x

Rayakan Ulang Tahun, Ini Sumbangsih Jakarta di Dunia Olahraga

Rabu, 22 Juni 2016 20:33 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Rizky Pratama Putra

Jakarta. Apa kesan Anda tentang kota ini? Semakin semrawut? Tak kunjung bersih? Frustrasi oleh macet yang tak kunjung henti?

Akan tetapi, mari sejenak kita lupakan semua masalah diatas. Jika ditelisik lebih jauh,  kota ini telah banyak menyajikan berbagai kenangan dan sumbangsih yang besar termasuk dalam bidang olahraga.

Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) adalah salah satu bukti nyata Jakarta berperan besar dalam memajukan olahraga tanah air. Selain itu berbagai kejuaraan berlevel dunia juga pernah diselenggarakan di Kota yang terkenal dengan masyarakat Betawinya.

Klub-klub profesional dari sepakbola, basket, futsal dan voli pun lahir dan besar di Jakarta. Berikut sumbangsih Kota Jakarta dalam bidang Olahraga yang coba dirangkum oleh INDOSPORT:

 

1. Stadion Bersejarah

Jakarta memang dikenal sebagai salah satu ikon bangsa. Kota yang juga menjadi ibukota negara Indonesia ini sarat akan sejarah. Salah satu tempat yang sangat kental dengan aroma olahraga adalah Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Pembangunan stadion GBK lantaran Indonesia ditunjuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan Asian Games IV  (pada pelaksanaannya nama Asian Games IV berubah jadi Ganefo karena kepentingan politik).    

GBK sendiri berkapasitas sekita 88 ribu tempat duduk (sebelumnya 100 ribu kemudian mengalami pengurangan), dan menjadi salah satu stadion berstandar internasional yang berada di Tanah Air.

GBK menjadi salah satu stadion serba guna yang artinya dapat juga digunakan untuk berbagai kegiatan. Tempat ini juga sempat menjadi salah satu stadion terbesar dan termegah di Asia Tenggara, saat ini GBK akan kembali direnovasi untuk keperluan Asian Games 2018 mendatang.

 

2. Lokasi Penyelenggaraan Even Internasional

Tidak hanya memilki Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) yang menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia, Kota Jakarta juga pernah dipercaya untuk menggelar dan melaksanakan even bergengsi berkelas internasional.

Jakarta pernah menjadi tuan rumah penyelenggaraan Asian Games IV pada 1962, dan  tahun ini pada pagelaran Asian Games ke 18 Jakarta kembali menjadi salah satu kota yang akan menggelar ajang multieven terbesar di Asia ini bersama Kota Palembang.

Selain itu ajang bulutangkis dunia bertitel enam bintang, Indonesia Open juga dilaksanakan di Jakarta semenjak 1993 hingga 2016 ini. Sementara itu pada kejuaraan SEA Games, Jakarta sudah 3 kali berkesempatan menjadi kota penyelenggara serta pernah menjadi tuan rumah Piala AFF pada 2002, 2008, dan 2010.


3. Klub Kebanggaan Ibukota

Untuk urusan olahraga Kota Jakarta juga memilki segudang prestasi di berbagai cabang olahraga, misalnya saja di sepakbola, basket maupun bola voli.

Seperti diketahui Persija Jakarta merupakan salah satu klub sepakbola asal Jakarta yang bisa dibilang cukup sukses. Macan Kemayoran berhasil menjadi juara selama sembilan kali di Liga Perserikatan.

Setelah berubah format ke Liga Indonesia, Persija juga pernah menunjukan tajinya ketika menjadi juara di tahun 2001. Juara Trofeo Persija (3 kali), Piala Marah Halim (1977) dan Piala Emas Bang Yos (2003) juga memenuhi lemari klub ibukota.

Selain itu Jakarta juga memilki klub basket papan atas seperti Satria Muda, Aspac, Pelita Jaya, klub futsal dan voli  Electric PLN Jakarta, Pertamina Jakarta Energy.

Persija JakartaAsian Games 2018M88 Aspac JakartaJakarta Pertamina EnergiStadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK)Satria Muda Pertamina Jakarta

Berita Terkini