x

8 Rekor Tercipta untuk Indonesia di Asian Games 2018

Minggu, 2 September 2018 14:20 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
LOGO ASIAN GAMES 2018.

INDOSPORT.COM - Asian Games 2018 telah memasuki hari terakhir. Klasemen medali pun telah dikunci di mana China keluar sebagai pemenang dengan raihan 132 emas, 92 perak, dan 65 perunggu. 

Sementara itu Indonesia sukses berada peringkat keempat dengan raihan 31 emas, 24 perak, dan 43 perunggu. 

Baca Juga

Perolehan medali Indonesia di Asian Games 2018 ini pun telah menghasilkan banyak rekor-rekor baru. Setidaknya ada 8 catatan rekor baru yang dibuat Indonesia di Asian Games kali ini. Apa saja itu?


1. 1. Medali Terbanyak Indonesia

Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie, menyabet medali emas nomor perseorangan cabang olahraga bulu tangkis Asian Games 2018. Dalam partai final di Istora Senayan, Jakarta.

Perolehan medali Indonesia di Asian Games 2018 telah menciptakan sejumlah rekor. Pertama, perolehan sebanyak 31 emas, 24 perak, dan 43 perunggu menjadi rekor medali terbanyak Indonesia sepanjang keikutsertaanya di Asian Games sejak edisi pertama tahun 1951 di India.

Sebelumnya, rekor medali emas dan keseluruhan medali terbanyak yang dimiliki Indonesia ada di Asian Games 1962, di mana saat itu Indonesia juga bertindak sebagai tuan rumah. Kala itu Indonesia meraih 11 emas, 12 perak, dan 28 perunggu. 

Rekor kedua, total 31 medali emas yang diraih Indonesia di Asian Games 2018 tercatat menjadi raihan medali emas terbanyak bagi negara Asia Tenggara di sepanjang sejarah Asian Games. 


2. 2. Taekwondo, Sepeda Gunung, Angkat Besi

Defia Rosmaniar sumbangkan emas pertama untuk Indonesia.

Taekwondo

Indonesia untuk pertama kalinya di Asian Games meraih medali emas dari cabang Taekwondo. Rekor ini diciptakan Indonesia melalui atletnya Defia Rosmaniar. 

Defia berhasil menyumbang emas di nomor poomsae usai mengalahkan atlet Iran, Marjan Salahshouri

Sepeda Gunung

Rekor prestasi tertinggi Indonesia untuk cabang Sepeda Gunung berhasil dipecahkan oleh dua atlet Indonesia, yaitu Tiara Andini Prastika dan Khoiful Mukhib. 

Tiara Andini Prastika berhasil menjadi yang tercepat di nomor downhill putri usai mencatatkan waktu tercepat dengan 2 menit, 33.056 detik. 

Sementara Khoiful Mukhib menjadi yang tercepat di nomor downhill putra usai meraih catatan waktu 2 menit 16.687 detik. 

Angkat Besi

Indonesia kembali mencatatkan sejarah di cabor Angkat Besi di mana atlet andalan kita, Eko Yuli Irawan, menjadi yang terbaik di kelas 62 kg dengan total angkatan seberat 311 kg. Eko menyisihkan lifter Vietnam dan Uzbekistan. 


3. 3. Paralayang, Panjat Tebing

Tim cabor panjat tebing pria atau wanita sabet medali emas di Asian Games 2018.

Paralayang 

Di cabor Paralayang, Indonesia untuk pertama kalinya memperoleh medali emas di Asian Games 2018. Rekor terbaru ini tercipta usai tim putra paralayang Indonesia menjadi yang terbaik di nomor ketepatan tim (men's team accuracy). 

Panjat Tebing

Atlet Panjat Tebing Indonesia menjadi salah satu sorotan utama usai berhasil menyumbang tiga medali emas. 

Medali emas di cabang panjat tebing Asian Games 2018 menjadi yang pertama kali bagi Indonesia di sepanjang sejarah Asian Games. 

Ketiga medali tersebut berhasil disumbangkan dari nomor speed relay putra maupun putri, serta speed perorangan putri. 


4. 4. Pencak Silat, Sepaktakraw

Sidan Wilantari dan Ni Made Dwiyanti sumbang medali emas di cabor Pencak Silat Asian Games 2018.

Pencak Silat

Untuk pertama kalinya pencak silat diikutsertakan sebagai cabang olahraga Asian Games, dan untuk pertama kalinya pula Indonesia langsung menyapu bersih medali emas di cabang bela diri ini. 

Sebanyak 14 medali emas berhasil Indonesia raih dari cabang pencak silat. Ini merupakan rekor baru bagi Indonesia maupun di sejarah Asian Games. 

Sepaktakraw

Catatan baru lainnya yang berhasil diciptakan Indonesia di Asian Games kali ini adalah untuk pertama kalinya Tim Merah Putih berhasil meraih medali emas di cabang olahraga Sepaktakraw. 

Baca Juga

Satu medali emas Indonesia di cabor Sepaktakraw berhasil diraih dari nomor Quadrant putra.

Ikuti terus berita seputar sepak bola dan olahraga lain serta serba-serbi Asian Games 2018 hanya di INDOSPORT.

Asian Games 2018Medali Asian Games 2018

Berita Terkini