x

3 Catatan Gemilang Kontingen Indonesia di Asian Games 2018

Minggu, 2 September 2018 14:12 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie, menyabet medali emas nomor perseorangan cabang olahraga bulu tangkis Asian Games 2018. Dalam partai final di Istora Senayan, Jakarta.

INDOSPORT.COM - Semarak gelaran Asian Games 2018 akan segera berakhir. Acara closing ceremony atau penutupan Asian Games 2018 pun sudah dipersiapkan, dan bakal dilangsungkan pada hari Minggu (02/09/18) malam nanti.

Indonesia sebagai tuan rumah, terbilang sukses dalam menyelenggarakan Asian Games. Bahkan, pujian datang langsung dari Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC), Thomas Bach.

"Saya akan memberikan selamat kepadanya (Presiden Indonesia, Joko Widodo) atas kesuksesan Asian Games," ujar Bach.

Baca Juga

Bukan hanya sukses sebagai tuan rumah, kontingen Indonesia yang berlaga di Asian Games 2018 juga memperoleh catatan gemilang. Buktinya, kontingen Indonesia mampu menempati urutan keempat di klasemen akhir dengan torehan 98 medali.

INDOSPORT mencoba membahas beberapa catatan gemilang kontingen Indonesia di Asian Games 2018 ke dalam rangkuman berikut ini. Simak ulasannya.


1. Melampaui Target

Presiden Joko Widodo mengangkat kedua jempol untuk Lindswell Kwok sabet medali emas Asian Games 2018.

Para atlet Indonesia nampaknya telah berjuang sungguh-sungguh dalam berlaga di gelaran Asian Games 2018. Buktinya, torehan medali kontingen Indonesia mampu melampaui target yang diberikan pemerintah.

Baca Juga

Ya, kontingen Indonesia awalnya ditargetkan pemerintah untuk meraih 16 medali emas. Namun, torehan kontingen Indonesia ternyata jauh melampaui target, yakni 31 medali emas.


2. Negara Terbaik di Asia Tenggara

Kevin Sanjaya/Marcus Gideon saat merayakan kemenangan.

Torehan medali kontingen Indonesia di Asian Games 2018 menciptakan rekor tersendiri. Indonesia sukses mematenkan diri sebagai negara Asia Tenggara dengan torehan medali emas terbanyak sepanjang sejarah Asian Games.

Rekor sebelumnya dipegang oleh Thailand pada Asian Games 1998. Kala itu, Thailand mampu mengoleksi 24 medali emas.

Baca Juga

Namun, kini rekor tersebut telah dipatahkan kontingen Indonesia. Ya, pada gelaran Asian Games 2018 Indonesia sukses memperoleh 31 medali emas.


3. Pencak Silat Berjaya

Pesilat Indonesia, Amri Rusdana (sabuk biru) melawan Pesilat Uzbekistan, Nurulla Saidov pada babak 16 besar Kelas F Putra 70kg-75kg di Padepokan Pencak Silat TMII, Rabu (23/08/18). Amri menang 5-0 atas lawannya.

Cabang olahraga pencak silat baru pertama kali dipertandingkan di pesta olahraga terbesar Asia pada Asian Games 2018 ini. Menjalani debutnya, cabor pencak silat langsung memberikan sukses besar bagi kontingen Indonesia.

Baca Juga

Ya, atlet-atlet Indonesia dari cabor pencak silat mampu menyumbangkan total 14 medali emas. Angka ini hampir separuh dari total medali emas yang diraih Indonesia.

Ikuti Terus Berita Olahraga dan Asian Games 2018 hanya di INDOSPORT

Asian Games 2018Joko WidodoInternational Olympic Committee (IOC)Thomas Bach

Berita Terkini