x

5 Talenta Muda Inggris yang Bakal Bersinar di Arena Olahraga Sepanjang 2017

Jumat, 6 Januari 2017 18:33 WIB
Penulis: Arie Kusnandar | Editor: Galih Prasetyo

Talenta muda menjadi salah satu bumbu tersendiri dari dunia olahraga. Tidak hanya di sepakbola, para pemuda ini dengan bebasnya berunjuk kebolehan di berbagai ajang olahraga lainnya. 

Tanah Inggris memiliki sejumlah atlet muda berbakat yang diprediksi banyak pihak bakal bersinar tahun ini. Sebagai negara yang memiliki tingkat olahraga maju, Inggris tahu betul bahwa talenta muda akan membuat olahraga dalam negeri mereka semakin maju. 

Mulai dari ranah sepakbola hingga kriket tidak pernah luput dari talenta muda. Salah satu media kenamaan Inggris, The Telegraph telah merilis para talenta muda berbakat dari berbagai cabang olahraga termasuk sepakbola.

Para atlet muda ini juga telah menonjol dan tidak jarang meraih berbagai prestasi, baik untuk klub maupun pribadi. Berikut daftarnya seperti dilansir dari laman The Telegraph:


1. Joe Clarke

Atlet kriket, Joe Clarke diprediksi akan dapatkan masa keemasan di 2017 ini.

Pemuda kelahiran Shrewsbury, Inggris, 24 tahun silam ini digadang-gadang akan jadi atlet kriket yang bakal bersinar di tahun ini. 

Clarke yang berposisi sebagai penangkap bola (wicket keeper) di kriket saat ini membela Worcestershire County Cricket Club, Worcestershire sendiri saat ini bermain di County Championship, liga utama kriket di Inggris dan Wales. 

Debut pertama Clarke di County Championship melawan Hampshire pada Mei 2015 lalu, sejak debut pertamanya nama Clarke banyak diprediksi banyak orang bakal jadi bintang kriket yang bersinar. 

Sebagai atlet kriket, Clarke memiliki spesialis pemukul tangan kanan. Sejumlah penghargaan individu pun pernah ia raih, diantaranya menjadi pemukul bola (batsman) muda terbaik di County Championship. 


2. Laura Muir

Pelari muda asal Inggris, Laura Muir bakal bersinar di 2017 ini.

Pelari berdarah Skotlandia ini menurut The Telegprah akan jadi pelari jarak menengah yang bersinar sepanjang 2017. Muir yang menjadi spesialis pelari jarak 800m, 1500m, dan 3000m ini memang memiliki segudang prestasi. 

Pada kejuaraan dunia 2013 lalu misalnya, ia sukses mencapai babak semifinal dengan memecahkan rekor terbaiknya di lintasan lari 800 meter. Nama Muir semakin diprediksi bersinar setelah pada 2014 di ajang Berlian League, ia sukses memecahkan rekor lari yang telah bertahan selama 27 tahun. 

Yang menarik dari pelari berusia 23 tahun ini ialah ia merupakan mahasiswa jurusan kedokteran hewan di Universitas Glasgow. Salah satu dosennya, Hayley Haining malah sempat jadi rekan satu tim Muir di ajang Commonwealth Games pada 2014 lalu. 

Ajang London World Championship yang akan berlangsung pada musim panas nanti akan jadi ajang pembuktiaan kemampuan Muir, apakah ia pantas disebut sebagai atlet muda Inggris yang bersinar tahun ini. 


3. Callum Smith

Callum Smith bakal bersinar di arena Golf sepanjang 2017 ini.

Jika petinju Inggris, Amir Khan benar-benar memutuskan untuk beralih profesi sebagai petarung UFC, pecinta tinju Inggris masih memiliki harapan pada sosok petinju muda kelahiran Liverpool, Callum Smith. 

The Telegraph menyebut petinju berusia 26 tahun ini akan mendapatkan masa-masa keemasan di tahun ini. Sebagai seorang petinju muda, Smith merupakan pemegang gelar juara Eropa di kelas walter. Gelar ini ia raih pada 2016 lalu. 

Terlahir dari keluarga petinju, Smith mengikuti jejak saudara-saudaranya yang juga berkarier sebagai petinju seperti Paul Smith, Stephen, dan Liam Smith. 

Rekor Smith di atas ring memang patut untuk diperhitungkan, pasalnya ia belum terkalahkan dari 22 penampilannya. Memiliki postur tubuh tinggi menjulang, Smith di tahun ini bakal menjadi ganjalan awal dari James DeGale, juara IBF yang berambisi untuk mengalahkannya. 


4. Jordan Smith

Pegolf muda Inggris, Jordan Smith diprediksi bakal bersinar sepanjang 2017.

Pada 2015 lalu, pegolf muda ini sukses meraih gelar di ajang PGA EuroPro Tour. Prestasi ini yang kemudian membawa Jordan L Smith disebut-sebut sebagai salah satu talenta muda Inggris yang bakal bersinar. 

Sejak memainkan debutnya profesionalnya pada 2014 lalu, Jordan terus alami peningkatan di rangking pegolf dunia. Sejak 2011 lalu, Jordan masuk dalam skuat Inggris Squad di ajang Tour Eropa. 

Sejumlah penghargaan sukses ia raih diantaranya Challenge Tour yang ia raih sebanyak dua kali. Pada 2013 lalu, ia tampil di ajang Piala Walker, satu tim dengan pegolf ternama Inggris, Matt Fitzpatrick. 


5. Jadon Sancho

Pemain muda Inggris yang kini membela Manchester City.

Pada Oktober 2015 lalu, pecinta Liga Inggris dikejutkan dengan penampilan fenomenal seorang pemain muda di Timnas Inggris U-17. Ia adalah Jadon Sancho. 

Sancho ialah produk asli binaan akademi Watford dan kini membela Manchester City. Pelatih Man City, Josep Guardiola menilai aksi Sancho di Timnas Inggris menunjukkan bahwa pemain ini layak disebut bakal bersinar di 2017. 

Pada September lalu, Sancho mulai naik kelas. Guardiola saat itu mengizinkan ia berlatih bersama tim senior City jelang laga melawan Everton di Liga Primer Inggris. 

Berposisi sebagai seorang winger, kelincahan dari Sancho saat dribbling bola disebut banyak pihak seperti Raheem Sterling, selain itu, Sancho juga memiliki kemampuan bagus untuk melepaskan sepakan keras. 

Aksi brilian dari Sancho memang benar-benar membuat kepincut manajemen Man City, tak heran jika mereka rela gelontorkan dana sebesar 66 ribu poundsterling untuk merekrut pemain yang memiliki darah Trinidad dan Tobago dari Watford. 

Manchester CityPep GuardiolaKriketWatfordTinjuJoe ClarkeLaura MuirCallum SmithJordan SmithJadon SanchoClifford Lee

Berita Terkini