x

Petarung MMA Indonesia Koma di Malaysia, Ini Langkah yang Diambil Kemenpora

Jumat, 13 April 2018 14:02 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung

Kabar duka tengah menghinggapi dunia Mix Martial Arts (MMA) Tanah Air. Salah satu petarung asal Indonesia bernama Ricky Asriel Refwalu mengalami cedera parah dan membuatnya kini harus terbaring koma.


1. Retak Tulang Tengkorak

Ricky (kiri), petarung MMA Indonesia yang sedang koma di Malaysia.

Disebutkan bahwa cedera yang dialami oleh Ricky terjadi saat mengikuti turnamen International Muaythai Championship (JIMC) III 2018 di Stadium Tertutup Perbendaraan Pasir Gudang, Johor, Malaysia pada 7 April 2018 lalu.

Ketika menghadapi petarung tuan rumah bernama Muzz Antar, Ricky menerima sikutan pada bagian kepala yang membuatnya tidak sadarkan diri.

Kondisi tersebut pun membuat Ricky langsung dilarikan ke rumah sakit terdekat. Setelah diperiksa, pihak RUmah Sakit Sultan Ismail Johor mendiagnosis bahwa Ricky mengalami kerusakan tulang tengkorak.

Baca Juga

2. Tidak Murah

Ricky Asriel Refwalu memerlukan biaya kurang lebih Rp90 juta untuk perawatan medis.

Melihat parahnya kondisi yang dialami membuat Ricky memerlukan penangan medis secepatnya. Hanya saja ada satu masalah yang dialami oleh pihak keluarga, yakni terkait biaya perawatan.

Salah satu rekan Ricky yang juga sesama petarung bernama Fajar Macho Kamacho mengatakan bahwa untuk mendapat perawatan medis, Ricky setidaknya membutuhkan biaya sebesar Rp90 juta.

Pihak keluarga dibantu dengan rekan sejawat Ricky pun berinisiatif untuk menggalang pengumpulan dana, demi menyembuhkan kondisi petarung yang pernah berkiprah di ajang One Pride MMA Indonesia itu.


3. Kemenpora Angkat Bicara

Sesmenpora, Gatot Dewa Baroto, saat dijumpai di Hotel Fairmont.

Kabar tentang kondisi yang dialami oleh Rikcy itu ternyata sampai terdengar hingga ke pihak Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Melalui Seksretaris Kemenpora, Gatot. S. Dewa Broto, Kemenpora berjanji akan segera membantu proses pemulihan Ricky hingga sembuh total.

"Dia adalah seorang atlet dan yang karena itu yang bertanggung jawab atas dirinya adalah Kemenpora," ujar Sekretaris Kemenpora Gatot S. Dewa Broto di Jakarta, Kamis (12/04/18) seperti dikutip dari Antara.

"Kalau memang harus mendapatkan rawat inap di Rumah Sakit Olahraga Nasional Kemenpora maka akan kami lakukan," kata dia.

Dalam kesempatan itu, Gatot sempat menyayangkan karena keikutsertaan Ricky dalam turnamen di Malaysia itu tidak ada izin resmi dari federasi MMA Indonesia.

Meski begitu, Kemenpora tetap akan memberi perhatian khusus kepada petarung yang sudah berumah tangga tersebut.

"Namun saya tetap diperintahkan Pak Menpora Imam Nahrawi untuk terus memantau kondisinya. Kami tidak ingin ada lagi pihak yang saling menyalahkan," pungkas Gatot.

IndonesiaMalaysiaKementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora)Gatot S Dewa BrotoMixed Martial Arts (MMA)

Berita Terkini