x

6 Atlet Muslim yang Kiprahnya Selalu Dikenang di Dunia Olahraga

Senin, 8 Oktober 2018 11:03 WIB
Penulis: Shintya Maharani | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Khabib Nurmagomedov vs Conor McGregor

INDOSPORT.COM - Di dunia olahraga Internasional, atlet yang beragama muslim masih menjadi minoritas. Hal tersebut pun tentu menjadi perhatian tertentu.

Terlebih, dengan gaya hidup yang bebas dan tidak sejalan dengan aturan yang ada dalam agama Islam.

Para tokoh olahraga Internasional yang sukses mempertahankan identitas diri dan agamanya namun juga hebat dalam menorehkan prestasi pun menjadi suatu hal yang luar biasa.

Baca Juga

Terbukti, banyak atlet muslim yang berhasil menorehkan catatan bagus sepanjang kariernya meskipun hidup sebagai kalangan minoritas.

Berikut INDOSPORT rangkum enam atlet olahraga beragama Islam, yang akan selalu dikenang oleh mata masyarakat dunia pencinta olahraga.


1. Mike Tyson

Legenda tinju dunia, Mike Tyson.

Lelaki bernama asli Michael Gerard Tyson ini berganti nama menjadi Malik Abdul Aziz ketika resmi menjadi mualaf pada tahun 1992. Dijuluki si ‘leher beton’, Ia mulai masuk Islam ketika sedang menjalani hukuman atas kasus tuduhan perkosaan.

Menyelesaikan hukuman selama tiga tahun lamanya, Tyson kembali berlaga di atas ring dan sukses menyabet gelar juara kelas berat WBA dan WBC.

Baca Juga

Menjelang usianya yang menuju tua, Tyson pun banting stir menjadi aktor di beberapa film, seperti di film Tyson, IP Man 3, China Salesman, Public Disturbance, dan masih banyak lagi.


2. Zinedine Zidane

Zinedine Zidane, mantan pelatih Real Madrid.

Memulai karier di AS Cannes, Zidane menjelma menjadi sosok pemain sepak bola dunia yang terkenal ketika bermain di Juventus, dan berlanjut ke Real Madrid selama lima tahun.

Tercatat, Zidane masuk dalam daftar 500 tokoh muslim paling berpengaruh versi Pusat Studi Strategis Agama Islam (MABDA) pada tahun 2018.

Baca Juga

Mantan pelatih Real Madrid yang mempunyai nama islam Zinedine Yazid Zidane ini telah berhasil membawa Juventus menjuarai Liga Italia dan Real Madrid di Liga Spanyol.


3. Shaquille O’ Neal

Shaquille O’ Neal.

Shaquille O’ Neal lahir di keluarga yang berbeda agama, karena sang Ibu beragama Kristen dan ayah beragama Muslim.

Salah satu pemain basket yang terkenal itu berhasil membuat sebuah perubahan di NBA, sebelum akhirnya memilih untuk menjadi seorang Muslim.

Meski tidak sevokal atlet Internasional muslim yang lainnya, dalam beberapa wawancara Shaq dengan gamblang mengatakan bahwa Ia sudah menunaikan ibadah haji.

Baca Juga

Kini, Ia bekerja sebagai analis dalam salah satu program yang mengangkat topik pertandingan di NBA. Selama perjalanan kariernya, Ia berhasil menyabet 4 gelar NBA dengan rincian tiga kali bersama Los Angeles Lakers, dan yang satunya bersama Miami Heat.

Shaq juga pernah mendapat Most Valuable Player pada tahun 1999-2000.


4. Kareem Abdul Jabbar

Kareem Abdul-Jabbar, legenda basket NBA.

Lahir dengan nama Lew Alcindor, pemain basket satu ini memutuskan untuk memeluk agama Islam pada tahun 1971.

