x

Plus-Minus Sosial Media di Mata Pelaku Olahraga Tanah Air

Rabu, 13 April 2016 19:27 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Charles Emanuel Dominggus

Fenomena ini pun rupanya berlaku untuk pelaku olahraga di Indonesia. Para atlet menilai keberadaan sosial media dibutuhkan untuk mendekatkan mereka dengan para penggemar. Meski demikian, tidak semua atlet menyukai cara seperti itu. Striker Persib Bandung, Juan Belencoso menjadi salah satu sosok yang tak suka menggunakan sosial media.

Bagi Belencos sosial media bisa mengusik privasinya, karena itu ia memilih tidak menggunakan jejaring komunikasi tersebut.

"Saya tidak suka mengekspos kehidupan pribadi saya kepada orang lain. Semua (sosial media) saya tidak punya. Yang ada sekarang (akun atas namanya) palsu," kata Belencoso, seperti dikutip dari situs resmi Persib.

Namun, ada pula yang tak-anti dengan sosial media tetapi tetap mengedepankan asas manfaat sebagaimana diangkat INDOSPORT di bawah ini.


1. Oki Wira Sanjaya

Pebasket kelahiran 1989 ini mengakui bahwa sering menggunakan media sosial untuk mendekatkan diri dengan penggemarnya.

“Biasanya share apa yangg saya lakuin, share foto pertandingan, atau sekedar sapa fans,” ungkapnya kepada INDOSPORT.

“Penting banget medsos bagi saya, karena menghubungkan saya dengan fans, jadi terasa lebih dekat sama mereka. Sejauh ini gak ada yang iseng, paling suka mention-mention yang sering banget,” sambungnya.

Dilansir dari akun twitternya @okiwira, pemain M88 Aspac tersebut sering kali mengunggah foto kegiatannya bermain basket. Terlihat banyak pula para penggemar yang memberikan dukungan dan semangat kepada Oki.


2. Andakara Prastawa

Andakara Prastawa PG dari M88 Aspac Jakarta

Point gurad M88 Aspac Jakarta ini mengakui bahwa dirinya cukup sering menggunakan media sosial untuk berbagi kegiatannya dengan para penggemar. Twitter maupun Instagram menjadi pilihan pebasket 24 tahun tersebut.

“Aktif kok di media sosial, kalau di Instagram paling foto-foto lagi tanding atau sama pacar. Iya foto-foto yang bagus sih,” ungkapnya kepada INDOSPORT.

Sementara itu, untuk akun media sosial Path, Pras lebih memilih untuk mengedepankan privasi.

“Di path yang lebih private, ya ngepost kegiatan sehari-hari kalau lagi kemana-mana gitu. Penting sih biar bisa lebih deket sama fans juga,” tandasnya.

Pada akun twitternya @Prastawaa maupun di Instagram, @andakaraprastawa, pebasket bertinggi 172 cm ini pun sering meretweet kicaun dari para penggemarnya.


3. Putri Dwi Merdekawati

Atlet bola tangan putri ini mengaku peran media sosial sangat berguna, salah satunya adalah mengenalkan olahraga bola tangan di Indonesia.

“Ngebantu sih, media sosial ngaruh banget buat sekarang. Informasinya bisa buat jualan online, publikasi event kaya kemarin dibidang olahraga,” ujar Icha, panggilan akrabnya, saat dihubungi INDOSPORT.

“Tapi jangan terlalu sering, harus bisa tau hal positif sama negatifnya. Ada batasan, jangan sampai seharian dan gak terlalu fokus sama latihan,” sambungnya.

Atlet yang memilih berhijab saat turun ke lapangan itu juga mengatakan sering mengunggah video latihannya dan mendapat respon positif dari masyarakat.

“Sering upload kaya kita latihan divideoin trus masukin instagram. Alhamdulilah sih sekarang sudah banyak yang antusias semenjak event kemarin,” tandasnya.

Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung tersebut memang aktif memasyarakatkan olahraga bola tangan, terlihat dari banyaknya foto di akun instagramnya @merdekawati84.

Indonesian Basketball League (IBL)Bola TanganOki Wira SanjayaAndakara Dhyaksa PrastawaPutri Dwi Merdekawati

Berita Terkini