x

3 Rekor Tercipta Jelang Asian Para Games 2018 di Jakarta

Senin, 1 Oktober 2018 07:26 WIB
Editor: Yohanes Ishak
Ketua Inapgoc, Raja Sapta Oktohari

INDOSPORT.COM - Indonesia menjadi tuan rumah ketiga perhelatan Asian Para Games 2018, setelah sebelumnya dilaksanakan di Guangzhou pada 2010 dan Incheon di tahun 2014 lalu.

Jelang bergulirnya pesta olahraga difabel terbesar se-Asia ini, INAPGOC telah melaksanakan pawai obor Asian Para Games 2018 sejak 9 Oktober lalu di Kota Ternate. Hari ini, Minggu (30/09/18) obor telah tiba di Jakarta dan disambut oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di Balai Kota Jakarta.

Ketua INAPGOC, Raja Sapta Oktohari pun dengan bangga menghadap Anies dan menyampaikan bahwa sebelum pembukaan Asian Para Games 2018, Indonesia telah mencatatkan tiga rekor fantastis.

Baca Juga
Ketua Inapgoc, Raja Sapta Oktohari.

“Sejarah yang pertama, dari jumlah peserta yang terdaftar di Asian Para Games 2018 lebih banyak daripada dua negara sebelumnya, yakni 2.831 peserta terdaftar,” ucap Raja Sapta.

“Dari jumlah negara peserta, lebih banyak dari dua negara sebelumnya. Ada 43 negara yang sudah resmi terdaftar di Asian Para Games 2018,” tambahnya.

Tak hanya dari jumlah peserta dan negara, rupanya antusiasme masyarakat Indonesia dalam menyambut Asian Para Games 2018 juga mendapat sorotan dari asosiasi yang membawahi Para Games di wilayah Asia.

Bendera negara yang ikut Asian Para Games 2018.

“Dari delapan kota yang kita lewati, sekaligus juga tambahan parade Momo yang kita laksanakan 26 September kemarin. Kami mendapatkan apresiasi dari Asia Paralympic Committee, yang menyatakan bahwa animo masyarakat pendukung di Indonesia jauh lebih tinggi daripada dua negara sebelumnya,” ucap Raja Sapta.

Maka dengan tercatatnya tiga rekor tersebut, Gubernur DKI, Anies Baswedan pun mengimbau warga Jakarta untuk turut memeriahkan Asian Para Games 2018 di setiap lokasi pertandingan.

“Setiap hari Sabtu dan Minggu, siapapun warga Jakarta yang ingin mendatangi lokasi pertandingan, silahkan naik Transjakarta, seluruhnya dipersiapkan gratis,” ungkap Anies.

Baca Juga

“Harapannya adalah kita ingin warga Jakarta, warga Indonesia, bukan hanya menyaksikan, bukan hanya mengetahui, tapi mengalami Asian Para Games,” tutup Anies dalam sambutannya.

INAPGOC akan mengadakan upacara pembukaan Asian Para Games 2018 pada 6 Oktober mendatang, dilanjutkan dengan pertandingan hingga ditutup pada 13 Oktober 2018.

Adapun para penyandang disabilitas yang ingin menyaksikan pertandingan dikenakan tiket gratis, termasuk alat transportasi gratis dari Pemprov DKI Jakarta.

Terus ikuti berita sepak bola dan berita olahraga lainnya di INDOSPORT.COM

Penulis: Martin Gibsian

IndonesiaAsian Para GamesMulti-EventAnies BaswedanAsian Para Games 2018INAPGOCListicle Asian Para Games 2018

Berita Terkini