x

4 Hal yang Bisa Indonesia Kejutkan Dunia di Asian Games

Sabtu, 28 Oktober 2017 06:43 WIB
Editor: Yohanes Ishak
Logo Asian Games 2018.

Asian Games 2018 akan digelar pada tanggal 18 Agustus hingga 2 September 2018 mendatang di Kota Jakarta dan Palembang.

Nantinya sebanyak 462 pertandingan dalam 40 cabang olahraga akan dilangsungkan di dua kota tersebut.

Menjadi tuan rumah dalam event olahraga paling bergengsi di Asia ini tentu akan menjadi suatu kebanggaan dan pengalaman yang tidak dapat dilupakan oleh Indonesia.

Baca Juga

Oleh sebab itu, pastinya Tanah Air kita akan memberikan segala hal yang terbaik demi memberikan kenyamanan bagi negara lain serta memeriahkan ajang empat tahunan tersebut.

Selain memberikan kemeriahan melalui ajang olahraga, tentunya ada hal-hal lain yang perlu dilakukan Indonesia melalui ajang Asian Games.

Salah satunya dengan memperkenalkan negara kita melalui budaya-budaya dan keranekaragaman lainnya agar semakin dikenal meluas tidak hanya di kancah Asia saja, tetapi juga seluruh dunia.

Apa sajakah itu? Berikut ini INDOSPORT akan merangkumnya:


1. Seni dan Kebudayaan Indonesia

Tari Renggong, salah satu seni tari khas Jakarta.

Indonesia sangat banyak sekali memiliki kesenian dan kebudayaannya. Meski bermain hanya di dua kota saja, namun bukan berarti kita tidak dapat memperkenalkan beberapa kesenian dari daerah lain.

Kota Jakarta dan Palembang akan menjadi wadah dalam penyelenggaraan tersebut, tetapi untuk memperkenalkan beberapa seni tari ataupun kebudayaan dari daerah-daerah lain tentunya dapat dikeluarkan dalam ajang tersebut.

Namanya juga event olahraga besar dan pastinya hal-hal yang menarik atau unik akan diulas atau diberitakan oleh negara-negara lain dan biasanya, seluruh negara di luar Asia pun dapat mendengar atau membaca dan melihat berita tersebut.


2. Aksi Dukungan Suporter

Suporter Indonesia saat membela Timnas.

Masyarakat Indonesia itu sangatlah kreatif dan hal itu juga dapat ditunjukkan melalui cara mereka memberikan dukungan kepada tim-tim kesayangan, apalagi untuk Indonesia.

Jangankan di negara sendiri, saat memberikan dukungan Indonesia di negara lain saja, seperti Malaysia pada SEA Games 2017 pada bulan Agustus kemarin saja dukungan untuk Merah Putih berlangsung dengan meriah.

Tentunya memberikan dukungan kepada para atlet Indonesia di negara sendiri akan berlangsung lebih meriah dan menarik.

Nyanyian-nyanyian yang tiada henti dibarengi dengan gerakan-gerakan tangan atau menggunakan koreagrafi tentunya dapat membuat para negara lain akan takjub dan merasa kagum dengan dukungan dari para suporter Indonesia.


3. Wisata Kuliner

Ketoprak (kiri), salah satu makanan khas Jakarta dan Pempek, makanan khas Palembang.

Selain kreatif dalam bentuk seni dan kebudayaan, serta dukungan suporter yang luar biasa, masyarakat Indonesia juga sangat kreatif dan pandai meracik makanan yang lezat.

Sebut saja makanan khas Jakarta, seperti Gado-gado dan Ketoprak atau Pempek dan Tekwan dari Palembang yang pastinya dapat menggoyang lidah para negara peserta.

Tidak hanya itu, ada juga makanan-makanan berat atau makanan ringan lainnya yang tentunya juga membuat mereka semakin tertarik atau bahkan betah berada di Indonesia.

Wisata kuliner tentu dapat menjadi magnet tersendiri dan bukan tidak mungkin jika nantinya banyak turis atau masyarakat dari negara lain yang berkunjung ke Indonesia.


4. Cendera Mata Unik

Miniatur Monas (kiri) dan Pakaian Batik cendera mata yang bisa dijadikan oleh-oleh di ajang Asian Games 2018 oleh negara peserta selain Indonesia.

Kembali lagi ke hasil kreatifnya masyarakat Indonesia. Tidak sedikit warga Indonesia yang dapat membuat beberapa cendera mata berupa pajangan, mainan, dan benda-benda lainnya yang menunjukkan khas dari Indonesia.

Sebut saja seperti miniatur Monas, Batik, atau benda-benda lainnya yang dapat dibawa pulang untuk dijadikan oleh-oleh dengan harga yang terbilang bersahabat.

Meski benda-benda ini bukanlah barang yang besar atau mewah, tetapi nilai keunikan yang memiliki kandungan sejarah atau cerita lainnya juga dapat menjadi daya tarik bagi para negara peserta lain.

IndonesiaAsian GamesAsian Games 2018Multi-Event

Berita Terkini