x

Jadi Petarung Terbaik No 2 UFC, Islam Makhachev Belum Layak di Mata Pelatih

Senin, 28 November 2022 19:55 WIB
Penulis: Hernindya Jalu Aditya Mahardika | Editor: Indra Citra Sena
Islam Makhachev merayakan kemenangan melawan Charles Oliveira REUTERS-Christopher Pike

INDOSPORT.COM - Pelatih American Kickboxing Academy (AKA), Javier Mendez, menyatakan anak asuhnya Islam Makhachev belum layak berada di peringkat kedua terbaik UFC.

Islam Makhachev merupakan salah satu petarung terbaik yang pernah dimiliki jagat dunia pertarungan MMA dan itu dibuktikan dalam gelaran UFC 280 pada Oktober lalu.

Tampil dalam laga perebutan titel juara kelas ringan UFC, Islam Makhachev bertarung menghadapi sang mantan juara, Charles Oliveira.

Diprediksi banyak pihak bakal mengalami kekalahan di tangan raja kuncian, Islam Makhachev justru membuktikan sebaliknya di mana ia berhasil mengalahkan Oliveira melalui kuncian di ronde kedua.

Berkat kemenangan atas Oliveira, kemampuan Islam Makhachev mulai diakui oleh beberapa pihak yang sempat meragukan kemampuannya.

Baca Juga

Bahkan pihak UFC pun langsung memberikan peringkat kedua di divisi pound-for-pound untuk Islam Makhachev usai menumbangkan Oliveira dan merengkuh sabuk juara kelas ringan yang pernah dimiliki rekan seperguruannya, Khabib Nurmagomedov.

Sayangnya status nomor dua terbaik di UFC yang disandang Islam Makhachev dianggap kurang layak oleh pelatihnya, Javier Mendez.

Baca Juga

Menurut Javier Mendez, Islam Makhachev seharusnya menjalani beberapa pertarungan lagi sebelum menyandang status sebagai petarung terbaik nomor dua di UFC.

Javier Mendez kemudian menyatakan bahwa pihak UFC terlalu terburu-buru menaruh Islam Makhachev sebagai petarung terbaik nomor dua di divisi pound-for-pound setelah hanya menang sekali di laga perebutan titel juara.

"Lihat, Anda tahu ini sama seperti saya, Islam naik ke peringkat 2 pound-for-pound di UFC hanya dalam satu pertarungan? Bagaimana?," ucap Javier Mendez kepada MMA Junkie.

Baca Juga

1. Islam Makhachev Belum Layak Jadi No 2

Islam Makhachev

"Saya tahu dia bagus, dan saya yakin dia merupakan nomor satu. Saya meyakini itu, tetapi memberinya peringkat dua di divisi pound-for-pound hanya dalam satu pertarungan, saya tidak setuju."

"Saya tahu di dalam hati saya bersamaan dengan waktu dia akan menjadi nomor satu, sesimpel itu. Dia akan menjadi nomor 1, tetapi mereka memberinya peringkat ini karena menjalani satu pertarungan. Tidak, saya tidak suka itu. Itu terlalu cepat," ujarnya.

Sepanjang kariernya, Islam Makhachev tercatat cuma pernah merasakan satu kali kekalahan dan sedang memegang rekor 11 kemenangan beruntun.

Meskipun sudah melalui banyak pertarungan, Makhachev masih memiliki beberapa penantang elite lainnya yang belum dia lawan.

Islam Makhachev dijadwalkan akan bertarung menghadapi pemegang gelar juara kelas bulu UFC saat ini, Alexander Volkanovski dalam pertarungan antar raja yang terhelat di UFC 284 pada 11 Februari nanti di Perth, Australia.

Di balik itu ada nama Beneil Dariush yang menanti dengan sabar hasil pertarungannya karena menjadi penantang selanjutnya dalam laga perebutan titel juara kelas ringan UFC.

Baca Juga

Javier Mendez merasa kedua nama itu bisa saja menyelesaikan pekerjaan Islam Makhachev untuk jadi petarung terbaik di UFC menempati peringkat pertama divisi pound-for-pound.

"Dia adalah orangnya, tetapi dia butuh melakukan beberapa pertarungan," ucap Javier Mendez melanjutkan.

Baca Juga

"Itulah yang saya yakini. Dia perlu mengalahkan Volkanovski, kemudian Dariush. Dia perlu mengalahkan dua petarung itu supaya Anda bisa menyebutnya sebagai nomor satu."

"Lihat apa yang sudah dilakukan Volkanovski. Dia berhasil menyapu bersih semua penantangnya di kelas bulu. Semuanya, dia menghabisi semuanya."

"Islam perlu menghabisi semuanya. Sekali lagi, saya merasa dia nomor satu, tetapi untuk bisa mendapatkan itu Anda perlu menghabisi semua orang, begitulah cara kerjanya. Itulah yang saya pikirkan," pungkas Javier Mendez.

Baca Juga

Sumber: MMA Junkie

Ultimate Fighting Championship (UFC)Mixed Martial Arts (MMA)Berita MMAIslam MakhachevCharles OliveiraAlexander Volkanovski

Berita Terkini