Hingga masa pensiunnya, terhitung Jabbar telah berkecimpung di dunia basket selama 20 tahun, yakni dari tahun 1969 hingga 1989.

Baca Juga

Selain itu, namanya juga dikenang sebagai pencetak skor terbanyak sepanjang masa dalam NBA dengan perolehan poin 38.387. Hingga kini, rekor tersebut belum dilampaui oleh siapapun.


5. Muhammad Ali

Muhammad Ali.

Lahir di Kentucky, Amerika Serikat, pemilik nama lengkap Cassius Marcellus Clay Jr ini mulai mengenal tinju di usianya yang ke 12 tahun.

Di usia 22 tahun, Ali berhasil menyabet juara di pertandingan Heavyweight World Championship pada tahun 1964.

Selain menjadi petinju kelas dunia, Ali juga terkenal dengan gerakan dan segala kalimat kontroversionalnya dalam mengkampanyekan pesan perdamaian dunia serta gerakan anti rasis terhadap kulit hitam dalam Gerakan Hak Sipil Afrika dan Amerika pada tahun 1960.

Baca Juga

Petinju muslim yang satu ini hingga akhir hayatnya masih menorehkan sejarah sebagai satu-satunya juara dunia kelas berat sebanyak tiga kali, yakni di tahun 1964, 1974, dan 1978.


6. Khabib Nurmagomedov

Petarung UFC, Khabib Nurmagomedov.

Nama petarung asal Rusia ini pun menjadi sensasional akhir-akhir ini. Hal ini disebabkan keberhasilannya mengalahkan sang fenomenal, Conor McGregor pada pertandingan Ultimate Fighting Club (UFC) edisi ke-229 di T-Mobile Arena, Las Vegas, Amerika pada Minggu (07/10/18) kemarin.

Selain itu, statusnya yang beragama muslim pun menjadi perbincangan dunia.

Banyak kejadian menarik yang berlangsung selama pertandingan ini. Baik Khabib maupun McGregor sudah terlibat cekcok dari sebelum pertarungan dimulai.

Perseteruan mulai terjadi ketika Khabib sedang berbicara pada konferensi pers UFC yang pertama, McGregor terus meledek Khabib dengan menawarkan Bir.

Baca Juga

“Tidak, saya tidak minum bir,” tolak Khabib sambil menjauhkan gelas birnya saat konferensi pers sebelum pertarungan dimulai, dikutip dari portal berita olahraga, Bleacher Report.

Tidak hanya itu, McGregor juga terkenal sebagai petarung yang suka meledek dan menghina sang rival sebelum pertandingan dimulai. Berkali-kali McGregor menyinggung agama Khabib, namun Khabib ogah menanggapinya.

Perseteruan pun berlanjut di area oktagon. Setelah memastikan kemenangannya, Khabib pun tidak dapat mengontrol emosinya dan keluar dengan loncat melewati pembatas untuk menyerang dengan salah satu kru McGregor yang Ia dapati menghina Islam, agamanya.

 Conor McGregor vs Khabib Nurmagomedov.

Seusai terjadinya hal tersebut, Khabib pun menggelar konferensi pers. Ia mengaku minta maaf dan Ia hanyalah manusia yang mungkin berbuat salah.

Di samping akan kisruhnya tersebut, Khabib tetap akan diingat oleh dunia internasional sebagai salah satu atlet muslim yang memiliki pengaruh besar di dunia olahraga.

Itu tak lepas dari keberhasilan dirinya mengalahkan McGregor, petarung yang dikenal fenomenal di ranah UFC. Aksi emosionalnya itu juga akan selalu dikenang sebagai bagian dari 'pembelaan' dirinya terhadap penindasan yang ia terima.

Ikuti Terus Berita MMA dan UFC Serta Berita Sport Lainnya Hanya di INDOSPORT

Zinedine ZidaneMike TysonMuhammad AliShaquille O'NealConor McGregorTRIVIAKhabib Nurmagomedov

Berita Terkini