x

Mengenal Olahraga Gateball dan Ketum PB Pergatsi yang Hobi Nge-Drum

Minggu, 21 Februari 2016 05:31 WIB
Kontributor: Fajar Kristanto | Editor: Ahmad Priobudiyono
Basuki Hadimuljono unjuk keterampilannya menabuh drum di sela-sela acara pelantikan.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Indonesia (PU-PR) yang merupakan Ketua Umum PB Pergatsi, Basuki Hadimuljono menjadi drumer menghibur tamu-tamu undangan yang merupakan pejabat di lingkungan Pemprov Jatim di Hotel Shangri-La, Surabaya

Pergatsi Jatim di bawah nahkoda Wahid Wahyudi merupakan Pengprov ke-15. Masuknya Jatim membuat olahraga yang dikenalkan di Jepang ini diakui oleh KONI Pusat dan bakal dipertandingkan di Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 Jawa Barat dengan status eksebisi.


Olahraga Gateball pada perkembangannya di Indonesia lebih dulu dikenal di Bali.

Olahraga modifikasi permainan Croquet ini lahir lewat inovasi warga Jepang bernama Suzuki Kazunobu pada 1947 silam.

Dalam tempo 10 tahun, cabang olahraga (cabor) gateball sendiri sudah menjamur di Tanah Air. Di Indonesia, gateball lebih dulu dipopulerkan oleh Bali.

Basuki yang dilantik oleh KONI Pusat menggantikan Ketua Umum PB Pergatsi sebelumnya yang juga Menteri PU, Djoko Kirmanto, medio April 2015 lalu bertekad untuk membuat gateball semakin digemari masyarakat.

Bagaimana cara Basuki mempopulerkan cabor tersebut ditengah kesibukannya sebagai menteri dan hobi nge-drumnya? Berikut perbincangannya dengan INDOSPORT hingga dini hari tadi WIB.


1. Status Gateball Indonesia

Suasana kompak tampak terlihat usai pelantikan Pengurus PB Pergatsi.

INDOSPORT: Sekarang ini, gateball sudah mulai digemari oleh masyarakat Indonesia. Bagaimana awal mula gateball bisa dikenal di Indonesia?

Basuki Hadimuljono: Gateball masuk ke Indonesia melalui Pulau Bali sekitar tahun 1994. Permainan ini kemudian secara perlahan menyebar ke berbagai kota di Indonesia mulai dari wilayah Jabodetabek, Yogyakarta, Banten, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Jawa Barat, Jambi, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selatan, Gorontalo, Sulawesi Tenggara, Kalimantan Timur, Jawa Tengah. Dan tentu Jawa Timur.

INDOSPORT: Seperti apakah cara memainkan gateball ini? Dan bagaimana aturan mainnya?

Basuki Hadimuljono: Gateball merupakan permainan cepat tanpa adanya kontak fisik antar pemain, dan memerlukan kemampuan akurasi dan perencanaan serta penerapan strategi yang sangat tinggi. Apalagi, adanya pembatasan waktu pemukulan selama 10 detik melatih pemain untuk berpikir dengan cepat dan tepat.

Paling lama, permainan berlangsung selama 30 menit atau bisa dinyatakan selesai sebelum waktunya apabila ada tim yang mendapatkan nilai sempurna 25 point = 5x5 point.

INDOSPORT: Siapa saja para pemain yang dapat mengikuti olahraga ini?

Basuki Hadimuljono: Permainan ini tidak membedakan jenis kelamin, umur, satu keluarga dapat membentuk tim. Tua muda dapat bermain apalagi tidak menimbulkan kontak fisik, sehingga aman diikuti oleh setiap orang.

INDOSPORT: Menurut Bapak, apa yang membuat gateball bisa booming dan diterima oleh masyarakat Indonesia?

Basuki Hadimuljono: Ada banyak nilai positif dari gateball. Dana yang dibutuhkan relatif murah dari olahraga lain. Makanya kami akan senantiasa mengadakan sosialisasi olahraga gateball secara personal individu maupun kelompok.

Gateball merupakan olahraga yang menggabungkan unsur hiburan dengan kompetisi dan dapat dimainkan oleh anak-anak dan dewasa.


2. Menjadi Pengurus Olahraga

Ketua Umum PB Pergatsi yang juga merupakan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono.

