x

Setyo Budi Hartanto, Atlet Penyuka Sayur Andalan Indonesia di Asian Para Games 2018

Jumat, 7 September 2018 12:14 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala

INDOSPORT.COM - Berbicara sosok inspiratif di Asian Games 2018 tak akan ada habisnya. Nama-nama seperti Lalu Muhammad Zohri, Jafro Megawanto, dan Aries Susanti Rahayu adalah beberapa di antaranya. 

Mereka mampu membuktikan, dengan berbagai keterbatasan, namun tetap dapat mengukir prestasi bagi Indonesia di kancah internasional. 

Berbicara atlet inspiratif dan berprestasi, di ajang Asian Para Games 2018 mendatang, Indonesia juga punya seorang atlet yang sangat inspiratif. Dia adalah Setyo Budi Hartanto, atlet lompat jauh yang menjadi harapan Indonesia untuk merebut medali emas di Asian Para Games 2018.

Baca Juga

Hanya memiliki satu tangan sejak lahir, tak membuatnya meratapi hidup dan berputus asa. Namun ia mampu membuktikan bahwa penyandang disabilitas juga mampu berpestasi di bidang olahraga. 


1. Profil Singkat

Obor dan lentera Asian Para Games 2018.

Setyo Budi Hartanto dilahirkan di Temanggung, Jawa Tengah, pada 6 Mei 1986 atau kini berusia 32 tahun. Setyo yang lahir dengan tangan kiri tidak sempurna mulai menancapkan prestasi di bidang olahraga pada tahun 2004. 

Saat itu, Setyo mengikuti Pekan Olahraga Paralynpic Nasional (Perpanas) di Palembang dan meraih medali emas dari cabor atletik nomor lompat jauh. 

Selanjutnya nama Setyo menjadi langganan NPC Indonesia di berbagai kejuaraan internasional. Turnamen seperti FESPIC 2006, ASEAN Para Games 2005 hingga 2017 medali emas dan perak sudah ia persembahkan. 

Baca Juga

Dan kini targetnya adalah meraih medali emas bagi Indonesia di Asian Para Games 2018. 

"Di Asian Para Games 2010 saya mendapat perunggu, di Asian Para Games 2014 saya juga mendapat perunggu, Insya Allah di Asian Para Games 2018 saya bisa meraih medali yang lebih tinggi," ujar Setyo. 

Terus Ikuti Berita Olahraga Asian Games 2018 Lainnya Hanya di INDOSPORT
 


2. Hobi Otomotif dan Makan Sayur

Asian Para Games 2018.

Meski menjadi seorang atlet lompat jauh, ternyata Setyo memiliki hobi yang sama sekali berbeda dengan olahraga yang digelutinya itu. Setyo ternyata memiliki hobi otomotif. 

"Saya hobi otomotif, saya senang lihat-lihat kendaraan, kalau ada pameran otomotif saya juga suka datang," kata Setyo kepada INDOSPORT

Jika hobinya sangat bertolak belakang dengan bidang olahraga yang ia geluti, khusus untuk makanan Setyo memiliki makanan dan minuman favorit yang justru sangat membantunya sebagai atlet.

Baca Juga

"Saya lebih suka sayur-sayuran mas, saya juga suka susu coklat. Selain saya suka, susu juga bisa membantu mengembalikan stamina seusai latihan atau bertanding," katanya sambil tersenyum.

Asian Para GamesProfil Atlet dan FotoLompat JauhAsian Para Games 2018profil

Berita Terkini