x

3 Hal Menarik di Acara Puncak Hari Olahraga Nasional 2018

Minggu, 9 September 2018 09:07 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
Hari Olahraga Masional

INDOSPORT.COM - Sejak tahun 1948, Indonesia merayakan Hari Olahraga Nasional atau Haornas. Setiap tahunnya, demi memberikan acara yang menghibur masyarakat, dipilihlah tempat dan tema yang berbeda-beda. Seperti tahun 2017, Magelang yang kala itu menjadi tuan rumah Haornas, mengusung tema 'Olahraga Menyatukan Kita'.

Setahun berselang, giliran Ternate yang dipilih untuk menjadi tuan rumah Haornas, mulai dari tanggal 7 September, hingga puncaknya 9 September. Tahun ini, temanya adalah "Ayo Olahraga Bangun Indonesia".

Baca Juga

Demi memberikan acara yang menghibur dan menarik, tak ayal para panita Haornas akan bekerja keras untuk mensukseskan ajang tahunan ini. Berbagai hal-hal yang menarik telah disiapkan oleh pihak panitia. 

Maka dari itu, INDOSPORT telah merangkum tiga hal yang akan menarik perhatian di Puncak Hari Olahraga Nasional 2018.


1. Tarian Sakral Ternate

Tarian Soya-soya khas Ternate.

Menurut Ibrahim Yulianto, selaku sutradara dari acara Haornas 2018, para penonton akan disugguhi berbagai tarian-tarian yang kental akan kebudayaan nasional. Salah satunya, adalah tarian soya-soya yang merupakan tarian sakral dari tanah Ternate.

Nantinya, ada 12 ribu siswa dari seluruh Ternate yang akan menarikan tarian soya soya ini. Tak hanya itu saja, tarian tersebut akan dipadukan dengan musik-musik kontemporer yang dapat membuat anak-anak senang dan bersemangat.

Baca Juga

Sedikitnya, selain 12 ribu siswa tersebut, puncak Haornas 2018 akan menghadirkan 800 penari, 100 paduan suara, dan 100 orang pembawa bendera Merah Putih yang ditemani oleh 45 paskibraka Ternate.
 


2. Dimeriahkan Via Vallen

Via Vallen saat membawakan lagu.

Sepanjang pagelaran Asian Games 2018 kemarin, nama penyanyi dangdut Via Vallen berhasil menjadi buah bibir masyarakat, berkat kesuksesannya menyanyikan lagu resmi Asian Games 2018 dan memberikan warna tersendiri dalam ajang pesta olahraga terbesar se-Asia ini.

Tak ayal, pada puncak Haornas 2018, pihak panitia tak ragu mengundang penyanyi 26 tahun tersebut. Hal ini dikonfirmasi langsung oleh Kepala  Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Ternate, Sukarjan Hirto.

Baca Juga

"Artis yang memastikan tampil dalam pelaksanaan Haornas, di antaranya Via Vallen, Cakra Khan, dan Yoppi Latul," tuturnya dilansir Antara.


3. Api Obor Asian Para Games 2018

Selebritas Indonesia, Bertrand Antolin pembawa boro Asian Paragames 2018.

Mulai dari tanggal 6 Oktober hingga 13 Oktober 2018, Asian Para Games 2018 akan memulai perjalannnya. Sama seperti Asian Games, Para Game turut menghadirkan torch relay demi menyemarakan pesta olahraga untuk penyadang disabilitas ini.

Kini, obor api Para Game tengah berada di Kota Ternate. Hal ini, dilakukan demi memeriahkan pesta puncak Haornas 2018 yang diselenggarakan di Ibukota Maluku Utara ini.

Baca Juga

Waki Ketua penyelenggara INAPGOC Raden Isnanta, menuturkan kehadiran obor api Asian Para Games di Ternate akan memberikan support bagi atlet-atlet disabilitas yang akan bertanding sebentar lagi.

"Ternate dan sekitarnya akan memberikan support dan spirit yang kuat seuai semangat api untuk mendukung, mendoakan dan ikut turut serta menyukseskan hajatan tingkat Asia, yaitu Asian Para Games 2018 di Jakarta," tuturnya dilansir Detik.com.

Penulis: Ridi Fadhilah Khan

Ikuti Terus Berita Sepak Bola dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM

Hari Olahraga NasionalMulti-EventVia VallenTRIVIA

Berita Terkini