x

Berjauhan, UFC 249 'Dipaksakan' Bergulir dengan Social Distancing

Minggu, 10 Mei 2020 10:02 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Gelaran UFC 249 tetap digelar dengan menerapkan kebijakan social distancing.

INDOSPORT.COM – Pertarungan UFC 249 yang dijadwalkan akan digelar hari ini, Minggu (10/05/20), memberlakukan anjuran social distancing. Tidak ada penonton, hakim, dan komentator duduk terpisah.

UFC melalui akun Twitter-nya membocorkan suasana VyStar Veterans Memorial Arena, Jacksonville, Florida, tempat dilangsungkannya pertarungan sengit bertajuk UFC 249, di mana salah satunya menampilkan duel Tony Ferguson vs Justin Gaethje.

Pertarungan yang digelar di tengah pandemi virus corona yang melanda salah satu negara bagian Amerika Serikat itu membuat UFC harus memberlakukan social distancing.

Baca Juga
Baca Juga

Diketahui, arena itu tidak akan satu pun penonton. Artinya, tribun akan dibiarkan kosong dengan UFC menyediakan tayangan siaran langsung yang bisa disaksikan para penggemar dari rumah.

Selain itu, UFC juga mengatur posisi hakim pertandingan dan komentator tidak berdekatan satu sama lain. Semua komentator diberi tempat duduk yang menyebar.

Anggota media, komisioner, petugas coner dan keamanan juga harus menyebar di sekitar venue. Staf UFC yang tertangkap pada video itu juga terlihat mengenakan masker pelindung.

Sebelum pertandingan, para petarung juga harus melalui tes swab dan antibodi sepanjang pekan jelang duel. Suhu tubuh mereka juga diperiksa setiap hari dan dilakukan observasi terkait gejala virus corona.

Tes swab dilakukan untuk mendeteksi apakah seseorang saat ini terpapar virus Covid-19 atau tidak, sedangkan antibodi dilakukan melalui sampel darah untuk memastikan apakah seseorang sudah memilikinya atau tidak.

Setelah menjalan tes swab, salah satu petarung yang akan tampil di UFC 249 dinyatakan positif virus Covid-19. Dia adalah Ronaldo ‘Jacare’ Souza asal Brasil yang dijadwalkan menghadapi Uriah Hall.

Akibatnya, petarung 40 tahun itu dicoret dari jadwal pertandingan. Menyusul Souza, dua orang stafnya juga dinyatakan positif terinfeksi.

Baca Juga
Baca Juga

Hasil tes positif Souza membuat pertandingan UFC 249 jadi sorotan pihak luar. Meski demikian, manajemen UFC tidak membatalkan keseluruhan acara tapi hanya duel yang melibatkan Souza.

Salah satu duel UFC 249 yang layak untuk dinantikan yaitu antara Tony Ferguson melawan Justin Gaethje. Gaethje naik ring untuk menggantikan Khabib Nurmagomedov yang memutuskan mundur karena khawatir akan dampak virus corona.

Ultimate Fighting Championship (UFC)Mixed Martial Arts (MMA)Berita OlahragaBerita MMAVirus CoronaTony FergusonJustin Gaethje

Berita Terkini