x

Kasihan Khabib Nurmagomedov, Disebut Sok Suci Hingga Disindir Gaya Bertarungnya

Rabu, 9 September 2020 10:35 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Khabib Nurmagomedov

INDOSPORT.COM - Khabib Nurmagomedov, salah satu petarung kelas atas di UFC ini dikenal sebagai sosok yang taat akan ajaran islam yang dipeluknya. Namun, belakangan hal tersebut menjadi bahan sorotan salah satu rivalnya yang menganggap Khabib sok suci, juga mengkritik gaya permainannya.

Khabib yang merupakan petarung UFC papan atas kelahiran Dagestan, Rusia ini adalah seorang penganut muslim aliran sunni yang bisa dikatakan sangat taat.

Baca Juga
Baca Juga

Salah satu prinsip yang dipegang oleh dirinya adalah Khabib sama sekali tidak mau bertarung selama bulan Ramadan atau saat dirinya sedang menjalankan ibadah puasa.

Tidak hanya menolak untuk bertarung selama bulan Ramadan, Khabib juga diketahui tidak mengkonsumsi makanan atau minuman yang diharamkan oleh kepercayaannya.

Sebagai penganut muslim taat, Khabib secara mengejutkan pernah menolak minum alkohol ketika dirinya sedang melangsungkan konferensi pers pra pertarungan kontra Conor McGregor di UFC 229.

Namun prinsip dan keimanannya itu ternyata mendapatkan cercaaan dari Mike Perry yang menyatakan jika Khabib adalah orang yang sok suci.

“Khabib adalah orang Rusia yang sok suci,” bunyi komentar Perry dalam salah satu unggahan fans Khabib yang mengunggah fotonya beserta slogan tentang prinsip yang dianutnya, dilansir dari Sportbible.

Perry sendiri bukanlah merupakan petarung UFC papan atas. Dirinya lebih banyak dikenal sebagai tukang onar alih-alih sebagai petarung yang sukses.

Petarung berusia 28 tahun ini tercatat memiliki catatan rekor 20 kali bertanding dengan 14 kemenangan dan 6 kekalahan. Dirinya lebih dikenal akan kontroversi yang dilakukannya di luar oktagon.

Baca Juga
Baca Juga

Perry diketahui pernah membuat onar di sebuah restoran di Texas. Dalam insiden itu, 3 orang dilaporkan mengalami serangan olehnya. Sebelumnya pada tahun 2016 lalu, dirinya pernah terlibat dalam pertarungan jalanan yang membuat salah satu warga tak sadarkan diri.

Uniknya lagi, kasus penghinaan kepada sosok Khabib tidak hanya terlontar dari sisi kepercayaan yang dianutnya saja. Tapi juga gaya bertarungnya di oktagon yang dianggap monoton.


1. Khabib Beri Pembelaan tentang Gaya Bertarungnya

Petarung UFC, Khabib Nurmagomedov.

Khabib Nurmagomedov memberikan pembelaan soal gaya bertarungnya yang banyak dianggap oleh para fans MMA sangat monoton dan itu-itu saja. Bahkan tidak hanya fans, kakak dari petarung Nate Diaz, Nick Diaz juga melontarkan hal yang sama.

Nick Diaz mengungkapkan bahwa dirinya tidak menyukai gaya permainan Khabib. Bahkan, Nick mendukung Conor McGregor (saat bertarung melawan Khabib) sebagai pemenangnya. Padahal, Nick dan Conor adalah musuh di dalam dan luar arena.

"Saat itu saya ingin dia (Conor McGregor) menang melawan Khabib. Saya hanya ingin dia menang, karena saya lelah melihat teknik bertarung yang monoton dari Khabib. Saya lelah melihat dia menang dengan cara itu," ucapnya dikutip dari SportsJoe.

Hal ini pun menuai respons dari Khabib. Dilansir dari Sport Express, Khabib berkelakar bahwa hasil akhir adalah yang terpenting. Terlebih, pengalamannya selama 12 tahun di dunia MMA membuat dirinya yakin dengan teknik bertarung yang selama ini dia gunakan.

"Gaya pertarungan yang terbaik dari saya adalah grappling dan top control. Saya takut bertarung dengan gaya yang diinginkan orang lain? Untuk apa? Saya sudah 12 tahun berkecimpung di olahraga ini, jadi saya tahu yang terbaik untuk saya sendiri," balas Khabib.

"Ini adalah gaya bertarung saya yang berbeda dengan orang lain. Kenapa saya harus bertarung sesuai dengan keinginan Anda? Jika ingin melihat cara saya bertarung, lihat saja. Jika tidak, saya tak keberatan," tutupnya.

Ultimate Fighting Championship (UFC)Mixed Martial Arts (MMA)Khabib Nurmagomedov

Berita Terkini

Berita Terpopuler