x

Mengenal Triathlon, Olahraga Uji Kekuatan Fisik

Selasa, 26 Januari 2016 19:08 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Zainal Hasan

Publik di Indonesia mungkin masih kurang akrab dengan olahraga Triathlon, berbeda dengan cabang olahraga sepakbola, bulutangkis, basket dimana sudah sejak lama kita mengenal cabang-cabang olahraga tersebut, Triathlon adalah gabungan dari marathon berenang dan bersepeda yang dilakukan dalam satu perlombaan.

Adalah Scott Tinley, orang pertama yang menciptakan olahraga Triathlon, dan untuk pertama kalinya olahraga ini di lombakan di Perancis antara tahun 1920 – 1930an. Triathlon adalah olahraga yang menguji ketahanan fisik dan mental yang luar biasa, karena terdiri dalam olahraga ini ada tiga macam cabang olahraga yang dilakukan oleh seorang atlet yaitu renang, sepeda dan lari marathon dengan masing-masing jarak yang berbeda.

Seorang Atlet triathlon harus dapat tiga cabang olahraga ini secara bertahap pada setiap lintasan, beratnya olahraga yang menuntut kekuatan fisik, mental dan kematangan strategi yang akan berpeluang memenangkan olahraga ini, tidaklah sembarangan apabila sang juara kemudian dijuluki The Ironman.

INDOSPORT mengulas olahraga ini lebih jauh:


1. Sejarah

Triathlon pertama kali diciptakan oleh Scott Tinley pertama kali diadakan di perlombaan di Perancis tahun 1920an-1930 an. Olahraga ini dianggap oleh beberapa orang untuk memiliki permulaannya pada tahun 1920 Perancis. Menurut sejarawan dan penulis Scott triathlon Tinley (dan lain-lain), asal triathlon tersebut diberikan untuk perlombaan selama tahun 1920-1930 an yang disebut berbagai “Les trois olahraga”, “La Course des Débrouillards”, dan “La saja des Touche Tout a”. Lomba ini diadakan setiap tahun di Prancis dekat Joinville-le-Pont, di Meulan dan Poissy.

Sebelumnya pada tahun 1902, olahraga tiga cabang ini menampilkan berjalan, bersepeda, dan kano. Pada tahun 1920, surat kabar L’Auto Prancis melaporkan pada sebuah kompetisi yang disebut “Les Trois olahraga” diadakan lari 3 km, sepeda 12 km, dan berenang. Ketiga bagian itu dilakukan tanpa istirahat apapun. Acara lain diselenggarakan pada tahun 1921 di Marseilles dengan urutan peristiwa sepeda, lari, dan berenang.


2. Bentuk Olahraga

Triathlon adalah sebuah ajang yang melibatkan tiga olahraga berbeda yang mesti diselesaikan secara berurutan. Meski bervariasi, cabang olahraga dalam ajang triathlon umunya adalah berenang, bersepeda dan berlari, dengan jarak tempuh yang bervariasi juga.

Secara Internasional, dari aspek jarak-jarak triathlon daqpat dikategorikan ke dalam jarak Sprint Distance  (750 meter renang, 20 km sepeda, dan 5 km lari), jarak Standar atau intermediate yang juga umum disebut jarak olimpiade (1,5 km renang, 40 km sepeda, dan 10 km lari), dan jarak jauh yang biasa disebut Setengah Ironman atau Long Course (1,9 km renang, 90 km sepeda, dan 21,1 km lari), serta jarak Ultra Distance atau Ironman (3,8 km renang, 180 km sepeda, dan 42,2 km lari).


3. Organisasi

International Triathlon Union (ITU) didirikan pada tahun 1989 sebagai badan internasional olahraga ini, dengan tujuan utama, pada saat itu, menempatkan triathlon pada program Olimpiade.

Word Triathlon Corporation (WTC) adalah perusahaan swasta yang mengatur Ironman dan Ironman 70,3 ras setiap tahun. Ras ini berfungsi sebagai babak kualifikasi untuk kejuaraan dunia tahunan. Ironman World Championship diadakan setiap tahun di Kailua-Kona, Hawaii pada bulan Oktober sementara Ironman World Championship 70,3 diadakan pada bulan September dan lokasinya selalu berubah setiap tahun. The "Ironman" dan "Iron" adalah merek milik dari WTC.

Di Indonesia organisasi triathlon dikenal dengan Federasi Triathlon Indonesia (FTI) yang resmi di didirikan pada 17 Juni 2006.


4. Kompetisi Tingkat Dunia

Perlombaan triathlon modern pertama kali diadakan di San Diego, California Selatan, Amerika Serikat, tahun 1974, hanya diikuti oleh 46 peserta. Para peserta ini terdiri dari teman-teman panitia lomba saja. Olahraga ini memulai debutnya pada program Olimpiade pada Olimpiade Sydney tahun 2000 selama Olimpiade jarak yang dilombakan adalah berenang 1.5 km,  sepeda 40 km dan lari 10 km.

Di tahun 2006, Triathlon untuk pertama kalinya dilombakan dalam Asian Games di Doha-Qatar, dalam perlombaan kategori yang diselenggarakan adalah Olimpiade yang terdiri dari 1.5 km renang, 40 km sepeda dan lari 10 Km. Semula jarak lomba ini disebut dengan Olimpic Distance. Namun pada kongres ITU tahun 2009, diputuskan untuk sebutan Olimpic Distance diganti dengan Standard Distance. Adapun jarak lomba untuk Sprint Distance adalah 750 M Renang, 20 KM Bersepeda dan Lari 5 KM. Dan untuk tahun ini khususnya di Olimpiade Rio de Janiero di Brasil akan dilombakan pertama kalinya Paratriathlon, yakni triathlon untuk para atlet yang mengalami gangguan fisik atau cacat.


5. Masuk ke Indonesia

Olahraga Triathlon mulai dirintis di Indonesia sejak tahun 1995. Mark Sungkar adalah orang bisa dikatakan mengenalkan triathlon di Indonesia setelah sebelumnya terlibat pembicaraan President ITU (International Triathlon Union), Les McDonald.

Dua tahun kemudian tepatnya 1997, Mark Sungkar, dibantu oleh Helmy Sungkar, berencana menggelar Lomba Triathlon tingkat ESEAN di Danau Atas-Danau Bawah Sumatra Barat, namun batal dilaksanakan karena krisis moneter saat itu. April 2005, Mark Sungkar dan kawan-kawan kembali mencoba mengadakan lomba triathlon tingkat nasional di Belitung namun lagi-lagi gagal. Hingga pada 17 Juni 2006 Federasi Triathlon Indonesia (FTI) resmi didirikan.


6. Kompetisi Nasional

Pelaksanaan triathlon di Indonesia sudah mulai rutin dijalankan. Di 2014 lalu diselenggarakan Pariaman Triathlon di Pantai Gandoriah, Sumatera Barat. Di Juni 2015 ada Bali International Triathlon.

Sementara baru-baru ini diselenggarakan ajang triathlon di kawasan BSD, Serpong di The Spring Summarecon Serpong. Serta di tahun ini akan ada Bintan Triathlon yang siap di gelar pada 28-29 Mei nanti.

Federasi Triathlon IndonesiaTriathlon

Berita Terkini