x

5 Cabang Olahraga Asing yang Ada di Asian Games 2018

Jumat, 20 Juli 2018 06:09 WIB
Penulis: Rafif Rahedian | Editor: Matheus Elmerio Giovanni
LOGO ASIAN GAMES 2018.

INDOSPORT.COM - Pecinta olahraga hanya tinggal menunggu beberapa bulan lagi untuk menyaksikan perhelatan Asian Games 2018. Sebagai tuan rumah, Indonesia sendiri pun nampak serius dalam melakukan persiapannya.

Pada ajang yang akan digelar di Palembang dan Jakarta ini, Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committe (INASGOC) telah menetapkan ada 40 cabang olahraga (cabor) yang akan dimainkan di Asian Games 2018.

Masyarakat Indonesia sendiri nyatanya tidak mengetahui banyak soal 40 cabor yang akan dimainkan dalam gelaran Asian Games 2018. Sebagian rakyat Indonesia hanya mengetahui cabor favorit seperti sepak bola, bulu tangkis, angkat besi dan lain-lain.

Baca Juga

Berikut INDOSPORT mencoba untuk merangkum beberapa cabang olahraga yang asing bagi penikmat olahraga Indonesia.


1. Kabaddi

Contoh permainan Kabaddi yang dimainkan oleh pemain profesional.

Kabaddi sendiri adalah olahraga yang berasal dari India. Berasal dari kata “kai pidi”, yang jika diartikan ke dalam Bahasa Indonesia adalah ‘berpegangan tangan’. Cabor ini sedikit mirip dengan permainan Gobak Sodor di Indonesia.

Tim yang bermain di Kabaddi sendiri terdiri dari tujuh pemain, di mana salah satu orang bertugas sebagai raider. Raider sendiri bertugas untuk menyentuh lawannya. Setelah itu raider kembali ke areanya dan harus berteriak kata Kabaddi sebanyak tiga kali.


2. Kurash

Contoh permainan Kurash yang dimainkan oleh pemain profesional.

Kurash merupakan jenis olahraga bela diri yang memiliki gerakan dasar saling membanting dengan mengaitkan baju khusus. Dalam bahasa Uzbekistan, Kurash artinya adalah mencapai tujuan dengan cara yang adil.

Olahraga ini memiliki teknik beladiri yang hamper mirip dengan judo dan gulat. Namun bedanya, atlet Kurash hanya diperbolehkan menggunakan bantingan atas dengan tangan dan tidak dianjurkan untuk membanting ke bagian bawah atau menggunakan kaki.


3. Sambo

Logo Indonesia Sambo

Sama seperti Kurash, Sambo juga merupakan olaharaga bela diri yang akan dipertandingkan di Asian Games 2018. Sambo sendiri adalah seni bela diri modern yang dikembangkan di Uni Soviet.

Indonesia sendir akan mengirimkan satu wakilnya untuk bermain di cabor Sambo. Kontingen tersebut adalah Anggun Nurajijah. Dirinya terpilih mewakili Indonesia setelah sukses melewati seleksi yang berlangsung di Padepokan Judo Indonesia Ciloto.


4. Basket 3x3

Aksi Reza Guntara saat membela Timnas Basket 3x3.

Cabang olahraga yang satu ini permainannya sama seperti bola basket pada umumnya. Namun bedanya, satu tim hanya terdiri dari empat pemain, di mana tiga di antaranya akan bermain di atas lapangan.

Basket 3x3 ini pun menjadi yang pertama tampil di Asian Games. Olahraga yang berada di bawah induk basket internasional (FIBA), juga akan ambil bagian pada Olimpiade 2020 di Tokyo, Jepang. 


5. E-Sports

London menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA eSports 2018.

Pada Asian Games 2018, akan ada beberapa perlombaan baru yang memanfaatkan kemajuan teknologi. Ajang terbesar di benua Asia ini untuk kali pertama akan menyelenggerakan perlombaan olahraga digital atau eSports.

Baca Juga

eSports sendiri memiliki enam game berbeda yang akan dimainkan pada Asian Games 2018, yakni AOV, PES, League of Legends, Clash Royale, Hearthstone dan Starcraft 2. Namun cabor eSports tidak masuk dalam penghitungan medali, karena masih dalam percobaan.

IndonesiaAsian Games 2018SamboBasket 3x3eSportsListicle Asian Games 2018

Berita Terkini