x

Mengintip 3 Keindahan Dagestan, Tempat Kelahiran Khabib Nurmagomedov

Rabu, 10 Oktober 2018 07:01 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
Salah satu pantai yang ada di Dagestan, kampung halaman Khabib Nurmagomedov.

INDOSPORT.COM - Khabib Nurmagomedov berasal dari wilayah Dagestan, Rusia. Dagestan, menyimpan sejuta keindahan wisata yang siap memanjakan mata. 

Nama Khabib Nurmagomedov semakin menjulang dan menjadi bahan perbincangan beberapa hari terakhir ini. Hal itu tak lepas dari kemenangannya atat Conor McGregor di arena pertarungan UFC 229. 

Kemenangan yang diwarnai dengan kericuhan tersebut, juga menjadi sorotan dan membuat nama Khabib semakin ramai dibicarakan orang. Usai meraih gelar UFC, Khabib memutuskan untuk pulang ke kampung halamannya, Dagestan, Rusia. 

Di Dagestan, Khabib disambut bak pahlawan oleh masyarakat di sana. Banyak laporan menyatakan lebih dari 20 ribu fans Khabib datang dan menyambut Khabib. 

Baca Juga

Selain menjadi kampung halaman Khabib Nurmagomedov, Dagestan ternyata juga memiliki sejuta keindahan yang bisa membuatnya menjadi salah satu tujuan wisata di Rusia. 


1. Wisata Olahraga

Kota Dagestan.

Warga Dagestan sendiri memang cukup akrab dengan olahraga. Selain memiliki Khabib Nurmagomedov sebagai petarung UFC, Dagestan juga memiliki sebuah klub sepak bola yang pernah mencuri perhatian dunia. 

Klub tersebut adalah Anzhi Makhachkala, klub yang pernah menjadi bahan perbincangan setelah mendaratkan Samuel Eto'o di musim 2011/12. Selain Eto'o, ada nama Willian, Lassana Diarra, hingga Yuri Zirkhov pernah menjadi penggawanya. 

Anzi Makhachkala dan Stadion Anzi Arena yang berkapasitas 28.000 penonton menjadi daya tarik utama dari wisata olahraga di Dagestan. 

Baca Juga

Selain olahraga, ada daya tarik lain yang dimiliki oleh Dagestan. daya tarik tersebut adalah wisata alam dan wisata religinya. 


2. Wisata Alam

Salah satu sudut Kota Dagestan.

Selain wisata olahraga dengan Anzi Makhackala dan Anzi Arena yang menjadi daya tarik utama, Dagestan juga menyimpan sejuta keindahan alam. Keindahan utama dari Dagestan adalah Laut Kaspia. 

Laut Kaspia yang indah, berbatasan langsung dengan daratan Dagestan dan Kota Makhachkala. Keindahan laut dan pantai tersebut ditambah dengan cuara cerah karena paparan sinar matahari yang berlangsung selama 310 hari dalam setahun. 

Cuaca yang ideal untuk menikmati keindahan laut dan pantai. Lewat tengah hari, pantai-pantai di Dagestan penuh dengan kehidupan. 

Baca Juga

Warga datang berbondong-bondong untuk berenang, bersantai, memancing dan lainya. Selain laut dan pantai, Dagestan juga dikelilingi oleh pegunungan dan ngarai. 

“Kami sama sekali tidak mendapatkan masalah. Tidak ada hiruk-pikuk, tidak ada kemacetan, musik keras, atau orang-orang mabuk,” kata Sergei Kudryashov, seorang turis yang datang ke Dagestan untuk berlibur, dikutip dari Russia Beyond. 


3. Wisata Religi

Sebuah masjid Kota Dagestan.

Di Makhachkala, Dagestan, juga ada pantai tertutup khusus perempuan. Hal itu berkaitan dengan penduduk Dagestan yang 90 persen diantaranya beragama Islam. 

Mayoritas penduduk Dagestan yang beragama Islam, juga membuat banyak masjid yang berdiri di wilayah ini. Dengan banyaknya masjid dan penduduk Islam, Dagestan juga bisa menjadi salah satu tujuan wisata religi. 

Salah satu masjid yang paling terkenal di Dagestan adalah Masjid Juma Makhachkala. Masjid besar ini dapat menampung hingga 16 ribu orang jamaah. 

Baca Juga

“Salat Jumat di Masjid Juma ditandai dengan ramainya orang-orang yang berlalu-lalang dan kemacetan besar di jalan raya," lata Vladimir Sevrinovsky, seorang pemandu wisata dan pakar budaya Kaukasus dinukil dari Russia Beyond. 

Masjid ini juga disebut sebagai 'adik' dari Masjid Biru Istanbul, yang ada di Turki. Masjid Juna Makhackala menjadi salah satu tempat tujuan jika mengunjungi Dagestan.

Selain untuk beribadah, berfoto di depan masjid besar ini juga bisa menjadi salah satu hal yang bisa dilakukan.  

Ikuti terus berita seputar Sport Tourism dan Berita Sport lainnya hanya di INDOSPORT.COM 

RusiaUltimate Fighting Championship (UFC)Sport TourismAnzhi MakhackalaTRIVIAKhabib NurmagomedovBerita Transfer

Berita Terkini