x

Ariel Noah Sempat Jadi Atlet? Ini 5 Artis yang Pernah Berlaga di Ajang PON

Jumat, 23 September 2016 18:21 WIB
Penulis: Ivan Reinhard Manurung | Editor: Joko Sedayu

Di Indonesia, saat ini tengah berlangsung ajang multi-event empat tahunan antar provinsi di Tanah Air, yakni Pekan Olahraga Nasional (PON) 2016, yang berlangsung di Jawa Barat. Ajang ini sendiri sudah berlangsung sejak 17 September lalu dan berakhir pada 29 September mendatang.

Semenjak digelar pada 1948 silam, PON menjadi salah satu ajang bagi setiap provinsi di Indonesia untuk menorehkan prestasi dalam hal olahraga. Tidak jarang, dari ajang empat tahunan ini, muncul atlet-atlet yang nantinya mampu mengharumkan nama Indonesia di kompetisi level internasional.

Tapi, tahukah Anda bahwa dalam ajang PON ini sempat diikuti oleh beberapa orang yang saat ini lebih banyak dikenal masyarakat sebagai seorang artis ketimbang atlet?

Penasaran? Berikut INDOSPORT coba hadirkan deretan artis-artis Tanah Air yang sempat menjajal kemampuan di ajang multi-event terbesar di Indonesia tersebut.


1. Ariel Noah

Ariel sempat menjadi atlet inline hockey mewakili Jawa Barat di PON 1996.

Pria yang memiliki nama asli Nazril Irham melambungkan namanya saat menjadi vokalis grup band Peterpan. Kepopulerannya pun semakin meningkat lewat lagu-lagu ciptaanya yang selalu merajai tangga lagu musik Indonesia sejak 2000 hingga sekarang.

Namun, mungkin tidak banyak yang tahu sebelum memulai kariernya di bidang musik, Ariel ternyata sempat menjadi atlet yang berlaga di ajang PON.

Ya, dalam buku berjudul Kisah Lainnya yang terbit pada 2012 lalu, Ariel menceritakan bahwa dirinya pernah menjadi seorang atlet inline hockey. Kehebatannya bermain olahraga itu pun membuatnya terpilih untuk mewakili Jawa Barat dalam ajang PON 1996 edisi ke-XIV di Jakarta.

Saat itu, Ariel sendiri masih duduk di bangku Sekolah Menangah Atas dan berusia 15 tahun. Secara mengejutkan, meski baru kali itu mewakili Jawa Barat, Ariel dan rekan-rekannya sukses merebut medali emas.

Uniknya lagi, keikutsertaan Ariel dalam ajang PON tersebut pun menjadi pintu awal kariernya di dunia musik. Hal itu karena salah satu pelatihnya ada yang bekerja di radio dan sosok tersebut menjadi orang pertama yang mengorbitkan Ariel dan Peterpan.


2. Joe Taslim

Joe Taslim sempat tampil di PON 2008 mewakili Sumatera Selatan cabang olahraga judo.

Nama aktor tampan, Joe Taslim pertama kali dikenal banyak orang lewat akting yang ditampilkannya dalam film action yang disutradarai Gareth Evans, The Raid.

Pria kelahiran 28 Juni 1981 tersebut pun semakin terkenal setelah pada 2013 lalu, ia membintangi salah satu film Hollywood berjudul Fast and Furious 6 bersama dengan aktor Vin Diesel dan almarhum Paul Walker.

Ternyata sebelum melakoni karier di bidang seni peran, anak pasangan Mardjuki Taslim dan Maria Goretty ini merupakan salah satu atlet judo terbaik yang dimiliki Indonesia.

Menggeluti olahraga beladiri asal Jepang tersebut sejak usia 10 tahun, Joe mulai aktif mengikuti berbagai kompetisi dan menorehkan prestasi membanggakan. Salah satunya ketika ia meraih medali emas di ajang PON 2008 bersama kakaknya, yang mewakili Provinsi Sumatera Selatan.