INDOSPORT: Bagaimana mulanya kok bisa menjadi pengurus olahraga?

Basuki Hadimuljono: Ya seperti yang saya sebutkan tadi. Salah satu hobi saya adalah olahraga.

INDOSPORT: Olahraga Indonesia selama ini selalu mengalami pasang surut prestasi. Tidak khawatir dengan preseden negatif kepada Bapak, andai nanti dianggap tidak mampu memberi prestasi?

Basuki Hadimuljono: Saya itu hobi olahraga dan seni. Saya juga sudah memiliki banyak pengalaman berorganisasi. Saya kira ini modal yang cukup untuk memimpin cabor baru ini meraih prestasi.

INDOSPORT: Program-program yang akan digeber PB Pergatsi sepanjang 2016 ini, Pak?

Serta agenda yang dihadapi gateball Indonesia?

Basuki Hadimuljono: Kami akan menggelar Total Solar Eclipse International Gateball Tournament di Palu, Sulawesi Tengah, 8-9 Maret mendatang. Turnamen internasional ini bisa dimanfaatkan untuk menarik wisatawan mancanegara ke Indonesia yang ingin menyaksikan Gerhana Matahari Total.

INDOSPORT: Berapa peserta yang akan ambil bagian, Pak Menteri? Baik tim lokal maupun dari luar negeri?

Basuki Hadimuljono: Negara-negara yang ambil bagian adalah Tiongkok, Hong Kong, Jepang, Korea, Makau, Filipina, Taipei, Australia, Argentina, Brasil dan Kanada dipastikan ikut dalam kegiatan ini. Paraguay, USA, Singapura, India, Laos, Thailand, Swiss, dan Peru, juga tak mau ketinggalan.

Dari dalam negeri, seluruh Pengprov Pergatsi se-Indonesia sebanyak 15 tim dan tuan rumah Sulawesi Tengah yang akan menurunkan 5 tim. Turnamen ini nantinya akan diikuti 39 tim.

INDOSPORT: Selain menggelar turnamen di Palu, apakah ada agenda serupa dalam waktu dekat ini,Pak?

Basuki Hadimuljono: Sewaktu pelantikan Pengprov Pergatsi Jatim tadi ada usulan menggelar open turnamen Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Indonesia (PU-PR) Cup 2016. Kami gelar di Surabaya. Cuma untuk waktu pelaksanaan kapan masih akan kami bahas, yang pasti sebelum PON bergulir.


3. Menjalani Hobi Seni

Basuki Hadimuljono unjuk keterampilannya menabuh drum di sela-sela acara pelantikan.

INDOSPORT: Bapak Menteri sempat menunjukkan aksi yang luar biasa pasca pelantikan. Kira-kira apa yang menginspirasi Bapak Menteri menggebuk drum?

Basuki Hadimuljono: Ini (main drum, red) hanya hobi. Saya pertama kali belajar menabuh drum karena Koes Plus. Sewaktu masih sekolah SMA, saya itu ikut drumband. Makanya, saya tak pernah sungkan-sungkan kalau ada acara seperti menggebuk drum sebagai pengiring bintang tamu penyanyi.

INDOSPORT: Bermain drum lebih dari satu jam, apa rahasia Pak Menteri yang masih sanggup meladeni sesi wawancara ini?

Basuki Hadimuljono: Haha, baru 1 jam. Tidak capek. Apalagi ini tadi penyanyinya (Ika Putri, penyanyi asli Surabaya, red) bisa mengimbangi. Saya kan jadi bersemangat. Tidak ada rahasia apa-apa, cukup istirahat dan makan saja. Haha...

INDOSPORT: Biasanya membawakan lagu apa saja, Pak?

Basuki Hadimuljono: Yang sering ya tentu tembang-tembang lawas. Terkadang dangdut kalau ada rekan sejawat yang bisa menyanyi atau dapat request dari tamu-tamu undangan. Hehehe...

INDOSPORT: Baik, Pak. Terima kasih banyak atas waktunya.

Basuki Hadimuljono: Iya, Mas. Sama-sama. Maaf karena sudah larut malam, waktunya istirahat. Tugas kementerian sudah menanti lagi besok. Haha...

Basuki HadimuljonoPB PergatsiGateball

Berita Terkini