x

Profil Negara Asian Games 2018: India

Senin, 30 Juli 2018 18:01 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Profil India di Asian Games 2018.

INDOSPORT.COM - Sebagai salah satu negara yang akan berpartisipasi di Asia Games 2018, India merupakan negara yang patut di perhitungkan negara-negara konsestan lainnya dalam urusan meraih medali.

Tolok ukurnya jelas, sejak pertama kali berpartisipasi di Asia Games tahun 1951, negara terbesar di Asia Selatan itu total sudah meraup 139 medali emas, 178 perak dan 299 perunggu.

Bahkan dalam partisipasi perdanannya itu, India mampu keluar sebagai runner up dibawah Jepang. Berturut-turut setelah, negara yang beribukota di New delhi itu bahkan hanya sekali keluar dari urutan sepuluh besar klasemen perolehan medali Asian Games. 

Baca Juga

Termasuk pada penyelenggaraan Asia Games terakhir di Incheon Korea Selatan, mereka mampu keluar sebagai peringkat delapan dengan 11 medali emas, 10 perak dan 36 perunggu.


1. Cabang Olahraga Unggulan

Atletit balap lari India.

Untuk urusan menyumbang medali, atletik menjadi cabang olahraga yang paling berkontribusi untuk India. Secara total, cabang olah raga tersebut telah menyumbangkan 233 medali dengan 72 diantaranya berupa emas.

Jumlah tersebut membawa India berada diurutan ketiga sebagai negara Asia yang paling banyak meraih medali dari cabang atltetik di Asian games sepanjang sejarah. Mereka berada di bawah China dan Jepang.

Di ajang Asian Games 2018 nanti, cabang atletik ini masih akan menjadi andalan India untuk mendulang medali. Khususnya dalam cabang lari, Atlit-atlit lari India seperti Mohammad Anas, Ajay Kumar hingga Govinda Lakshmanan berpotensi besar membuat lagu kebangsaan Jana Gana Mana berkumandang di Jakarta dan Palembang Agsustus-September nanti.

Selain Atletik, medali emas juga berpotensi di raih India lewat cabang olahraga yang lebih bergengsi yakni, bulutangkis.
Pertaruhan tersebut dibebankan dalam punggung pebulutangkis wanita Pusarla Venkata Sindhu. Atlet wanita pertama yang pernah sumbangkan medali bagi India di Olimpiade.


2. Atlet Unggulan

Pebulutangkis wanita India, Pusarla Venkata Sindhu.

Pusarla Venkata Sindhu (Bulu Tangkis)

Dari banyaknya atlit asal India yang berpotensi meraih emas di Asian games 2018, nama  Pusarla Venkata Sindhu memang layak dikedepankan.

Selain seperti disinggung diatas, bahwa dirinya merupakan wanita pertama India yang bisa sumbangkan medali Olimpiade, cabang olah raga yang dimainkan Sindhu juga merupakan cabang olah raga bergengsi yang populer dalam dunia olah raga khsusunya di Asia.

Keberhasilan Pusarla Venkata Sindhu meraih medali perak di Olimpiade 2016 Rio de Jainero bisa dibilang cukup mengejutkan bagi publik India. Namun itu bukan satu-satunya kejutan seorang  Sindhu. Karena jauh sebelum itu namanya juga sempat mengejutkan usai masuk 20 besar peringkat dunia di usia yang sangat muda yakni 17 tahun.

Sementara itu, potensi Sindhu untuk bisa meraih medali di Asia games 2018 nanti bisa dilihat dari pencapaiannya beberapa tahun ini yang relatif stabil di berbagai kejuaraan bulu tangkis dunia. Mulai dari juara di India superseries, sampai menjadi semifinalis di turnamen bulu tangkis paling bergengsi di dunia All England.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola dan Olahraga Lain di INDOSPORT.COM

Asian GamesAsian Games 2018IndiaPV. SindhuProfil Negara Asian Games 2018

Berita Terkini