x

Hari Perempuan Internasional, Ini 3 Atlet Wanita Indonesia yang Guncang Dunia

Kamis, 8 Maret 2018 17:25 WIB
Editor: Ardini Maharani Dwi Setyarini
Ilustrasi bendera Indonesia

Warga dunia hari ini memperingati Hari Perempuan Internasional. Tentunya perayaan tersebut juga dirasakan wanita Indonesia. 

Baca Juga

Makin banyak kaum hawa yang menunjukkan eksistensinya, termasuk di bidang olahraga. Tak disangka ternyata 4 atlet wanita Indonesia pernah membuat dunia bergetar sebab prestasinya.

Dilansir dari berbagai sumber, setidaknya ada 3 atlet perempuan yang hingga kini namanya harum dan dikenal sejagat. Di Hari Perempuan Internasional kali ini, Anda perlu tahu, siapa saja mereka? Simak di bawah ini.


1. Susy Susanti

Legenda bulutangkis Indonesia, Susi Susanti dalam konferensi pers BCA Indonesia Open SSP 2017.

Dialah atlet bulutangkis wanita terbaik yang pernah dimiliki Indonesia. Susy mencatat namanya sebagai warga Indonesia pertama yang memenangkan medali emas di ajang Olimpiade Barcelona 1992.

Selain itu banyak sekali gelar bergengsi yang diraih atlet kelahiran 11 Februari 1971 ini. Seri Grand Prix bahkan 4 kali juaran All England, juara dunia hingga 6 kali di tunggal putri, hanya miliknya. 

Dia juga yang membawa Indonesia juara Piala Uber 1996. Setelahnya, hingga kini gelar tersebut belum 'mampir' lagi ke Indonesia. Bahkan belum ada atlet bulutangkis tunggal putri yang menyamai rekor Susy Susanti


2. Yayuk Basuki

Caption

Sri Rahayu Basuki atau dikenal dengan nama Yayuk Basuki merupakan petenis kelahiran Yogyakarta, 30 November 1970. Indonesia pernah mencatat prestasi dahsyat di cabang olahraga Tenis. 

Mungkin tenis memang tak setenar bulutangkis, bahkan hingga saat ini usaha membangkitkan olahraga tersebut belum menemukan hasil. Namun dunia pernah mencatat, ada satu atlet tenis perempuan asal Indonesia yang pernah menyabet peringkat 20 besar dunia versi WTA, dia lah Yayuk Basuki.

Beberapa kali mengikuti turnamen besar, hingga Wimbledon, Yayuk pernah berada hingga babak perempat final! Padahal ketatnya persaingan di Grand Slam sangat mengerikan dan Yayuk, sampai sekarang, menjadi satu-satunya atlet wanita Indonesia yang sampai ke sana. Hebat!


3. Irene Kharisma Sukandar

Caption

Masih sangat muda, dia kelahiran 1992, namun torehan prestasinya tak main-main. Irene Kharisma Sukandar telah menjadi Woman Grand Chess Master Indonesia pertama. Ia juga perempuan Indonesia pertama yang meraih gelar International Master.

Irene berhasil memenangkan 4 kali Indonesian Women's Chess Championship kurun waktu 2006-2010. Dia pun mewakili Indonesia pada 5 olimpiade catur dan berbagai kejuaraan catur dunia. Dia pula yang memperoleh 2 gelar sekaligus di bidang catur. Yakni Grand Master Wanita dan Master Internasional.

Irene Kharisma SukandarSusi SusantiSusy SusantiYayuk BasukiTenis Swiss OpenKejurnas BulutangkisAtletCaturBerita Transfer

Berita Terkini