x

Cucu Soekarno Beri Undangan Asian Games 2018 ke Kim Jong Un

Selasa, 31 Juli 2018 09:30 WIB
Editor: Lanjar Wiratri
Kim Jong Un.

INDOSPORT.COM - Dalam hitungan hari, Asian Games 2018 akan segera bergulir. Indonesia pun memberikan undangan Asian Games langsung untuk pimpinan Korea Utara, Kim Jong Un.  

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani, yang menjadi Utusan Khusus Presiden RI, Puan Maharani, mengundang pemimpin Korea, Kim Jong Un untuk datang langsung ke Jakarta menghadiri pembukaan Asian Games 2018.

Baca Juga

Dilansir dari Antara, menteri yang juga cucu dari tokoh proklamator, Soekarno, itu mengirimkan undangan dari Presiden RI kepada pemimpin Republik Demokratik Rakyat Korea (RDRK) itu secara langsung ke Pyongyang.


1. Indonesia Undang Pimpinan Korea Utara

Puan Maharani antar langsung undangan Asian Games untuk Kim Jong Un.

"Indonesia sangat mengapresiasi dukungan pemerintah dan rakyat Republik Demokratik Rakyat Korea yang telah diberikan selama ini untuk kelangsungan Asian Games 2018. Kami mengharapkan Pimpinan RDRK berkenan berkunjung ke Indonesia untuk menghadiri upacara pembukaan Asian Games di Jakarta," kata Menko PMK Puan diterima oleh Presiden Presidium Majelis Rakyat Agung RDRK H.E. Kim Yong Nam.

Undangan menghadiri upacara pembukaan Asian Games 2018 kepada pemimpin RDK dan Presiden Republik Rakyat Korea dari Joko Widodo itu merupakan bentuk tindak lanjut dari Deklarasi Panmunjeom. Korea Utara dan Korea Selatan bersepakat untuk bersatu dibawah bendera Korea pada ajang Asian Games 2018 di Jakarta-Palembang.

Puan yang saat ini menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), juga menyampaikan bahwa Indonesia yang juga sahabat bagi Korea Utara dan Korea Selatan itu mengikuti perkembangan positif di Semenanjung Korea dengan seksama.

"Ajang Asian Games dapat dijadikan sebagai momentum untuk mempererat persahabatan dan perdamaian, termasuk upaya perdamaian di Semenanjung Korea," kata Puan.


2. Serahkan Maskot Asian Games

Puan Maharani antar langsung undangan Asian Games untuk Kim Jong Un.

Menko PMK kemudian menyerahkan maskot Asian Games 2018 kepada Presiden Presidium H.E. Kim Yong Nam. Selain Pertemuan dengan H.E. Mr. Kim Yong Nam, Puan juga bertemu dengan Wakil Perdana Menteri H.E. Mr. Ri Ryong Nam.

Baca Juga

Pertemuan tersebut juga membahas upaya untuk menjajaki peningkatan kerja sama di bidang sosial budaya, termasuk bidang sepak bola, kerja sama di bidang ekonomi, dan perikanan.

Penulis: Dimas Ramadhan.

Terus Ikuti berita terbaru tentang sepak bola dan olahraga lain di INDOSPORT.