x

Lomba Tarik Tambang: Refleksi Perlawanan Terhadap Penjajah

Jumat, 17 Agustus 2018 15:00 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
Lomba tarik tambang.

INDOSPORT.COM - Tarik tambang menjadi olahraga tradisional yang erat kaitannya dengan sejarah. Tarik tambang juga menjadi simbol perlawanan terhadap penjajah. 

Tarik tambang menjadi salah satu permainan tradisional yang tetap populer hingga kini. Tarik tambang hampir selalu menghiasai perlombaan yang ada saat perayaan HUT RI di seluruh wilayah Tanah Air. 

Berbeda dengan makan kerupuk atau memasukkan belut ke dalam botol yang dimainkan secara perorangan, tarik tembah membutuhkan dua tim untuk saling adu kekuatan. 

Dengan seutas tali tambang, kedua tim dipisahkan sebuah garis dan saling tarik-menarik hingga salah satu tim melewati garis pembatas dan dinyatakan kalah. 

Baca Juga

Suasana meriah kerap tercipta diselingi gelak tawa penonton yang menyaksikan, menjadi pemandangan yang kerap dijumpai saat lomba tarik tambang. Namun di balik itu semua, tersimpan sebuah cerita tentang perjuangan rakyat Indonesia pada masa penjajahan. 


1. Simbol Perlawanan

Ilsutrasi lomba tarik tambang.

Meski menurut cerita rakyat tarik tambang berasal dari India, namun olahraga tradisional tarik tambang sudah populer di Indonesia sejak masa penjajahan. 

Saat zaman penjajahan banyak orang Indonesia yang terpaksa harus melakukan pekerjaan berat seperti memindahkan batu, pasir, dan lainnya. Saat itu, para pekerja menggunakan tali tambang yang ditarik secara bersama-sama untuk mengangkat batu dan yang lainnya. 

Karena tidak adanya hiburan bagi para pekerja pada zaman itu, para pekerja pun menjadikan tarik tambang sebagai hiburan dan ajang untuk adu kekuatan. 

Lama kelamaan tarik tambang kian populer dan menjadi simbol perlawanan terhadap penjajah, dan hingga kini dimainkan di berbagai daerah di Indonesia, serta menjadi salah satu olahraga tradisional. 

Baca Juga

2. Manfaat Tarik Tambang

Lomba tarik tambang.

Selain bermanfaat untuk tubuh karena aktifitas fisik yang dilakukan, tarik tambang juga bisa melatih ketangkasan para anggota tim. 

Tarik tambang yang dimainkan secara beregu dapat melatih kekompakan sebuah tim. Selain itu, tarik tambang juga mengajarkan orang-orang untuk menyusun strategi yang baik dalam mengalahkan lawan namun tetap berlaku sportif. 

Dengan tim yang kompak dan strategi yang bagus, sebuah tim bisa memenangkan perlombaan tarik tambang. 

Ikuti terus berita seputar sepak bola dan olahraga lain serta serba-serbi Asian Games 2018 hanya di INDOSPORT

HUT RIOlahraga Tradisional

Berita Terkini