x

Rina Nose Lepas Hijab, 3 Atlet Ini Bawa Kebanggaan Lewat Hijab

Rabu, 15 November 2017 08:00 WIB
Penulis: Eronika Dwi Pinara | Editor: Galih Prasetyo
Atlet Angkat Besi, Amna Al Haddad

Setelah Bunga Zainal, Marshanda, dan deretan selebriti yang membuah heboh dengan melapas hijabnya, kini giliran presenter sekaligus komedian, Rina Nose.

Keputusan wanita berusia 33 tahun ini pertama kali diungkapnya lewat foto yang diunggahnya di instagram. Keputusan itupun seketika membuat geger warganet. Banyak yang menyayangkan keputusan pemilik nama lengkap Nurina Permata Putri itu.

Diketahui Rina mulai memantapkan hatinya untuk menutup aurat sejak mendengar ceramah Zakir Naik pada September 2016 silam. Rupanya, kegalauan hati kembali muncul pada wanita berdarah Sunda itu.

Keputusan resmi Rina dibagikannya lewat mengunggah sebuah foto pada instagram pribadinya, Kamis (09/11/2017).

"Pengalaman.. Kepahitan.. Kebahagiaan.. Kemarahan.. Kesedihan.. Kesenangan.. Kebenaran.. Kesalahan.. Pencarian.. Kesadaran diri.. Pertanyaan.. Kerapuhan jiwa.. Rasa cinta.. Pergolakkan batin.. Petualangan batin.. Rekayasa pikiran.. Kekuatan pikiran.. Pencarian ilmu.. Perjalanan hidup.. Segala kemungkinan.. Tidak akan pernah selesai, sampai tidak ada lagi kemungkinan (mati)."

"Manusia berubah. Pemikiran berubah seiring peristiwa yang dialaminya. Ketetapan hati pun berubah seiring pengalaman batinnya. Apabila masih ada manfaat kebaikan yang bisa diambil dariku, maka ambilah. Jika tidak, maka tinggalkanlah," tulis Rina pada keterangan foto.

Keputusannya itu pun petama kali ditunjukan secara langsung saat mengisi sebuah acara dangdut di salah satu stasiun televisi swasta Indonesia.

Lain dengan Rina Nose dan deretan selebriti yang memutuskan melepas hijab mereka, ke 3 atlet ini justru terus berolahraga dengan tetap menutup auratnya.

Berikut ulasan INDOSPORT yang bersumber dari berbagai portal luar :


1. Ibtihaj Muhammad (Anggar)

Atlet anggar berjilbab Ibtihaj Muhammad

Ibtihaj Muhammad merupakan atlet pertama Amerika yang mengenakan hijab. Atlet kelahiran 4 Desember 1985 ini merupakan atlet anggar kategori sabel.

Bergabung dalam klub Westbrook Foundation, Ibtihaj Muhammad menjadi atlet berhijab pertama yang mewakili Amerika Serikat di Olimpiade Rio de Janeiro, 5-21 Agustus 2016 silam, loh!

Muslimah kelahiran New Jersey ini telah melewati perjalan penuh liku sepanjang 2005 sampai 2016. Ibtihaj Muhammad sempat gagal tampil pada olimpiade musim panas 2012 di London akibat cidera tangan yang dialaminya.

Namun, tak lantas menyerah, ia akhirnya berhasil memenangkan babak prakualifikasi Olimpiade Rio de Janeiro pada 2016. Tuh jangan pantang menyerah makanya!


2. Amaiya Zafar (Tinju)

Alet tinju berhijab, Amaiya Zafar

Usia baru 16 tahun, namun bagi Amaiya Zafar tinju adalah hidupnya. Olahraga yang baru dimulainya sejak 3 tahun silam sudah membuat diri Amaiya tidak bisa hidup tanpa tinju.

Atlet muda asal Oakdale, Minnesota, Amerika Serikat, itu merupakan pencetak sejarah sebagai atlet tinju berhijab pertama di dunia.

Saat diwawancarai MPR News, Amaiya mengaku sangat menyukai olahraga tinju ini, namun agamanya (Islam) jauh lebih penting. Itulah mengapa dirinya terus melekatkan hijab pada saat bertinju.

Di kutip dari startribune.com, asosiasi tempat Amaiya melakoni kesukaannya ini hanya membolehkan para petinju wanita mengenakan kaos tanpa lengan dan celana pendek. Loh kok?

Namun, sang pelatih (Nathaniel Haile) melihat begitu gigih Amaiya dalam berlatih olahraga tinju, membuat Amaiya diperbolehkan menyalurkan keahlian tinju meski tidak sesuai peraturan. Kemampuan Amaiya bahkan membuat bangga sang pelatih.

Ini masih bisa disebut kecil-kecil cabe rawit enggak ya? hehehe


3. Amna Al Haddad (Angkat Besi)

Atlet Angkat Besi, Amna Al Haddad

Terakhir ialah Amna Al Haddad. Atlet angkat besi ini berhasil memperoleh pengakungan sebagai atlet hijab pertama yang ikut CrossFit Asia pada 2012 silam. Amna juga dikatakan sebagai wanita berhijab pertama yang menggeluti dunia angkat beban.

Atlet kelahiran Dubai, 21 Oktober 1998 ini mulai menarik perhatian setelah penampilannya ketika menjadi barand ambasador produsen pakaian olahraga ternama.

Sejarahnya, Amna bergabung dengan dunia olahraga ini pada 2011 silam. Lalu kemudian, Amna tergabung dalam sebuah program fitness, Crossfit.

Dari tempat yang membuat Amna jatuh cinta pada dunia angkat besi, atlet berusia 27 itu sudah memperoleh enam mendali emas dan tiga mendali perak pada ajang Internasional angkat besi Se-Asia pada 2015 lalu, di Jordan, Arab.

Tuh buat ukhti-ukhti yang suka olahraga tapi masih ragu buat ditekuni karena hijab? Langsung buang jauh-jauh deh pikiran itu! Buktinya ke-3 atlet ini aja bisa? Kenapa kita enggak?

Seleb SportsAngkat BesiHijabAtletTinju

Berita Terkini