x

(VIDEO) 5 Olahraga Unik Anti-Mainstream (Bagian II)

Sabtu, 21 Maret 2015 03:42 WIB
Editor: Ramadhan

Olahraga-olahraga ini memang tak sepopuler sepakbola ataupun basket yang dipertandingkan dalam skala yang besar di dunia. Namun, keunikan dan keindahan menjadikan olahraga ini memiliki nilai lebih yang menarik dilakukan.

Unsur pendukung yang tak jauh berbeda seperti gerakan fisik dari olahraga-olahraga pada umumnya masih menjadi elemen dasar dari olahraga ini.

Berikut INDOSPORT merangkum sejumlah olahraga unik anti-mainstream.


1. Bossaball

Bossaball adalah olahraga baru dan unik. Olahraga ini ditemukan di Spanyol oleh Filip Eyckmans pada 2004. Bossaball mirip dengan voli, tapi juga mencakup unsur-unsur sepak bola, senam, dan capoeira.

Permainan yang dimainkan di lapangan seperti balon yang dirancang khusus dengan trampolin di tengah-tengah. Bossaball adalah permainan bola antara dua tim, masing-masing tim terdiri dari 3 sampai 5 pemain.


2. Sporthocker

Sporthocker adalah olahraga yang memadukan antara teknik bermain skateboard dan duduk. Menggunakan alat sebuah kursi yang terbuat dari plastik dan dilapisi karet membuat kursi ini ringan dan gampang dibawa kemana-mana namun tidak mudah rusak.

Olahraga ini diperkenalkan pertama kali pada 2007 di Jerman. Seiring berjalannya waktu, olahraga ini semakin diminati dan berkembang pesat di Eropa. Bahkan olahraga ini terpilih sebagai olahraga terbaik di Jerman pada 2012.


3. Sandboarding

Sandboarding adalah olahraga papan yang mirip dengan snowboarding. Namun, olahraga ini dilakukan di area bukit atau padang pasir.

Bagi sandboarders yang melakukan olahraga ini, mereka harus menyusuri padang pasir yang luas sambil berdiri dengan kedua kaki yang diikat ke papan dan meluncur dengan keseimbangan agar tidak terjatuh.


4. Flyboard

Olahraga ini sangat indah jika dimainkan. Para flyboarders memainkan olahraga ini di area pantai dengan menggunakan sebuah perangkat yang menggunakan tekanan air jetski dengan mekanisme mesin jet yang kemudian disemburkan lewat sepasang nozze.

Alat tersebut bisa membuat penggunanya melayang ke udara dan kembali terhempas ke dalam air, layaknya lumba-lumba. Alat flyboard ini juga diyakini dapat mendorong pemakainya hingga 9 meter ke udara.


5. Parkour

Parkour adalah olahraga unik yang memadukan antara seni bergerak dan metode latihan alami yang bertujuan untuk membantu manusia bergerak dengan cepat, lincah dan efisien.

Parkour mengunakan beberapa gerakan seperti berlari, memanjat, meloncat untuk melatih kemampuan manusia melewati segala bentuk rintangan di berbagai situasi dan kondisi dalam lingkungan urban atau rural.

Untuk berlatih parkour seseorang tidak membutuhkan perlengkapan khusus. Namun, hanya menggunakan sepatu lari, kaos, dan celana yang nyaman untuk digunakan saat berlari dan melompat.

BossaballSporthockerSandboardingFlyboardParkour

Berita Terkini