x

4 Tips untuk Membuat Olahraga Jadi Menyenangkan

Rabu, 26 September 2018 19:55 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Arum Kusuma Dewi
Tips agar olahraga lebih menyenangkan

INDOSPORT.com – Anda bisa menjadikan olahraga bukan beban dalam aktivitas sehari-hari dengan menerapkan 4 saran ilmiah berikut ini.

Tetap bugar adalah keinginan semua orang, itulah mengapa banyak orang melakukan segala cara untuk bisa mempertahankan kondisi tubuh fit.

Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah berolahraga, dengan beragam manfaat kesehatan yang menyertainya.

Baca Juga

Olahraga bisa menurunkan risiko penyakit jantung, membantu mencegah beberapa jenis kanker, menurunkan risiko osteoporosis, mencegah kenaikan berat badan dan diabetes tipe 2, membantu Anda tidur lebih nyenyak, dan meningkatkan fungsi otot dan paru-paru.

Selain itu olahraga bisa menurunkan kecemasan dan mencegah depresi. Ketika berolahraga kita melepaskan endorphin, hormon stres tubuh, sehingga membuat kita nyaman, menurut penelitian. Jadi sebenarnya olahraga sebenarnya aktivitas yang menyenangkan.

Akan tetapi banyak orang menganggap olahraga adalah beban. Kurang dari lima persen orang dewasa melakukan setidaknya 30 menit aktivitas fisik setiap hari, menurut Dewan Presiden Kebugaran, Olahraga dan Nutrisi, dilansir Real Simple.

Sementara seharusnya orang terlibat 150 menit kardio per mingu, ditambah latihan kekuatan otot selama dua hari, meski hanya sepertiga dari kita yang benar-benar melakukannya.

Berikut ini terdapat empat cara untuk memulai menjalani olahraga sebagai rutinitas kebugaran Anda.


1. 1. Putar Musik Kesukaan

Latihan sambil mendengarkan musik agar lebih menyenangkan

Ketika Anda berjalan, berlari atau angkat beban, mendengarkan musik bisa membantu latihan tersebut dan membuat Anda berpikir bahwa aktivitas yang berat lebih mudah dari yang Anda pikirkan.

Musik, selain itu, bisa mengoordinasikan latihan Anda, kata Fabio Comana, instruktur fakultas di National Academy of Sports Medicine. Tempo musik juga memengaruhi cara Anda menyinkronkan latihan, selain itu mencerminkan jenis latihan yang Anda lakukan.

Baca Juga

Anda bisa mencari ketukan per menit (BPM) pada lagu apapun dan dengarkan atau ketuk irama menggunakan kalkulator BPM. Berikut ini panduan dasar kecepatan tempo saat latihan:

• Pemanasan: 100 hingga 110 denyut per menit

• Latihan kekuatan: 110 hingga 120 denyut per menit

• Latihan ketahanan, kecepatan, dan kelincahan: Lebih dari 120 denyut per menit

• Peregangan: 90 hingga 100 denyutan per menit

Meskipun musim bisa membantu latihan lebih menyenangkan, sebaiknya jangan tergantung pada musik untuk mengalihkan perhatian dari latihan. Perilaku ini bisa membuat Anda ketergantungan dengan musik, artinya jika tidak ada musik maka tidak ada alasan untuk berolahraga.


2. 2. Latihan di Luar Ruangan

Latihan di luar ruangan agar tidak bosan

Faktanya, jogging di tengah hutan lebih menyenangkan daripada berlari di atas treadmill. Berolahraga di luar ruangan dapat mengurangi perasaan tegang, marah, dan depresi, sebaliknya aktivitas ini membuat Anda lebih bersemangat.

Baca Juga

Tetapi Anda tidak perlu mendaki gunung tertinggi di dunia untuk mendapatkan manfaat dari latihan menyenangkan di luar ruangan. Satu jam mendaki bisaa membakar 530 kalori, berlari di luar ruangan bisa membakar 780 kalori per jam.


3. 3. Jadilah Cheerleader Diri Anda Sendiri

N'Golo Kante tampak bahagia bisa bersepeda di tengah huan

Cobalah untuk mendorong diri Anda sendiri masuk ke lingkungan orang-orang yang bisa membantu Anda mengintensifkan latihan.

Baca Juga

Menurut temuan terbaru, atlet akan tampil lebih baik dan tidak mudah lelah ketika mereka selalu bahagia daripada bersedih, dalam sebuah penelitian yang diterbitkan Frontiers in Human Neuroscience.

Misalnya ketika seorang atlet mengendarai sepeda, mereka akan menunjukkan wajah yang bahagia, di samping kata-kata penyemangat.


4. 4. Mencari Teman Latihan Bersama

Latihan bersama dengan teman agar olahraga menyenangkan

Latihan bersama orang lain membantu Anda berlatih lebih serius. Orang-orang lima kali lebih memungkinkan untuk berolahraga jika pasangan mereka juga melakukannya, menurut studi terbaru.

Latihan bersama bisa membangun hubungan persahabatan, kolaborasi akuntabilitas dan mungkin beberapa persaingan sehat.

Baca Juga

Teman, pasangan, sahabat bisa membantu Anda fokus pada rencana latihan. Terdapat kesinambungan keberhasilan olahraga bersama (rata-rata tingkat partisipasi 28 persen), dan peningkatan latihan kelompok kecil (hampir dua kali lipat sejak 2007).

Ikuti Terus Berita Olahraga dan Berita Sepak Bola Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM

OlahragaTips BugarTips dan Trik

Berita Terkini