x

4 Negara yang Mengangkat Atlet Berprestasinya Jadi Pahlawan Nasional

Kamis, 18 Agustus 2016 14:51 WIB
Editor: Galih Prasetyo

Menteri pemuda dan olahraga (Menpora), Imam Nahrawi pada peringatan hari Pahlawan 2015 lalu mengusulkan agar atlet nasional berprestasi mendapat penghargaan yang tinggi dari pemerintah, dapat gelar pahlawan nasional misalnya. 

Isu itu kemudian mendapat pro kontra dan menguap begitu saja. Pasca kemenangan pasangan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, isu tersebut kembali menyeruak. 

"Kita lihat prosedurnya seperti apa. Keinginan dan niat itu ada, tapi semua terkait dengan administrasi. Tapi tetap kita bakal usulkan," kata Imam Nahrawi kepada INDOSPORT. 

Menariknya sejumlah negara ternyata sudah melakukan hal tersebut. Memberikan gelar tertinggi untuk atlet berprestasi mereka. 

Teranyar tentu saja negara Fiji. Pemerintah Fiji pasca kemenangan tim Rugby mereka di Olimpiade Rio 2016 menetapkan hari libur nasional. 

Tidak hanya Fiji, negara yang memberikan penghargaan tertinggi untuk atlet-atlet berprestasi, berikut sejumlah negara yang memberikan penghargaan pahlawan nasional untuk atlet mereka: 


1. Venezuela

Ruben Limardo saat mendapat gelar pahlawan dari Hugo Chavez.

Negara dari kawasan Amerika Selatan yang tengah terpuruk karena krisis ekonomi, Venezuela menjadi salah satu negara yang memberikan gelar pahlawan nasional untuk atlet mereka yang berprestasi. 

Ialah Ruben Limardo, atlet dari cabang anggar yang diberi gelar pahlawan nasional oleh pemerintah Venezuela. 

Limardo ialah peraih emas untuk Venezuela di Olimpiade 2012 London. Presiden Venezuela saat itu, Hugo Chavez langsung memberikan gelar pahlawan nasional untuk atlet berusia 31 tahun tersebut. 

Tak cuma itu, Limardo juga diarak keliling Kota Caracas, dengan menggunakan mobil terbuka. 

Medali emas Limardo merupakan yang kedua bagi Venezuela. Emas pertama diraih petinju kelas terbang ringan, Francisco Rodriguez pada 1968 silam.


2. Inggris

Sir Alex Ferguson (Manchester United)

Selain Venezuela, Inggris jadi negara yang memperlakukan atlet mereka sangat layak. Gelar kehormatan Knighthood of The Order of British atau lazim disebut Sir akan diberikan kerajaan Inggris kepada mereka yang berprestasi dan berjasa dari pelbagai bidang, tak terkecuali olahraga. 

Gelar Sir di Inggris secara formal diasosiasikan dengan gelar pahlawan atau ksatria. Ratu Elizabeth II, penguasa Inggris yang akan langsung memberikan gelar tersebut. 

Eks pelatih Manchester United, Sir Alex Ferguson jadi salah satu pelaku olahraga yang mendapat gelar tersebut. Fergie mendapat gelar Sir pada 1999 pada saat Tony Blair menjadi perdana menteri.

Tidak hanya Sir Alex, mantan anak asuhnya, David Beckham juga mendapat gelar Officer of The Order of British Empire (OBE), tingkatan gelar yang diberikan kerajaan Inggris. 

Sekedar informasi, urutan gelar kerajaan Inggris tertinggi ialah Knighthood of The Order of British (KBE/Sir), CBE, Officer of The Order of British Empire (OBE), dan terendah Member of The Order of British (MBE).


3. Fiji

Tim rugby Fiji

Fiji juga jadi salah satu negara yang memberikan penghargaan yang sangat layak untuk atlet berprestasi. Setara dengan gelar pahlawan nasional, Fiji baru-baru ini menetapkan tanggal 22 Agustus sebagai hari libur nasional. 

Tanggal tersebut ialah tanggal dimana tim rugby Fiji sukses mengondol medali emas di Olimpiade Rio 2016. 

"Perjuangan atlet kita sangat membanggakan. Mereka tidak didukung dana melimpah tapi bisa mengalahkan tim sebesar Inggris," kata Perdana Menteri Frank Bainimarama seperti dilansir dari The Telegraph. 

Di media sosial, muncul desakan warga agar pelatih timnas Ben Ryan diberi kewarganegaraan Fiji sebagai penghormatan. Ben merupakan warga negara Inggris. 

"Belum pernah kami sebangga ini sebagai bangsa," kata Bainimarama.


4. Brasil

Thiago Braz da Silva

Dilansir dari The Guardian, pemerintah Brasil akan memberikan gelar pahlawan nasional kepada atlet mereka bernama Thiago Braz da Silva. 

Silva merupakan atlet lompat galah yang sukses meraih medali emas di Olimpiade Rio 2016. Ini merupakan emas kedua bagi Brasil dari cabang atletik setelah 22 tahun berpuasa. 

Kemenangan Silva di cabang olahraga ini pun mendapat sambutan yang sangat meriah dari warga Brasil. Satu harian penuh, media lokal Brasil melaporkan bagaimana rakyat Brasil masih mengelu-elukan nama Silva. 

Pemerintah Brasil pun rencananya akan memberikan gelar kehormatan kepada Silva setelah perhelatan olimpiade selesai. 

InggrisBrasilDavid BeckhamSir Alex FergusonOlimpiadeVenezuelaOlimpiade Rio de JaneiroFijiOlimpiade Rio 2016

Berita Terkini