x

3 Faktor Utama Indonesia Layak Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032

Senin, 3 September 2018 11:40 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
Thomas Bach dan Erick Thohir.

INDOSPORT.COM - Indonesia baru saja selesai menggelar Asian Games 2018, yang sudah resmi berakhir pada Minggu (02/09/18) kemarin. Terbilang sukses, Indonesia pun disebut-sebut layak menjadi tuan rumah Olimpiade 2032.

Hal tersebut pun diungkapkan oleh Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC), Thomas Bach yang mengaku senang dengan lancarnya Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang.

Thomas Bach bahkan mengatakan dirinya berharap kesuksesan Asian Games 2018 bisa diikuti dengan penyelenggaraan turnamen olahraga yang lebih besar, seperti Olimpiade.

Baca Juga

Dengan komentar seperti itu, ditambah keyakinan dari Presiden Joko Widodo bahwa kita sudah siap jadi tuan rumah Olimpiade 2032, menurut para pembaca, apakah kita benar-benar mampu?

Berikut INDOSPORT coba rangkum sedikitnya 3 faktor utama Indonesia layak jadi tuan rumah Olimpiade 2032.


1. Kehadiran Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC)

Presiden International Olympic Committee (IOC), Thomas Bach.

Seperti yang sudah diberitakan oleh berbagai media, Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC), Thomas Bach sempat menarik perhatian banyak pihak, bahkan sampai media asing.

Dilansir dari Insidethegames.biz, Ketua Indonesia Asian Games Organizing Committee (INASGOC), Erick Thohir mengungkapkan bahwa Indonesia mendapat kesempatan untuk mengajukan diri sebagai calon tuan rumah Olimpiade 2032.

Baca Juga

Bahkan, kedatangan Presiden IOC tersebut ke closing ceremony Asian Games 2018, kemarin malam, disebut-sebut sebagai salah satu pertimbangan apakah Indonesia layak untuk jadi tuan rumah Olimpiade.


2. Jatah Negara Asia

Jepang akan menggelar Olimpiade pada tahun 2020 mendatang di kota Tokyo.

Tanda kedua adalah jatah negara-negara di benua Asia untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 mendatang. Negara-negara besar seperti Jepang, Korea Selatan atau Tiongkok tidak akan bisa maju dalam pencalonan tuan rumah.

Pasalnya, Tiongkok, Korea Selatan dan Jepang sudah pernah menjadi tuan rumah turnamen olahraga terbesar di dunia itu. Seperti Beijing pada tahun 2008, Jepang tahun 2020 mendatang dan Korsel juga pernah tahun 1988 silam.

Presiden IOC juga mengungkapkan keinginannya agar Olimpiade dapat digelar di Asia Tenggara. Dan dirinya secara jelas menyebut Indonesia cukup layak untuk jadi tuan rumah.

Baca Juga

"Oleh karena itu, saya bisa membayangkan menggelar Olimpiade di Asia Tenggara. Untuk itu, saya kira Indonesia adalah salah satu tempat dan negara terbaik untuk melakukannya," jelas Bach.


3. Antusiasme Masyarakat Indonesia

Ekspresi suporter Indonesia kala mendukung Timnas U-23 melawan Palestina.

Indonesia patut optimis saat mencalonkan diri sebagai tuan rumah Olimpiade 2032. Pasalnya, dengan sederet komentar dari Presiden IOC, nampaknya dia mulai memperhitungkan Indonesia sebagai calon tuan rumah yang layak.

Seperti yang dikatakan oleh Bach kepada media besar Amerika Serikat, Associated Press. Dia menegaskan bahwa Indonesia telah membuat IOC tertarik karena antusiasme masyarakatnya pada olahraga.

Baca Juga

"Anda harus lihat antusiasme masyarakat Indonesia. Negara ini masih sangat muda, dan itulah yang membuat kami (IOC) tertarik," kata Bach.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola dan Olahraga Lain Serta Serba-serbi Olimpiade di INDOSPORT.COM

OlimpiadeJoko WidodoJokowiInternational Olympic Committee (IOC)Thomas BachOlimpiade 2032

Berita Terkini