x

Mengintip Rahasia Khabib Nurmagomedov yang Tak Terkalahkan di UFC

Jumat, 6 Agustus 2021 13:14 WIB
Editor: Juni Adi
Khabib Nurmagomedov, petarung UFC.

INDOSPORT.COM - Khabib Nurmagomedov dikenal sebagai salah satu petarung UFC terbaik, lantaran memiliki rekor kemenangan yang mengagumkan.

Pria asal Dagestan, Rusia, ini mencatatkan 29 kali kemenangan tanpa sekalipun menelan kekalahan sepanjang kariernya di UFC.

Namun catatan tersebut tidak akan bertambah karena Khabib Nurmagomedov sudah memutuskan untuk pensiun dari octagon.

Baca Juga
Baca Juga

Keputusan tersebut sejatinya sudah ia umumkan usai mengalahkan Justin Gaethje di UFC 254, lewat submission di ronde kedua pada 24 Oktober 2020 lalu.

Karena hal itu sudah menjadi bagian dari janjinya kepada sang ibunda usai ayahnya, Abdulmanap Nurmagomedov meninggal dunia.

Patimat tidak ingin The Eagle bertarung tanpa didampingi ayahnya. Usai memutuskan pensiun, gelar juara dunia Khabib tidak langsung dicopot.

Sebab, Presiden UFC, Dana White mau berusaha untuk membujuknya kembali naik octagon. Ia beralasan ingin melihat Khabib menggenapkan kemenangan dalam kariernya menjadi 30.

Terlebih, rekor 30-0 di pentas UFC juga kerap jadi ambisi Abdulmanap untuk Khabib sebelum meninggal dunia. Akan tetapi upaya itu gagal, hingga kini Khabib belum bersedia untuk kembali.

Lantas rahasia apa yang membuat Khabib Nurmagomedov menjadi petarung hebat di panggung UFC? 


1. Rahasia Sukses Khabib Nurmagomedov

Tangisan Khabib Nurmagomedov usai mengalahkan Justin Gaethje

Dalam acara podcast-nya Mike Tyson, Khabib Nurmagomedo membeberkan rahasianya tidak terkalahkan di UFC kepada Si Leher Beton.

Khabib Nurmagomedov bercerita banyak soal kehidupan dan motivasinya untuk jadi petarung UFC di acara yang bernama Hotboxin Podcast ini.

"Gulat sudah sejak kecil saya lakukan. Di Dagestam, bertarung adalah DNA kami," buka Khabib Nurmagomedov ketika ditanya soal masa kecilnya.

Baca Juga
Baca Juga

"Ketika saya bergulat dengan beruang, saya bilang ke ayah saya 'dia akan menggigit'. Ayah saya bilang, 'gigit balik'," lanjut Khabib.

Dari kecil, Khabib sudah ditempa mentalnya habis-habisan. Maka dari situlah, mental pemenang sudah mulai tertanam.

Selain mental, Khabib juga membeberkan rahasia menjadi petarung hebat yakni disiplin. Khabib selalu berlatih walaupun belum ada kesepakatan bertanding.

Biasanya kebanyakan petarug mempersiapkan diri untuk suatu pertarungan itu enam bulan sebelumnya. Namun hal itu tidak berlaku untuk Khabib, karena ia lebih melatih dirinya setiap hari dengan gaya dan teknik bertarung baru.

"Makan, tidur, latihan, ulangi terus seperti itu. Disiplin dan mental, itu yang terpenting," tegas Khabib.

"Itu jadi gaya hidup," timpal Mike Tyson yang diiyakan Khabib.

Baca Juga
Baca Juga

Soal mental, Mike Tyson giliran berujar kalau mau jadi juara harus mengalahkan para juara terlebih dulu. Dari situlah, kemudian mental akan menjadi lebih kuat dan tidak mudah terkalahkan.

Mike Tyson sendiri memang mengidolai Khabib sebagai salah satu petarung terhebat di UFC. Khabib pun mengidolai Mike Tyson yang merupakan insipirasinya untuk terjun ke dunia combat.

Mike TysonUltimate Fighting Championship (UFC)Khabib Nurmagomedov

Berita Terkini