x

Serba-serbi Selebrasia, Pesta Hitung Mundur Asian Games

Rabu, 2 Agustus 2017 20:47 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
Countdown to Asian Games 2018.

Indonesia akan menjadi tuan rumah Asian Games 2018 yang akan dihelat pada 18 Agustus hingga 2 September tahun depan. Untuk menyambut dan sosialisasi pesta olahraga terbesar Asia ini, panitia telah menyiapkan acara "Countdown to Asian Games".

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) telah mengumumkan bahwa acara hitung mundur Asian Games ini akan diberi tajuk “Selebrasia” dan berpusat di halaman Monas. Event ini akan berlangsung mulai 18 Agustus dan masuk dalam rangkaian HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-72.

Baca Juga

Bekraf pun telah mempersiapkan beberapa hiburan kelas dunia untuk memeriahkan “Selebrasia”. Beberapa artis luar dan dalam negeri akan diikutsertakan dan ada pula light show yang dikoreografikan oleh 300 drone.

Apa saja hiburan yang akan dihadirkan? Berikut INDOSPORT telah merangkumnya untuk Anda.


1. Artis Kelas Asia

Girlband SNSD.

Mengutip Antara, Triawan Munaf selaku Kepala Bekraf, telah mengundang para musisi Tanah Air seperti Raisa dan Tulus untuk tampil menghibur dalam “Selebrasia”.

Selain mereka, ada juga artis-artis kelas Asia agar sesuai dengan semboyan Asian Games ke-18 ini yang berbunyi "Energy of Asia". Triawan menjanjikan girlband asal Korea Selatan, SNSD, yang akan datang ke acara ini. Meskipun bukan seluruh anggotanya akan datang, salah satu personel SNSD, Hyo-yeon, sudah mengonfirmasi kehadirannya.

Jawaban Hyo-yeon SNSD kepada Triawan Munaf di Instagram.

Selain grup yang juga dikenal sebagai Girls’ Generation itu, Bekraf sempat ingin mengundang penyanyi Psy dan bahkan Far East Movement. Namun sang pelantun “Gangnam Style” urung datang dan Far East Movement belum dikonfirmasi lagi.

"Kebetulan, bulan lalu saya ke Seoul ketemu dengan salah satu personel SNSD. Ketemu juga dengan Psy. Tapi Psy nggak bisa. Personel SNSD itu setelah saya ngomong, tertarik untuk datang ke Jakarta. Walaupun mereka sedang sibuk, karena SNSD itu sedang reuni apalah ulang tahun 10 tahun, nah dia mau datang. Sekarang negosiasi sama manajemennya,” tutur Triawan, seperti dilansir dari Kapanlagi.


2. Light Show dari 300 Drone

Light show drone yang diadakan di Disneyland.

Selain hiburan dari para musisi, malam “Selebrasia” akan semakin disemarakkan dengan atraksi dari 300 drone atau pesawat nirawak, yang akan berkonfigurasi dengan hiasan cahaya.

"Ada sebuah pertunjukan yang cukup luar biasa yaitu akan ada drone dari Intel, perusahaan teknologi yang berdemo di langit Monas dengan konfigurasi sangat kreatif dan menjadi atraksi yang sangat luar biasa," kata Triawan, seperti dikutip dari Antara pada Jumat (28/07/17) silam.

Pertunjukan kelas dunia ini sebelumnya pernah memeriahkan halftime show Superbowl 2017 lalu. Kala itu, Lady Gaga bernyanyi dengan latar belakang cahaya dari ratusan drone yang berkelap-kelip dengan koreografi berbagai bentuk.

Koreografi drone yang dinamai Intel Shooting Star ini masing-masing alatnya memiliki berat sekitar 280 gram. Drone ini terbuat dari plastik dan busa fleksibel, tanpa sekrup, dan baling-balingnya ditutupi oleh pelindung.

Setiap drone dilengkapi dengan lampu LED yang bisa menciptakan lebih dari 4 miliar kombinasi warna. Sistemnya dilakukan oleh satu orang operator yang mengendalikan ratusan drone.


3. Legenda Man United vs Kabinet Kerja

Logo Manchester United.

Laman resmi promosi Kementerian Pariwisata menyebutkan, rangkaian HUT Kemerdekaan RI yang termasuk "Selebrasia", akan ditutup dengan pertandingan futsal yang dimeriahkan para legenda Manchester United.

Mereka akan melawan tim Presiden dan para Menteri Kabinet Kerja. Meski begitu, belum ada kepastian mengenai siapa saja legenda Setan Merah yang diundang.

"Salah satu kegiatan bulan kemerdekaan nanti ada legenda dari klub sepakbola yang besar akan bertanding melawan Presiden dan menteri Kabinet Kerja," kata Triawan Munaf dilansir Suara.com, Jumat (28/07/17).

Manchester UnitedAsian GamesAsian Games 2018Drone

Berita Terkini