga. Pasalnya, pertarungan tersebut berlangsung dalam kurun waktu 10 detik saja dan dimenangkan oleh petarung MMA.

Terlepas dari kejadian tersebut, tai chi merupakan salah satu seni bela diri yang tidak hanya menyehatkan jasmani, tapi juga rohani. Hal itu karena dalam bela diri tai chi, kita akan diminta melalui latihan-latihan keseimbangan dan keselarasan antara tiga elemen, yakni gerak fisik, pikiran (konsentrasi, ketenangan), serta pengaturan napas.

SumoKungfu

Berita Terkini