x

Kecintaan Pemimpin Korea Utara dengan Dunia Olahraga

Selasa, 6 Februari 2018 17:56 WIB
Penulis: Riris Putri Ridaprilia | Editor: Matheus Elmerio Giovanni
Caption

Korea Utara dikenal sebagai negara tertutup yang menonjol dari sisi militer dan dikendalikan oleh seorang pemimpin yang sangat tegas, Kim Jong Un. Namun ternyata Korea Utara yang kerap menjadi perbincangan publik karena pernyataan pemimpinnya yang ingin memerangi Amerika Serikat itu, dipimpin oleh seorang diktator yang cinta dengan dunia olahraga.

Meskipun tertutup, Korea Utara sendiri kerap mengirim para atlet untuk berlaga di turnamen bertaraf internasional seperti Olimpiade, bahkan kompetisi sepakbola sekelas Piala Dunia. Namun selain mengirimkan atlet, kini mereka juga mulai membuka negara mereka untuk perhelatan Olimpiade musim dingin yang akan berlangsung di kota Pyeongchang pada 9 hingga 25 Februari 2018.

Baca Juga

Kim Jong Un sendiri ternyata menaruh banyak kepeduliannya kepada dunia olahraga, terlebih dalam memperhatikan hidup para atlet Korea Utara yang diyakini sangat baik. Hal tersebut bahkan diakui oleh salah satu pelatih yang menilai jika para atlet diberi balas jasa yang sangat mewah, dan dilatih dengan keras dalam program yang didukung oleh pemerintah.

"Pemimpin tertinggi kami sudah mengembangkan semua fasilitas olahraga secara maksimal dan popularitas angkat besi di penjuru Korea Utara sangat tinggi," ujar pelatih Korea Utara dikutip dari Daily Star.

Caption

"Kami memiliki banyak pelatihan anak muda di cabang olahraga angkat besi dan Pemimpin Besar Kim Jong Un mencoba untuk menampilkan atlet angkat besi sebanyak mungkin. Kita semua makan makanan yang sama bersama-sama dan kita berlatih di fasilitas yang baik, tidak hanya di Pyongyang tapi di seantero negeri," lanjutnya.

Namun, kecintaan Kim Jong Un terhadap dunia olahraga ternyata tak berhenti dengan mendukung sarana dan prasarana pengembangan atlet. Dirinya dipercaya juga memiliki ketertarikan tersendiri dengan dunia olahraga, bahkan ia juga menggeluti beberapa olahraga, seperti yang INDOSPORT rangkum berikut ini.


1. Atlet Angkat Besi

Presiden Korea Utara.

Pemimpin Korea Utara terkenal dengan fisiknya yang melebihi rata-rata. Tubuh gempalnya tersebut semakin bertambah seiring dirinya dipercaya untuk memegang kekuasaan tunggal Korea Utara sejak 2011. Dengan bentuk tubuhnya itu seorang ahli percaya bila Kim Jong Un adalah seorang atlet angkat besi di masa mudanya.

Mengenai hal tersebut, seorang pengamat kepemimpinan Korea Utara bahkan membocorkan jika Kim Jong Un adalah seorang atlet pada masa mudanya. Pernyataan itu sendiri didukung oleh fakta jika Korea Utara memiliki budaya angkat besi yang sangat kental, mereka bahkan kerap menorehkan prestasi pada sektor angkat besi di Olimpiade.

"Ketika ia kembali ke Korea Utara dia adalah seorang atlet angkat beban. Jika kamu melihat foto Kim Jong Un di tahun 2009, kamu melihat seorang lelaki yang sangat besar dan berotot. Dan apa yang terjadi kepada orang yang berhenti mengangkat beban? Itu berubah menjadi lemak," ujar Michael Madden dinukil dari Daily Stars.


2. Menggemari Basket

Dennis Rodman dan Kim Jong-un.

Kim Jong Un dikabarkan mulai tertarik dengan olahraga basket yang lebih terkenal di negara-negara barat ketika dirinya mengenyam pendidikan di Swiss. The Sun pernah mengabarkan dirinya kerap menyaksikan pertandingan basket dan ia juga kerap mengundang mantan bintang Chicago Bulls, Dennis Rodman untuk berkunjung ke Korea Utara.

Pandangan skeptis dan perselisihan yang terjadi antara Kim Jong Un dan Amerika Serikat nampaknya tidak berlaku ketika berurusan dengan olahraga yang dicintai oleh sang pemimpin. Kim Jong Un dikabarkan akan selalu membuka pintu Korea Utara untuk olahraga yang kental dengan Amerika Serikat, seperti basket.


3. Pendukung Klub Sepakbola

Kim Jong-un menjadi penggemar Manchester United.

Sang diktator besar Korea Utara juga dikabarkan sering menyaksikan pertandingan sepakbola, terutama sepakbola Serie A Liga Italia. Seperti yang sudah diberitakan INDOSPORT (12/09/17), Kim Jong Un tidak hanya sekedar menyaksikan ia juga dikabarkan menjadi suporter pendukung Inter Milan dan Juventus, juga klub Liga Primer Inggris seperti Manchester United.

OlimpiadeKorea UtaraKim Jong-Un

Berita Terkini