x

Waduh, Hampir Separuh dari Bintang MMA Dunia Konsumsi Ganja

Minggu, 7 Juni 2020 16:09 WIB
Penulis: Nadya Riska Nurlutfianti | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
Ilustrasi pertarungan MMA.

INDOSPORT.COM – Menurut hasil survey bahwa hampir separuh dari bintang Mixed Martial Arts (MMA) di seluruh penjuru dunia mengonsumsi ganja untuk alasan tertentu.

Data tersebut diambil dari hasil riset yang dilakukan oleh The Athletic kepada 170 petarung, di mana 49,5 persen membuktikan bahwa hampir separuh dari mereka menggunakan ganja untuk mempercepat pemulihan atau hanya sekadar untuk bersenang-senang dan menghilangkan setres.

Bahkan, 76,5 persen mengatakan bahwa mereka sengaja menggunakan produk Cannabidiol (CBD) atau senyawa ganja yang bersifat non psikoaktif yang memiliki sifat terapi untuk kesehatan, di mana berdasarkan penelitian bisa mengurangi kerusakan syaraf.

Baca Juga
Baca Juga

Jeff Novitzky selaku Wakil Presiden Kesehatan dan Kinerja Atlet UFC meski tak berkomentar banyak, namun dirinya mengaku tak terkejut dengan hasil riset tersebut.

"Saya pikir mungkin itu cukup akurat. Saya tak pernah melakukan survey pada atlet kami, tetapi saya telah melakukan banyak perbincangan dengan atlet kami, dan itu menjadi pertanyaan nomor satu yang selalu kami ajukan,” ujar Jeff Novitzky, dilansir dari laman Sun Sports.

“Namun yang terpenting adalah keselamatan atlet. Tentu, kami tidak mau mereka menggunakan obat-obatan tertentu yang adiktif dan berbahaya," tambahnya.

Baca Juga
Baca Juga

Sementara itu, petarung UFC yang kedapatan menggunakan ganja dan telah mendapatkan hukuman ialah Nick Diaz, yang dinyatakan positif menggunakan ganja usai pertarungannya melawan Anderson Silva pada 2013 silam, dan telah menjalani hukuman penangguan selama 1,5 tahun.

Nick Diaz yang merupakan saudara kandung dari Nate Diaz mengatakan bahwa seharusnya aturan diubah dan membuat ganja tak lagi dilarang oleh WADA (Badan Anti-doping Dunia) lantaran bisa berguna untuk kesehatan dan keselamatan para atlet.

Ultimate Fighting Championship (UFC)Mixed Martial Arts (MMA)Nate DiazGanjaBerita OlahragaBerita SportBerita MMA

Berita Terkini

Berita Terpopuler