x

3 Pemain Timnas U-23 yang Kerap 'Meledak' Saat vs Hong Kong

Selasa, 21 Agustus 2018 14:23 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Starting Eleven Timnas Indonesia U-23 kala bersua Laos U-23.

INDOSPORT.COM - Timnas sepak bola Indonesia U-23 berhasil meraih kemenangan 3-1 atas Hongkong U-23 dalam laga terakhir penyisihan Grup A Asian Games 2018, di Stadion Patriot Chandrabhaga, Senin (20/08/18) kemarin.

Tiga gol kemenangan Pasukan Garuda dicetak oleh Irfan Jaya (39'), Stefano Lilipaly (85') dan Sjahbandi Hanif (90'). Sementara, gol semata wayang Hongkong dibukukan oleh sang kapten, Hok Ming Lau.

Baca Juga

Berkat hasil ini, Indonesia berhak lolos ke babak selanjutnya dengan status juara grup A Asian Games 2018. Pada babak 16 besar Asian Games 2018, Indonesia akan bersua Uni Emirat Arab yang menjadi peringkat tiga terbaik dari Grup C.

Membahas laga kontra Hong Kong semalam, ada satu 'blunder' yang kerap dilakukan pemain Indonesia dan sangat merugikan tim, yakni soal ketenangan emosi.

Ya, beberapa pemain Indonesia kerap terpancing emosinya sehingga terlibat keributan dengan pemain lawan. 


1. Hansamu Yama Pranata

Kapten Timnas Indonesia U-23 di Asian Games 2018, Hansamu Yama

Bertindak sebagai kapten, Hansamu Yama Pranata malah kerap tersulut emosinya pada laga kontra Hongkong semalam. Ia pun beberapa kali terlibat keributan dengan pemain lawan, bahkan sampai diganjar katu kuning oleh sang pengadil lapangan.

Keributan pertama terjadi pada menit ke-28 setelah rekannya, Febri Hariyadi dihukum kartu kuning oleh wasit. Hansamu yang merasa tak terima dengan keputusan tersebut, mencoba membela Febri hin beradu mulut dengan pemain Hongkong.

Keributan berikutnya terjadi pada penghujung babak pertama. Hansamu nampak menyikut pemain Hongkong hingga terjatuh.

Sang pemain Hongkong pun melakukan protes kepada wasit. Hansamu lalu membela diri dan sempat terlibat keributan dengan beberapa pemain lawan.

Wasit akhirnya menilai sikutan Hansamu sebagai pelanggaran. Hasilnya, Hansamu harus terkena peringatan dengan ganjaran kartu kuning.


2. Stefano Lilipaly

Stefano Lilipaly mengontrol bola dalam laga Indonesia vs Palestina.

Sikutan Hansamu kepada pemain Hongkong, sempat menimbulkan keributan di penghujung babak pertama. Salah satu pemain Indonesia yang bereaksi cukup keras kala itu ialah Stefano Lilipaly.

Lilipaly merasa hukuman kartu kuning yang diberikan wasit kepada Hansamu bukan sebuah keputusan yang tepat. Lilipaly kemudian mencoba memperdebatkan hal itu dengan wasit.

Namun, usaha itu sia-sia. Bukannya malah meringankan, Lilipaly malah turut diganjar kartu kuning oleh sang pengadil lapangan.


3. I Putu Gede

I Putu Gede Juni Antara dalam jumpa pers Timnas U-22 vs Persija Jakarta.

Menjelang akhir babak pertama, skuat Hongkong mendapat kesempatan serangan balik. Upaya Hongkong itu pun terhenti setelah Evan Dimas melakukan tekel yang berbuah pelanggaran.

Wasit sudah meniup peluitnya, tapi I Putu Gede dan pemain Hongkong lainnya masih berupaya mengejar bola. Entah apa yang terjadi, I Putu Gede kemudian malah terlibat cekcok dengan pemain Hongkong tadi.

Baca Juga

Bahkan, cekcok tersebut sempat dihiasi aksi saling dorong. Wasit yang melihat kejadian itu lantas memberikan kartu kuning untuk I Putu Gede.

Ikuti Terus Berita Asian Games 2018 Hanya di INDOSPORT

Indonesia U-23Asian Games 2018Stefano LilipalyTimnas Indonesia U-23Timnas IndonesiaIrfan Jaya

Berita Terkini