x

Pembukaan Asian Games 2018 Akan Libatkan Sebanyak 8107 Personel Gabungan

Sabtu, 18 Agustus 2018 14:41 WIB
Penulis: Wahyu Septiana | Editor: Ivan Reinhard Manurung

INDOSPORT.COM – Pesta pembukaan olahraga paling bergengsi di Benua Asia, Asian Games 2018 akan berlangsung di kawasan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), pada Sabtu (18/08/18) malam.

Persiapan terus dilakukan oleh semua pihak jelang berlangsung pembukaan Asian Games 2018. Salah satunya yakni dilakukan oleh pihak keamanan.

Demi terciptanya situasi yang kondusif, Kaporli Jendral Tito Karnavian terus berkordinasi dengan jajarannya guna mengamankan acara pembukaan Asian Games 2018. Dirinya telah memerintah kepada anggotanya untuk fokus mengamankan area-area yang akan dipakai lokasi pembukaan Asian Games 2018.

Baca Juga

“Pagi ini Panglima (Marsekal Hadi Tjahjanto) dan saya sebagai Kapolri melakukan pengecekan terakhir untuk pembukaan Asian Games malam ini,” kata Tito Karnavian dalam konferensi pers di Main Press Center (MPC), GBK, Jakarta.

Menurut Tito, personel gabungan yang akan diterjunkan untuk mengamankan acara pembukaan Asian Games 2018 kurang lebih sebanyak delapan ribu orang. Itu tergabung dari beberapa instansi seperti TNI, Porli dan lain-lainnya.

“8107 personel gabungan baik dari TNI, Polri dan lainnya akan bertugas di seputaran area GBK untuk pengamanan pembukaan Asian Games,” sambungnya.


1. Penjagaan Ketat

Kapolri Tito Karnavian.

Di acara pembukaan Asian Games 2018,  Tito menjelaskan jika akan menerapkan penjagaan ketat. Hal itu bertujuan untuk mengamankan dan mengantisipasi pebuatan yang tak diinginkan diacara pembukaan Asian Games 2018.

“Untuk pengamanan di GBK kami membagi menjadi empat ring, ring pertama di dalam GBK dijaga khusus oleh TNI dalam hal ini Paspampres, karena banyak tamu VVIP seperti Presiden. Kemudian ring dua di area lari GBK, ring tiga seputran area GBK dan ring empat bagian luar GBK,” papar Tito.

Baca Juga

Lebih lanjut, Tito menilai jika pihaknya akan menggunakan beberapa pengamanan disetiap ringnya. Dirinya menghimbau kepada para tamu yang hadir untuk tidak membawa barang-barang yang membahayakan.

“Akan ada pengamanan body check, ada beberapa larangan yang tidak boleh masuk seperti senjata tajam atau api, laser, pointer dan benda mencurigakan lainnya. Kami akan cek di ring tiga, kemudian hingga ring dua,” pungkasnya.

Ikuti terus berita seputar sepak bola dan olahraga lain serta serba-serbi Asian Games 2018 hanya di INDOSPORT. 

IndonesiaAsian GamesAsian Games 2018KapolriTNIPolriPolisiTito KarnavianSerba Serbi Asian Games 2018

Berita Terkini