x

Profil Negara Asian Games 2018: Turkmenistan

Kamis, 16 Agustus 2018 13:16 WIB
Editor: Lanjar Wiratri
Turkmenistan Asian Games 2018.

INDOSPORT.COM - Tampil perdana pada 1994 di Hiroshima, Jepang, Turkmenistan bukanlah negara sembarangan yang berlaga di Asian Games. Dari 6 keikutsertaannya itu, Turkmenistan sukses menggondol total 20 medali di mana tiga medali di antaranya adalah medali emas.

Sedangkan sisanya adalah tujuh medali perak, dan 10 medali perunggu. Medali emas pertama bahkan berhasil didapatkan saat edisi pertamanya, saat itu atlet angkat besi mereka, Altymyrat Orazdurdyýew, meraih medali emas di nomor 76kg.

Baca Juga

Di tahun yang sama, selain satu emas, Turkmenistan juga sukses mengumpulkan 3 medali perak dan 3 medali perunggu. Raihan 7 medali dikeikutsertaannya yang pertama kali merupakan sebuah kesuksesan.

Sementara dua medali emas lainnya diraih Turkmenistan pada tahun 1998 di Bangkok, Thailand dan 2002 di Busan, Korea. Namun setelah itu, Turkmenistan masih belum berhasil kembali menambah pundi-pundi emasnya di Asian Games.


1. Cabor Unggulan

Logo Asian Games 2018.

Sepanjang keikutsertaannya, Turkmenistan memiliki cukup banyak cabang olahraga yang mendapatkan berhasil mendapatkan medali. Salah satu cabang olahraga yang menjadi andalan Turkmenistan untuk meraih medali ialah judo.

Judo memang belum menyumbangkan satu medali emas, namun salah satu olahraga beladiri itu telah memberikan 2 medali perak dan 2 medali perunggu selama perhelatan Asian Games.

Terbaru bahkan pada edisi yang lalu di Incheon, Korea Selatan, Judo menyumbangkan satu medali perak bagi Turkmenistan dan menjadi satu-satunya perak yang didapat selain perunggu.


2. Atlet Bintang

Atlet Judo Turkmeninstan, Gulbadam Babamuratova (kiri).

Satu medali perak dari cabang olahraga Judo yang diraih Turkmenistan di Asian Games 2014 itu atas nama Gulbadam Babamuratova.

Gulbadam memang salah satu atlet ternama sekaligus andalan Turkmenistan di Judo. Dirinya di ajang tur dunia Judo sejak 2014 hingga kini berhasil meraih dua medali emas, satu media perak, dan tiga medali perunggu.

Baca Juga

Terbaru, di tahun 2018 ini Gulbadam telah mengikuti tiga tur dunia Judo dan hasilnya adalah dua di antaranya mendapatkan medali perunggu.

Terus Ikuti Berita Olahraga, sepak bola, dan Serba-serbi Asian Games 2018 di INDOSPORT.

Asian Games 2018Turkmenistan

Berita Terkini