x

6 Gerakan Olahraga yang Bisa Dilakukan di Kursi Kantor

Selasa, 18 September 2018 17:09 WIB
Penulis: Shintya Maharani | Editor: Arum Kusuma Dewi

INDOSPORT.COM – Duduk di kursi dalam waktu yang lama karena padatnya kesibukan di kantor, tentu akan membuat tubuh Anda menjadi kaku dan sakit. Jika situasi sudah seperti ini, maka ini merupakan sinyal bahwa tubuh anda membutuhkan olahraga.

Baca Juga

Namun, dengan jadwal yang padat pasti tidak memungkinkan Anda untuk berolahraga di gym ataupun hanya sekedar melakukan work out di rumah. Berikut INDOSPORT rangkum 6 gerakan olahraga yang biasa dilakukan di kursi kantor.


1. Yoga

Melakukan gerakan yoga di kursi kantor.

Yoga merupakan olahraga yang mengoordinasikan antara fisik, mental dan spiritual untuk mencapai sistem kesehatan yang menyeluruh. Tujuan dari Yoga sendiri adalah untuk meningkatkan konsentrasi dan menyeimbangkan pikiran.

Untuk melakukan yoga di kursi kantor, Anda bisa menggerakkan kedua lengan ke samping, lalu sejajarkan kedua tangan di atas dan perlahan bawa tangan persis di depan dada.

Lakukan itu secara berulang. Sembari melakukan gerakan di atas jangan lupa untuk mengatur napas agar bisa lebih rileks dan konsentrasi.


2. Menggoyangkan Kepala

Menggerakkan kepala pada saat kerja agar lebih rileks.

Simpel tapi berguna. Berjam-jam harus duduk tegak karena pekerjaan di komputer membuat bagian dari leher ke atas menjadi kaku. Hal ini bisa Anda atasi dengan olahraga menggoyangkan kepala.

Untuk gerakan ini, Anda bisa melakukannya dengan cara menengok ke kanan dan kiri secara beraturan sebanyak 10 kali. Bisa juga dengan cara menggoyangkan kepala Anda searah dengan jarum jam.


3. Memutar Bahu

Melatih bahu.

Untuk menjaga area bahu dan tangan Anda supaya tidak tegang, Anda bisa melakukan gerakan menggoyangkan bahu. Tarik napas dalam-dalam, lalu pegang bahu Anda dengan tangan.

Lakukan itu sekitar 10 kali, putar searah jarum jam 5 kali dan lakukan secara berlawanan arah 5 kali.


4. Push Up Meja

Melakukan push up di meja kantor.

Ternyata gerakan push-up bukan hanya bisa dilakukan di lantai, tapi bisa juga di meja kantor. Pertama, berdiri depan meja secara tegak. Lalu, pegang ujung meja sebagai tumpuan dan rentangkan sejajar dengan bahu, rapatkan kaki, gerakkan tubuh ke arah meja seperti gerakan push up.

Lakukan ini sampai tubuh Anda merasa lebih rileks. 


5. Menggerakkan Tangan

Menggerakkan tangan ketika bekerja akan menghindari rasa tegang dan kaku pada tangan

Olahraga ini cocok untuk Anda yang mengetik seharian. Melakukan pekerjaan mengetik seharian pasti akan membuat lengan dan tangan Anda pegal. Untuk menghindari hal tersebut, maka lakukan gerakan ini.

Luruskan tangan kanan Anda ke arah kiri, lalu pegang sikut menggunakan tangan kiri. Selanjutnya, luruskan tangan kiri Anda ke arah kanan, dan lakukan hal yang sama seperti yang sebelumnya. Hitung hingga 5-10 detik. 

Terus Ikuti Berita Olahraga di INDOSPORT
YogaSenam

Berita Terkini