x

Dari Kurnia Sandy sampai Chris John, Ini 7 Atlet yang Jadi Caleg 2019

Kamis, 19 Juli 2018 14:35 WIB
Editor: Gerry Crisandy
Chris John saat menghadapi Simpiwe Vetyeka, 6 Desember 2013

INDOSPORT.COM - Masa pendaftaran calon anggota legislatif (caleg) yang diusung oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah resmi ditutup.

Seluruh lapisan masyarakat, dari berbagai kalangan, berbagai latar belakang, berhak untuk mendaftarkan dirinya untuk mewakili suara raykat melalui partai politik.

Dari sekitar 574 nama yang terdaftar, terdapat beberapa nama tak asing tersemat. Mereka adalah para atlet yang dulu berjuang untuk membawa nama Indonesia di berbagai cabang olahraga.

Baca Juga

Dengan popularitas yang dimiliki oleh mantan-mantan atlet ini, tak heran bila partai-partai politik menggaet mereka -- sebab tak dipungkiri, nama-nama yang familiar memiliki elektabilitas tersendiri.

Berikut INDOSPORT merangkum nama-nama mantan atlet yang maju menjadi caleg di Pemilu 2019.


1. 3 Mantan Atlet Pebulutangkis Maju

Legenda pebulutangkis Indonesia, Taufik Hidayat.

Hariyanto Arbi

Pemilu 2019 akan menjadi area di mana legenda bulu tangkis Indonesia, Hariyanto Arbi, pertama kalinya terjun ke dunia politik.

Di Pemilu 2019 mendatang, Hariyanto akanmaju lewat PSI (Partai Solidaritas Indonesia).

Dari laman resmi, peraih dua gelar All England ini akan memperjuangkan nasib-nasib atlet Indonesia yang menurutnya masih kurang mendapat perhatian.

Ricky Subagja

Nama Ricky Subagja adalah salah satu tokoh besar dari dunia bulu tangkis. Selama aktif, ia pernah mempersembahkan dua gelar juara All England Open di tahun 1995 dan 1996.

Selain itu ia juga meraih medali emas di Olimpiade Atlanta 1996 bersama Rexy Mainaky.

Dalam Pemilu 2019, Ricky akan maju di daerah pemilihan Jawa Barat dalam balutan seragam Partai Demokrat.

Taufik Hidayat

Tapi Ricky bukanlah satu-satunya nama mantan pebulu tangkis yang akan berkancah di Pemilu 2019.

Eks tunggal putra andalan Indonesia, Taufik Hidayat juga diangkat oleh Partai Demokrat untuk pesta demokrasi tahun depan.

Pemenang enam titel Indonesian Open dan medali emas Olimpiade 2004 Athena ini begitu dikenal dengan rivalitas panasnya dengan pebulutangkis asal China, Lin dan.


2. Termasuk Petinju Kelas Dunia

Chris John

Krisna Bayu

Melengkapi dua nama sebelumnya Krisna Bayu merupakan atlet ketiga dalam daftar mantan atlet yang disokong oleh Partai Demokrat di Pemilu 2019.

Krisna merupakan atlet judo yang pernah memenangkan medali emas di SEA games 2001 di Kula Lumpur, Malaysia  dan medali perunggu di Kejuaraan Judo Asia 2009 di Almaty, Kazakhstan.

Kurnia Sandy

Dari lapangan hijau sepak bola, mantan penjaga gawang Timnas Primavera, Kurnia Sandy, juga turut meramaikan daftar caleg di Pemilu 2019.

Kurnia akan maju sebagai caleg DPRD Kabupaten Sidoarjo di daerah pemilihan I, dengan bendera Partai Amanat Nasional (PAN).

Sandi mengaku ingin memajukan sepak bola di daerah Sidoarjo. Dari pandangannya, sarana sepak bola di Sidoarjo sudah sangat bagus, dan sering menjadi lokasi perhelatan ajang-ajang internasional.

Budi Sudarsono

Satu lagi nama mantan penggelut olahraga kulit bundar yang maju menjadi caleg untuk Pemilu 2019.

Budi Sudarsono merupakan salah satu penyerang terbaik yang dimiliki Indonesia. Di era kejayaannya, Budi selalu diandalkan oleh klub maupun Timnas dalam menjebol pertahanan lawan.

Setelah pensiun, Budi memutuskan untuk menekuni dan terjun langsung ke dunia politik, profesi yang tak lazim dilakukan oleh olahragawan. Pria berusia 38 tahun tersebut maju untuk bertarung diusung oleh Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Chris John

Mantan petinju dunia Chris John memang masih cukup baru di dunia politik. Pria berusia 38 tahun ini bergabung dengan Partai Demokrat sejak Februari 2018 lalu.

Tapi berselang lima bulan, ia memutuskan hengkang -- dengan kesulitan komunikasi menjadi alasannya.
Ia pun kini akan maju sebagai caleg untuk 2019 mendatang dengan panji Partai Nasional Demokrat (Nasdem).

Kylian Mbappe Sumbangkan Seluruh Gajinya di Piala Dunia 2018 untuk Amal

Ricky SubagjaChris JohnTaufik HidayatKurnia SandyHariyanto ArbiBudi SudarsonoBerita Transfer

Berita Terkini