x

4 Tips dan Trik untuk Melakukan Pendinginan Setelah Olahraga

Senin, 15 Oktober 2018 14:17 WIB
Penulis: Masya Famely Ruhulessin | Editor: Arum Kusuma Dewi
Ilustrasi stretching.

INDOSPORT.COM - Dalam dunia olahraga, Anda pasti paham jika harus melakukan pemanasan sebelum memulai aktivitas. 

Langsung melakukan olahraga berat dapat membuat otot-otot kita kaget dan rentan cedera. Oleh karena itu, sebelum melakukan kegiatan olahraga, kita diwajibkan untuk melakukan pemanasan.

Terlebih olahraga yang tergolong berat dan menguras banyak tenaga seperti, lari, sepak bola, futsal, basket, dan masih banyak lagi yang membutuhkan pemanasan.

Namun meski sudah banyak dari Anda yang menyadari pentingnya pemanasan sebelum olahraga, rupanya banyak yang mengabaikan pentingnya pendinginan setelah melakukan aktivitas berat tadi.

Baca Juga

Meskipun kondisi tubuh sudah sangat lelah, jangan langsung buru-buru beristirahat karena akan berdampak buruk bagi tubuh. Berikut, 4 tips yang bisa Anda lakukan untuk proses pendinginan setelah olahraga seperti dikutip dari Evolve Daily. 


1. 1. Lakukan Peregangan dengan Baik

Ilustrasi perenggangan.

Peregangan adalah salah satu gerakan pendinginan klasik untuk semua jenis latihan. Latihan ini akan membuat fleksibilitas tubuh meningkat dan mengurangi munculnya kejang otot dan kram yang umum terjadi setelah latihan fisik.

Tubuh mengumpulkan banyak limbah ketika kita menjalani latihan ketat seperi pembentukan asam laktat di area sendi. Saat melakukan peregangan, otot-otot akan menjadi rileks kemudian darah dan oksigen akan mengalir dengan baik ke seluruh tubuh.

Pastikan untuk mendapatkan peregangan yang baik. Ini akan menenangkan tubuh Anda dan menenangkan otot-otot Anda sambil membawa suhu tubuh Anda lebih dekat ke normal.


2. 2. Berjalan Sebentar

Ilustrasi jalan santai.

Ketika melakukan olahraga keras seperti di kelas seni bela diri, kita sering mendorong diri kita sampai batas maksimum. Ini menyebabkan detak jantung meningkat di atas normal.

Karena itu, Anda bisa melakukan pendinginan dengan berjalan kaki sebentar sekitar 5-10 menit untuk memperlambat detak jantung. Jika tidak ada treadmill, Anda bisa berjalan kaki di luar ruangan sambil menghirup udara segar.

Berjalan kaki memungkinkan darah beredar ke seluruh tubuh dan mendistribusi oksigen yang segar ke otot-otot. Ini juga membantu mengurangi nyeri dan kekakuan otot.

 

3. 3. Minum Banyak Air

Ilustrasi Olahraga.

Ketika melakukan latihan bela diri, tubuh akan memproduksi banyak keringat. Ini berarti cairan dalam tubuh Anda banyak berkurang.

Karena itu, sangat penting membuat tubuh tetap terhidrasi untuk memastikan otot Anda mendapatkan cukup oksigen. Mayoritas tubuh manusia terdiri dari air. Jadi penting untuk memastikan bahwa kita mendapatkan kembali cairan yang hilang selama latihan.

Untuk mengetahui berapa banyak kebutuhan air yang harus dikonsusi, Anda bisa menimbang berat sebelum dan sesudah sesi latihan.

Baca Juga

Selisih berat yang diperoleh bisa Anda analogikan sebagai banyaknya air yang hilang. Tambahkan 25 hingga 50 persen dari jumlah tersebut untuk mengganti cairan yang hilang lewat urin.

Ingat, tetap terhidrasi selama dan setelah berolahraga sangat penting untuk memastikan tubuh Anda berfungsi dengan benar dan menjaga Anda tetap sehat.


4. 4. Lakukan Yoga

Ilustrasi Yoga.

Pendinginan berarti terus berolahraga namun dengan kecepatan yang lebih lambat. Ini dimaksudkan agar tubuh secara bertahap bergerak dari keadaan fisik yang intens ke keadaan istirahat.

Anda bisa melakukan sesi singkat yoga yang memfokuskan pada teknik pernapasan yang tepat. Yoga memang memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

Selain membantu meningkatkan kelenturan, Yoga juga meningkatkan kekuatan otot, memperkuat pernapasan, meningkatkan energi dan vitalitas, serta meningkatkan kesehatan kardiovaskular.

Baca Juga

Yang terpenting, pastikan Anda melakukan pedinginan setelah latihan. Jagalah pikiran dan tubuh Anda setiap hari dan kita semua akan hidup lebih bahagia, hidup lebih sehat!

Ikuti Terus Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM

Komunitas SehatYogaTips BugarSenamJalan SantaiTips dan Trik

Berita Terkini