x

4 Aktor yang Mendalami Parkour

Senin, 29 Juni 2015 20:12 WIB
Penulis: Devi Novitasari | Editor: Joko Sedayu

Parkour adalah seni untuk berpindah dengan efisien dan secepat-cepatnya menggunakan prinsip kemampuan badan manusia. Olahraga ini dikembangkan oleh David Belle. Pria Keturunan militer ini mendapatkan pelatihan khusus dari ayahnya Raymond tentang metode halang rintang dan metode natural yang kemudian dikenal dengan nama Parkour.

Seni yang mengedepankan kecepatan untuk melewati rintangan ini mulai terkenal sejak Parkour dikenalkan ke tanah Inggris. Penyebaran ini di lakukan oleh Sebastian Foucan, sahabat yang berlatih bersama David Belle yang menjadi cikal bakal lahirnya sebuah grup Parkour.

Istilah untuk Parkour di Inggris disebut dengan Freerunning. Parkour banyak diangkat dalam berbagai film, yaitu District 13, District 13: Ultimatum, Brick Mansions, Yamakasi, Casino Royale, dan Punisher: War Zone.

Olahraga melarikan diri ini semakin terkenal dan mulai di ikuti aktor-aktor dunia maupun Indonesia. Ingin tahu siapa sajakah mereka? Berikut ulasan INDOSPORT.


1. David Belle

David Belle merupakan pencipta olahraga ini. Ia memulainya sejak umur 15 tahun bersama teman-temannya di Lisses. Aktor kebangsaaan Prancis ini kita kenal melalui film District 13, District 13: Ultimatum, dan Brick Mansions.

Film dengan latar belakang aksi ini diperankannya sebagai seorang yang sangat ahli parkour. Dihiasi dengan konflik dan senjata, film yang menegangkan ini akan membuat  orang berdecak kagum karena kelihaiannya melakukan Parkour. 

Olahraga yang memamerkan lompatan-lompatan tinggi ini memerlukan kelenturan tubuh dan kecepatan lari. Selain terkenal sebagai aktor yang jago parkour, David merupakan koreografer dan stunt koordinator untuk film, iklan bahkan video game.


2. Cyril Raffaelli

Aktor kebangsaan Prancis ini merupakan sahabat dari David Belle. Perkenalan mereka karena bermain film parkour yang sama hingga akhirnya menjadi sahabat. Selain jago parkour, Cyril menguasai shotokan karate dan wushu.

Selain bermain di dunia film dan parkour, pencapaian Cyril yaitu mengikuti IKFF Combat Combine World Cup pada tahun 1997, IKKF Combat Combine 1999 dengan medali perunggu dan France San da Champion (wushu) tahun 1998.


3. Joe Taslim

Nama Joe Taslim tentunya sudah tidak asing lagi di dunia hiburan. Aktor yang terkenal lewat film The Raid ini ternyata juga mendalami parkour. Usut punya usut, ternyata hal ini dilakukannya untuk menunjang pekerjaannya.

Meski terbilang baru di dunia parkour, pria kelahiran Palembang ini memang mempunyai basik sebagai atlet. Tak heran kalau ia cepat belajar parkournya.

Joe mendalami parkour saat audisi Fast & Furious 6. Spesialis film action ini mempunyai segudang kemampuan di bidang olahraga. Mantan atlet judo ini juga menguasai wushu, taekwondo dan pencak silat.

Semua olahraga bela diri yang ia kuasai menunjang karirnya sekarang semenjak ia harus pensiun dari kegiatannya sebagai atlet nasional judo 6 tahun yang lalu karena cedera.


4. Randy Pangalila

Randy Dionisius pangalila atau yang dikenal dengan nama Randy Pangalila merupakan aktor yang mendalami olahraga parkour belum lama ini.

Meski tidak terlibat film action seperti aktor-aktor yang dijelaskan sebelumnya, Randy mendalami parkour karena terinspirasi dari film- film action Mandarin karena idolanya adalah Donnie Yen.

Randy terinspirasi untuk belajar parkour karena melihat seni yang tampilkan bukan hanya sekedar bertarung. Artis berdarah Manado ini belajar parkour dari komunitas parkour di Senayan, maupun di media internet. 

ParkourJoe TaslimDavid BelleCyril RaffaelliRandy Pangalila

Berita Terkini