x

Profil Negara Asian Games 2018: Malaysia

Kamis, 26 Juli 2018 15:14 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Arum Kusuma Dewi
Profil Malaysia di Asian Games 2018.

INDOSPORT.COM - Pesta olahraga se-Asia memang tinggal menghitung hari. Tak terkecuali bagi Malaysia yang tak akan tertinggal dalam event Asian Games 2018 yang akan berlangsung di Jakarta dan Palembang, 18 Agustus mendatang.

Perhelatan Asian Games kali ini menjadi ajang ke-17 bagi Malaysia berpartisipasi dalam pesta olahraga se-Asia ini. Malaysia sudah ambil bagian sejak Asian Games kedua yang berlangsung di Manila, Filipina tahun 1954 silam. 

Dari ke-17 kali keikutsertaannya, Malaysia sempat menorehkan prestasi terbaik mereka di ajang Asian Games yakni saat Asian Games berlangsung di Bangkok, Thailand.

Baca Juga

Saat itu, Malaysia berhasil menempati peringkat empat klasemen akhir dengan torehan 7 medali emas, 5 perak, dan 6 perunggu. Namun prestasi ini belum terulang kembali.

Bahkan saat Asian Games 2014 lalu yang berlangsung di Incheon Korea Selatan, kontingen Malaysia hanya menempati peringkat 14. Tak pelak Asian Games kali ini, Malaysia berupaya memperbaiki peringkat mereka.

Untuk meraih prestasi terbaik di Jakarta dan Palembang, Malaysia pun hanya akan mengirim atlet terbaiknya yang akan berlaga di Indonesia. Ya, Malaysia dengan ketat melakukan seleksi untuk kriteria yang atet yang akan mendulang medali di Asian Games di Indonesia.


1. Cabang Olahraga Unggulan

Defile atlet Malaysia di Asian Games 2014.

Berbicara pendulang medali, Malaysia sepertinya masih akan bertumpu dari cabang olahraga bulutangkis dan atletik. Dua cabor ini menjadi pendulang medali terbanyak selama Malaysia berlaga di Asian Games.

Cabor bulutangkis menjadi penyumbang terbanyak dengan 35 medali dengan rincian 7 keping emas, 8 perak, dan 20 perunggu. Sementara atletik total menyumbang 34 medali dengan rincian 8 emas, 8 perak, dan 18 perunggu.

Namun bila berkaca dari hasil raihan medali Asian Games 2014 di Incheon Korea Selatan lalu, Malaysia memiliki satu harapan lain untuk meraih medali yakni dari cabang olahraga Squash. Mereka berhasil menyumbangkan dua medali emas, dua perak, dan 1 perunggu.


2. Atlet Unggulan

Atlet squash Malaysia, Nicol David.

Cabang olahraga Squash yang berhasil memberikan total lima medali tentu diharapkan mampu menjadi lumbung medali bagi Malaysia di Jakarta nanti. Dan nama Nicol David masih menjadi harapan Malaysia.

Ya, dua keping emas di Asian Games Incheon 2014 lalu berhasil disumbangkan Nicole. Tentu di tahun ini dia diharapkan dapat kembali memberikan keping medali bagi Malaysia.

Menatap Asian Games 2018 di Jakarta pun sangat dinanti oleh Nicole. Sebab dia sudah tak sabar kembali ke Jakarta setelah tampil di SEA Games 1997 silam yang berlangsung di Jakarta.
 

Baca Juga

“Saya berada di Jakarta ketika saya baru berusia 13 tahun. Kemudian, saya mewakili Malaysia di SEA Games Indonesia (tahun 1997). Ini adalah penampilan pertama saya sebagai pemain senior di tim nasional. Saya adalah cadangan kemudian dan hanya bermain dalam satu pertandingan dalam acara tim yang kami menangkan," ucap Nicol, dikutip dari The Star.

“Dan sekarang setelah bertahun-tahun, saya akan kembali ke Jakarta untuk Asian Games. Ini akan menjadi kesempatan istimewa dan saya akan menghargai momen itu," tutup dia.

5 Bintang yang Tak Masuk Nominasi Pemain Terbaik FIFA 2018

Terus Ikuti Berita Sepak Bola dan Olahraga Lain di INDOSPORT

MalaysiaAsian Games 2018Profil Negara Asian Games 2018

Berita Terkini