x

3 Profesi yang Bisa Dilakoni Khabib Nurmagomedov Usai Pensiun dari UFC

Senin, 29 Maret 2021 12:51 WIB
Editor: Juni Adi
Khabib Nurmagomedov dengan marah menunjuk ke kerumunan penonton, sebelum memicu perkelahian massal.

INDOSPORT.COM - Khabib Nurmagomedov telah resmi menyatakan pensiun dari dunia seni bela diri campuran, UFC. Sejatinya keputusan tersebut sudah ia umumkan usai melakoni duel di UFC 254 pada 24 Oktober 2020 lalu.

Kala itu Khabib menang atas Justin Gaethje lewat submission di ronde kedua. Kemenangan itu membuat rekornya makin tajam dengan 29 kemenangan tanpa tersentuh kekalahan.

Namun Khabib tidak berambisi untuk menggenapkannya menjadi 30, dan memilih undur diri dari UFC. 

Baca Juga

Sebab hal itu sudah menjadi bagian dari janjinya kepada sang ibunda Patimat Nurmagomedova setelah ayahnya, Abdulmanap Nurmagomedov meninggal dunia.

Patimat tidak ingin The Eagle bertarung tanpa didampingi ayahnya. Usai memutuskan pensiun, gelar juara dunia Khabib tidak langsung dicopot.

Sebab, Presiden UFC, Dana White mau berusaha untuk membujuknya kembali naik octagon. Ia beralasan ingin melihat Khabib menggenapkan kemenangan dalam kariernya menjadi 30.

Terlebih, rekor 30-0 di pentas UFC juga kerap jadi ambisi Abdulmanap untuk Khabib sebelum meninggal dunia. 

Baca Juga

Satu tahun berjalan sejak dari Khabib Nurmagomedov menyatakan pensiun, masa depan petarung asal Rusia itu terus menjdai teka-teki. 

Banyak rumor yang mengatakan Khabib akan segera kembali, karena sering menghadiri pertandingan UFC dan juga beberapa kali bertemu dengan Dana White.

Hanya saja, upaya White tidak membuahkan hasil positif. Khabib sudah membulatkan tekad untuk pensiun dari arena yang membesarkan namanya.


1. Profesi yang Bisa Dipilih Khabib Nurmagomedov

Khabib Nurmagomedov, petarung UFC.

Jadi Pesepakbola

Khabib Nurmagomedov memang seorang petarung UFC. Namun ternyata ia juga memiliki hobi lain yaitu sepak bola. Usai pensiun, kehidupan pria asal Rusia itu semakin bebas.

Sehingga membuat Khabib leluasa untuk bermain sepak bola, tanpa harus memikirkan jadwal latihan UFC. 

Hal tersebut ditunjukkan Khabib Nurmagomedov ketika bermain bersama rekan-rekannya plus legenda Ajax dan AC Milan, Clarence Seedorf, dalam sebuah laga ekshibisi di Dubai.

Baca Juga

Khabib berada di tim hijau bersama Seedorf, sedangkan sang lawan adalah rekannya seorang koki asal Turki, Burak Oezdemir, di tim merah dalam laga 11 vs 11.

Tak hanya di oktagon, petarung yang kini telah pensiun itu juga tampil begitu berenergi di lapangan hijau. 

Salah satu aksi terbaik adalah saat Khabib menggiring bola melewati Burak dengan kecepatan kilat. Dalam laga tersebut, tim Khabib menang atas sang lawan.

Pemilik Klub Sepak Bola

Kecintaan Khabib Nurmagomedov terhadap sepak bola, membuatnya kerap bertemu dengan para bintang lapangan hijau dunia seperti Cristiano Ronaldo salah satunya.

Dalam sebuah video yang diunggah oleh RT Sport seperti dilansir Marca, Senin (11/1/2021), Khabib tertangkap kamera sedang melakukan FaceTime dengan Ronaldo.

Pada saat itu, Khabib terlihat sedang bersama teman-temannya. Sementara, Ronaldo tampak berdua dengan putra sulungnya, Cristiano Ronaldo Jr.

Ketika Khabib sedang asyik berbicara dengan Ronaldo, Islam Makhachev bergurau dengan mengatakan bahwa mereka ingin membentuk tim sepak bola. 

"Dia ingin membentuk sepak bola yang serius," kata Makhachev.

Hal itu tentu memberi isyarat kepada Khabib bahwa ia siap menjadi pemilik dari sebuah tim sepak bola, dengan Ronaldo sebagai partnernya.  Khabib Nurmagomedov menjalin pertemanan dengan Cristiano Ronaldo sejak 2018.

Baca Juga

"Saya selalu berkomunikasi dengan dia (Ronaldo). Dia selalu memberi saya nasihat. Saya juga berkomunikasi dengan Karim Benzema dan Zlatan Ibrahimovic," ujar Khabib sebelum berduel dengan Justin Gaethje.

Pelatih Terbaik UFC

Selain bermain sepak bola, Khabib Nurmagomedov sendiri saat ini waktunya lebih banyak dihabiskan untuk bertemu dengan beberapa petarung didikannya, dan menjadi pendamping di pinggir octagon.

Terbaru, Khabib datang saat anak didiknya, Islam Makhachev mengalahkan Drew Dober di UFC 259 pada awal Maret lalu.

Akan tetapi kehadiran Khabib di laga itu telah digoreng oleh sejumlah pihak, yang menyatakan kalau Khabib juga akan bertemu dengan White untuk membahas kembalinya ia ke ring octagon.

Setelah beragam spekulasi itu, Khabib akhirnya benar-benar memutuskan pensiun. Hal itu diungkap melalui akun media sosial pribadinya, pada Jumat (19/03/21).

Khabib Nurmagomedov berharap seluruh pihak bisa menerima keputusannya pensiun dari UFC. Petarung berusia 32 itu pensiun dengan status sebagai salah satu petarung terbaik di ajang mixed martial arts.

"Saya berharap kalian semua bisa menerima dan mengerti keputusan saya," kata Khabib.

Sementara itu Islam Makhachev yang merupakan anak didik Khabib, kini disebut-sebut sebagai salah satu petarung yang akan menjadi suksesornya.

 
Cristiano RonaldoUltimate Fighting Championship (UFC)Mixed Martial Arts (MMA)TRIVIAKhabib Nurmagomedov

Berita Terkini