x

Mengintip Profil Jesse Butler Calon Lawan Jeka Saragih di Debut UFC November Nanti

Senin, 9 Oktober 2023 19:41 WIB
Editor: Juni Adi
Pertarungan antara Jeka Saragih vs Anshul Jubli di UFC Vegas 68. (Foto: twitter@ufc)

INDOSPORT.COM - Jeka Saragih akan segera melakoni debutnya bertarung di ajang UFC, namun belum diketahui lawannya siapa. Berikut beberapa yang bisa jadi calon lawannya:

Waktu yang ditunggu-tunggu publik pecinta olahraga seni bela diri campuran (MMA) di Indonesia terkait kapan petarung Jeka Saragih tampil di UFC akhirnya bisa terjawab.

Baca Juga

Sebelumnya Jeka Saragih harus melalui perjuangan yang berat untuk bisa menembus panggung UFC lewat program Road to UFC tahun lalu.

Jeka Saragih mampu menembus babak final tapi dikalahkan oleh petarung asal India, Anshul Jubli lewat TKO. Kekalahan itu seharusnya menggagalkan petarung asal Sumatera Utara ini untuk bertarung di UFC.

Namun, Jeka pada akhirnya tetap mendapatkan kontrak UFC berkat kemenangan KO di babak Road to UFC sebelumnya.

Salah satu penampilan menariknya ketika mengalahkan Pawan Maan, petarung asal India lewat pukulan memutar yang mematikan sekaligus menjatuhkan lawannya.

Baca Juga

Dengan demikian, jawara One Pride MMA, Jeka Saragih bakal menjadi petarung pertama asal Indonesia yang akan melakoni pertandingan di UFC.

Setelah menunggu lama, aksi Jeka Saragih akhirnya terjadwalkan untuk bertarung di oktagon UFC yakni bulan depan melawan petarung asal Amerika Serikat, Jesse Butler.

Kepastian pertandingan Jeka Saragih itu dibagikan oleh akun Instagram Mola, sebagai official broadcaster UFC di Indonesia. Jeka bakal bertanding di UFC Apex, pada 18 November mendatang.

Di UFC, Jeka Saragih akan berlaga di kelas bulu (65,8 kilogram). Ia memilih turun kelas dari divisi lightweight atau ringan.

"Mungkin pindah kelas ini keputusan bersama dengan tim. Tapi yang pasti, pindah kelas ini sangat menguntungkan. bisa dibilang dari segi postur tubuh, dari jangkauan, banyaklah," kata Jeka kepada rekan media.

"Tapi ada ruginya, satu yaitu saya harus diet ekstra. Karena saya kan turun berat badan kan sangat banyak, makanya dietnya harus panjang. Bisa jadi nanti sekitar 15-20 kilogram."

"Tapi itu sebagian dari perjuangan, kalau mau juara harus berjuang," ujar Jeka Saragih. Lantas seperti apa sosok calon lawannya, berikut profil singkatnya:

Baca Juga

1. Profil Singkat Calon Lawan Jeka Saragih

Jeka Saragih sukses menekuk petarung asal Filipina, Mhar Jhon Manahan di kelas ringan One Pride MMA.

Jesse Butler merupakan salah satu petarung UFC asal Amerika Serikat yang sudah menginjakkan kakinya lebih dahulu di oktagon UFC, berkompetisi di divisi kelas bulu. 

Dirinya lahir di San Francisco, California, pada tanggal 24 Mei 1992 atau 31 tahun lalu.

Ia memulai karier jadi seorang petarung di MMA secara profesional pada tahun 2015, dengan catatan 5 kali kemenangan, 4 di antaranya diraih dengan submission.

Melihat potensinya sebagai petarung MMA, tujuh tahun kemudian ia bergabung dengan UFC tepatnya di tahun 2022. Debutnya berjalan manis, karena bisa meraih kemenangan atas Masio Fullen dengan TKO di ronde pertama.

Sayang, Jesse Butler gagal mempertahankan performanya karena kalah di pertandingan kedua dari Chase Hooper dengan hasil TKO. Total ia memiliki rekor profesional 12-5-0 dengan 8 kemenangan submission.

Sementara itu Jeka Saragih belum memiliki catatan apapun di ajang resmi UFC. Namun kemampuannya sudah dibuktikan ketika ia bertanding di ajang Road to UFC zona Asia tahun lalu.

Sebelum mengikuti acara untuk menemukan petarung hebat dari Asia yang diselenggarakan oleh UFC itu, Jeka mencatatkan lima kemenangan beruntun.

Termasuk empat kemenangan KO (2) dan TKO (2). Tapi upayanya untuk mempertahankan rapor bagus itu tak berlanjut.

Jeka kalah melawan Anshul Jubli di final Road to UFC 2022 pada Februari lalu. Secara keseluruhan, dia sudah melakoni pertarungan keras ini sebanyak 16 kali. Dengan rincian, 13 menang dan tiga kali kalah.

Artinya dari segi pengalaman, petarung asal Sumatera Utara ini bisa dikatakan cukup unggul. Pasalnya, Jesse Butler baru menjalani 12 pertarungan dengan lima kali menelan kekalahan.

Kekalahan terakhir terjadi pada Juni 2023. Saat itu, Butler hanya mampu bertahan selama 23 detik di ronde pertama sebelum di KO Jim Miller dalam debutnya di UFC.

Kekuatan Jesse Butler

Latar belakang jujitsu membuatnya mengandalkan grappling dalam bertarung. Butler memiliki gaya permainan yang agresif dan kuat.

Ia dikenal karena kemampuannya untuk mencetak submission dengan teknik kuncian leher dan kuncian tangan.

Yang lebih jadi perhatian Jeka adalah kekuatan Butler yaitu triangle choke, karena cara itu pernah membawanya menang submission.

Keduanya bakal tampil di kelas featherweight. Jeka Saragih sendiri saat ini sedang berada di Nevada, Amerika Serikat untuk berlatih.

Profil Jesse Butler:

Rekaman profesional: 12-5-0

Kemenangan: 8 (4 submission, 4 KO)

Kekalahan: 5 (3 KO, 2 submission)

Debut UFC: 19 Februari 2022

Kemenangan terakhir: Masio Fullen (TKO, R1)

Kekalahan terakhir: Chase Hooper (TKO, R2)

Ultimate Fighting Championship (UFC)Mixed Martial Arts (MMA)Jeka Saragih

Berita Terkini