Jauh sebelum itu, Joe sendiri sudah memiliki prestasi di level internasional. Di antaranya ketika meraih medali perak pada ajang SEA Games 2007 di Thailand. Ketika berusia 18 tahun, Joe juga pernah menjuarai Kejuaraan Judo Asia Tenggara 1999.


3. Ines Putri

Ines Putri tampil di ajang PON mewakili Bali di cabang olahraga golf.

Paras cantik yang dimiliki mantan Miss Indonesia asal Bali, Inesh Putri Tjiptadi Chandra, tentu membuat orang banyak yang tidak menduganya sebagai seorang atlet.

Wanita yang juga mewakili Indonesia di ajang Miss World 2012 itu ternyata merupakan seorang atlet golf. Pada ajang PON 2004 di Palembang, Ines yang mewakili provinsi Bali sukses meraih dua medali sekaligus, yakni satu medali emas dan satu medali perak.

Pada ajang PON 2016 di Jawa Barat, wanita kelahiran 5 September 1989 ini masih tampil mewakili Bali yang merupakan tanah kelahirannya. Namun, ia mengaku ini akan menjadi penampilan terakhirnya di kompetisi empat tahunan tersebut.

"Sepertinya gak ada rencana untuk main lagi, karena saya juga gak ada waktu untuk latihan. Habis PON ini kemungkinan saya akan berhenti," ujarnya seperti dilansir AGolf.

Kecintaan Ines sendiri pada olahraga golf kerap ia tunjukkan melalui akun media sosial Instagram pribadinya. Beberapa foto dan video ketika ia memukul bola dengan tongkat golfnya kerap ia unggah di media sosial tersebut.


4. Prisia Nasution

Prisia Nasution, salah satu aktris Indonesia yang pernah menjadi atlet silat.

Bagi Anda yang sudah menyaksikan film Sang Penari, tentunya sudah tidak asing lagi dengan pemeran utama wanita dalam film tersebut, yakni Prisia Nasution.

Aktris cantik berdarah Batak tersebut sukses memerankan tokoh Srintil bersama dengan lawan mainnya, Oka Antara.

Tapi, tahukah Anda sebelum menjadi seorang aktris dengan kemampuan akting gemilang, wanita cantik kelahiran 1 Juni 1984 ini merupakan seorang atlet silat.

Ya, Prisia ternyata pernah menekuni olahraga beladiri asli Indonesia tersebut. Ia pun sempat tampil dan mengikuti kejuaraan nasional pra PON 2007.

Sayangnya, dalam ajang PON 2008, Prisia tidak bisa tampil akibat harus menyelesaikan pendidikannya di Jerman.


5. Denny Sumargo

Deeny Sumargo sempat membela tim basket Sulawesi Selatan di ajang PON 2000.

Nama pria kelahiran 11 Oktober 1981 ini pertama kali dikenal lewat perannya dalam film 5 cm bersama dengan sejumlah artis kenamaan Tanah Air. Di antaranya seperti Herjunot Ali dan Pevita Pearce.

Akan tetapi sebelum berkecimpung di dunia layar lebar, Denny sebenarnya lebih dulu dikenal sebagai seorang pebasket. Kariernya di bidang olahraga yang ditekuni Michael Jordan tersebut bermula sejak bergabung dengan klub Aspac pada 2000 silam.

Penampilan gemilangnya bersama Aspac, pun membuat Denny terpilih menjadi bagian tim basket Sulawesi Selatan yang berlaga dalam ajang PON 2000 di Surabaya.

Sayangnya, dalam ajang tersebut Denny dan tim basket Sulsel belum mampu menorehkan prestasi dan harus pulang tanpa membawa medali.

PON Jabar 2016Joe TaslimDenny SumargoPekan Olahraga Nasional (PON)Prisia NasutionAriel NoahInes PutriSelebriti Sehat

Berita Terkini