x

5 Rekor Dunia yang Berhasil Dipecahkan pada Asian Games 2018

Senin, 3 September 2018 13:08 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
LOGO ASIAN GAMES 2018.

INDOSPORT.COM - Pagelaran Asian Games 2018 memang sangat tak terlupakan. Megahnya pembukaan ajang olahraga ini, hingga ketatnya pertandingan-pertandingan pagelaran ini, membuat kita terkagum-kagum. 

Tak ayal, beberapa rekor-rekor dunia ataupun Asian Games berhasil dipecahkan oleh para atlet yang bertanding, akibat sengitnya pertandingan-pertandingan yang tersaji pada pesta olahraga terbesar Asia ini. 

Tercatat ada enam rekor dunia, 14 rekor Asia, serta 11 rekor Nasional yang berhasil dicetak pada Asian Games 2018. Mulai dari rekor dunia di cabang olahraga (cabor) Panahan, hingga cabor mengejutkan tim Hoki India, berhasil diraih pada Asian Games 2014 ini.

Baca Juga

Berikut INDOSPORT coba merangkum 5 olahraga penghasil rekor dunia yang sukses dipecahkan oleh para atlet yang bertanding di Asian Games 2018.


1. Panahan

Atlet panahan Korsel, Kim Woo-jin meraih medali emas di Asian Games 2018

So Chaewon dan Choi Yonghee dari Korea Selatan, secara mengejutkan berhasil meraih skor 1412 pada cabor Panahan nomor 50 m Mixed Compound. Keberhasilan mereka, nyatanya mampu melewati torehan duo Belanda Jody Vermeulen dan Mike Schloesser yang terjadi di ajang World Archery Championshop pada bulan Juli lalu, di Berlin, Jerman.

Tak ayal, kedua atlet panahan ini tak mampu mengungkapkan rasa kegembiraannya saat mengetahui berhasil mengalahkan rekor dunia. Pasalnya, keduanya merasa nilai yang mereka peroleh tidaklah sebagus yang diharapkan.

"Saya tidak menyadari ini menjadi rekor dunia karena skor saya berada di bawah rata-rata tahun ini. Saya senang memiliki rekor lain, ini menjadi rekor ketiga," tutur Chaewon dilansir World Archery.

Baca Juga

Sedangkan, di nomor 70 m Mixed Recurve, kontingen Korea Selatan pun berhasil mencetak rekor dunia baru, setelah duo atletnya, Kang Chae Young dan Oh Jin Hyek mendapatkan skor 1364, unggul 21 angka dari rekor sebelumnya yang dicetak pada European Grand Prix Tangking Event 2018 oleh Anatasia Pavlova dan Markiyang Ivashko dari Ukraina.
 


2. Menembak

Atlet menembak Taiwan, Yang Kun-pi dalam Asian Games 2018.

Atlet menembak Taiwan, Yang Kun-pi berhasil meraih medali emas pada nomor Men's Trap Shooting di Asian Games 2018. Penembak 20 tahun ini berhasil mengalahkan atlet asal India, Lakshay dan penembak asal Korea Selatan Daemyeong Anh dengan total skor 48.

Keberhasilnnya ini pun diikuti dengan raihan positif lainnya. Dengan total nilai 48, Kun-pi berhasil menyamakan rekor dunia yang dimiliki Alberto Fernandez di World Cup Final (WCF) di New Delhi, India pada bulan Oktober 2017.

Baca Juga

Pada awalnya, ia hampir gagal melaju ke babak selanjutnya. Beruntung, ia berhasil bertengger di posisi keenam dengan perolehan 118 poin. Hanya berbeda satu angka dari penembak asal Lebanon, Alain Moussa.


3. Renang

Liu Xiang, perenang asal China yang mencetak rekor dunia sebagai perenang tercepat kategori gaya punggung 50m

Liu Xiang berhasil menjadi wanita pertama yang berhasil mencetak rekor dunia Women's 50 m Gaya Punggung dengan catatan waktu 26,98 detik. Sebelumnya, rekor ini dipegang oleh rekan senegaranya Zhao Jing dengan 27,06 detik pada tahun 2017 lalu.

Ia sendiri tak menyangka bisa melampaui rekor dunia pada nomor tersebut. Liu menuturkan, dirinya hanya berkonsentrasi pada penampilannya, dan tidak mendapat tekanan dari manapun.

"Saya tidak menyangka bisa memecahkan rekor dunia. Karena fokus saya adalah 50-Meter Freestyle," tuturnya dilansir Times of India.

Baca Juga

Walau berhasil meraih medali emas pada Asian Games 2018, dirinya hampir saja gagal, setelah rekan satu negaranya Fu Yuanhui berhasil mengancam. Beruntung, dirinya berhasil menyelesaikan pertandingan terlebih dahulu, dan unggul 0,70 detik dari sang rekan.
 


4. Angkat Berat

Sohrab Moradi, atlet angkat besi Iran di Asian Games 2018.

Secara mengejutkan Sohrab Moradi atlet asal Iran, berhasil mencetak rekor dunia sekaligus mengalahkan rekor Asian Games dengan torehan 410 kg di nomor Putra 94 kg. Sohrab, berhasil mengangkat 189 kg Snatch dan 221 pad Clean and Jerk.

Ia berhasil mengalahkan rekor Asian Games yang dimiliki oleh lifter Kazakhstan, Ahmetov yang berhasil menyetuh angka 400 kg.

"Saya sangat menginginkan mengalahkan rekor dunia. Saya tidak memiliki kesempatan pada terakhir kali dan ini adalah kesempatan terakhir saya," ucap Sohrab dilansir Samaatv.

Baca Juga

Dirinya sangat senang saat mengetahui namanya akan selalui diingat dalam rekor 94 kg. Kini, ia akan menaikkan kelasnya menjadi 96 kg, untuk World Championship dan Olimpik 2020 Tokyo.

"Target berikutnya adalah World Championships dan setelah itu Olimpiade Tokyo 2020," tutupnya


5. Hoki

Timnas hoki India di Asian Games 2018.

Yang terakhir, keberhasilan kontingen Hoki India yang mencetak 76 gol dari lima pertandingan di babak grup Asian Games 2018. Menariknya, India berhasil menjadi tim satu-satunya yang tak terkalahkan pada babak grup. 

Sayang, langkah mereka di pesta olahraga Asia ini, harus terhenti di tangan Malaysia setelah kalah dalam adu penalti 6-7. 
Ini menjadi rekor dunia terbaru dalam dunia hoki. Sebelumnya, Argentina berhasil mencetak 68 gol pada pagelaran Pan-American Games tahun 2004.

Baca Juga

Walau hanya meraih medali perunggu, tim hoki India menuai banyak pujian akibat rentetan hasil positif ini. Sang pelatih, Harendra Sigh mengatakan mental para pemain sangat berkembang dalam Asian Games 2018.

"Kami tidak mencetak gol, kami hanya bermain dengan kekuatan, yang artinya serangan," tutur sang pelatih dilansir Times of India.

Penulis: Ridi Fadhilah Khan

Terus Ikuti Berita Olahraga Asian Games 2018 Lainnya Hanya di INDOSPORT

IranKorea SelatanChinaAsian Games 2018IndiaAngkat BesiMenembakTRIVIASerba Serbi Asian Games 2018Listicle Asian Games 2018

Berita Terkini