x

10 Cemilan yang Bisa Dikonsumsi Setelah Olahraga

Sabtu, 27 Oktober 2018 18:44 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Yohanes Ishak
Tips Makanan Sehat Tuk Berolahraga

INDOSPORT.COM – Habis berolahraga ngemil? Kok aneh ya, buat apa berolahraga kalau masih ngemil cemilan? Tapi tenang, cemilan yang dimaksud tentu saja bukanlah cemilan yang dikenal dengan nama Micin, tetapi cemilan yang rendah kalori.

Camilan rendah kalori tentu saja termasuk makanan yang selalu yang dicari-cari bagi mereka yang sedang diet. Terlebih, makanan tersebut dibutuhkan untuk menyiasati kondisi setelah berolahraga.

Olahraga membutuhkan jumlah kalori tertentu. Tubuh lantas membutuhkan asupan nutrisi sehingga menimbulkan rasa lapar.

Baca Juga

Konsumsi makanan dengan jumlah kalori tinggi membuat olahraga terasa sia-sia. Manfaat olahraga justru tidak akan terasa maksimal.

Camilan sehat dengan kalori rendah dapat menjadi solusi mengurangi rasa lapar. Alih-alih kalap dengan menyantap makanan berkalori tinggi, camilan rendah kalori bisa dijadikan pilihan makanan setelah berolahraga.

Dikutip dari situs berita olahraga Fitness for Men, berikut INDOSPORT merangkum 10 camilan rendah kalori yang cocok setelah berolahraga.


1. Sereal, Yoghurt, Apel

Ilustrasi Sayuran dan Buah-buahan.

1. Sereal gandum

Sereal gandum hanya memiliki 70 kalori jika dikonsumsi dalam porsi 1/3 cangkir. Nutrisi yang terkandung di dalamnya yakni sodium 83 mg dan kolesterol 0 mg.

Camilan ini cocok dikonsumsi setelah olahraga. Namun demikian, jangan tambahkan pemanis saat menikmati sereal gandum.

Porsi 1/3 cangkir hanya mengandung 70 kalori. Takaran tersebut tidak ada lemak, tetapi kaya serat yang mengenyangkan dan memberi energi.

2. Yoghurt dingin

Yoghurt dingin yang dikonsumsi 1 cup mengandung 84 kalori. Camilan ini memiliki nutrisi lemak 0,13 g, sodium 104 mg, dan kolesterol 1 mg.

Baca Juga

Selain menyehatkan sistem pencernaan, yoghurt kaya akan kalsium dan protein. Yoghurt dingin umumnya terbuat dari susu yang dipadatkan, lemak susu, dan bahan tambahan lainnya.

3. Apel potong + olesan selai kacang

Poris 1 buah apel dan 2 sendok teh selai kacang mengandung 90 kalori. Camilan ini membantu memenuhi kebutuhan vitamin dan protein tubuh.

Apel dapat mencukupi kebutuhan serat tubuh. Sementara itu, selai kacang akan mengembalikan energi tubuh dan meregenerasi sel otot yang rusak setelah berolahraga.


2. Kacang-kacangan, Anggur, Es Krim

ilustrasi Es Krim.

4. Anggur segar

Buah anggur yang dikonsumsi sebanyak 1 cangkir memiliki 62 kalori. Anggur memiliki kandungan air yang membuat tubuh menjadi kenyang.

Selain itu, kandungan air di dalamnya akan menghindarkan tubuh dari dehidrasi setelah berolahraga. Anggur juga kaya vitamin K dan mineral mangan.

5. Es krim rendah kalori

Es krim jenis slow churned dengan porsi setengah cangkir mengandung 100 kalori. Bahan utama camilan ini bukan berasal dari krim seperti es krim pada umumnya.

Es krim rendah kalori dibuat dari kombinasi susu tanpa lemak, gula, dan perasa. Proses ekstrusi suhu rendah (-20 derajat Celsius) menghasilkan kristal es yang lebih sedikit.

6. Kacang almond

Kacang Almond, termasuk makanan yang tepat bagi mereka yang sedang diet.

Almond dalam jumlah 14 butir atau sekitar satu genggam menghasilkan 98 kalori. Camilan ini bermanfaat untuk kesehatan, terutama dalam menjaga kadar koleksterol.

Selain itu, almond dapat mengurangi risiko diabetes. Kacang jenis ini mengandung protein dan jenis lemak yang baik, memiliki serat yang cukup tinggi, dan mudah disimpan di mana saja.

7. Kacang pistachio

Pistachio dalam jumlah 14 sampai 20 butir atau sekitar satu genggam setara dengan 80 kalori. Lemak kacang pistachio merupakan jenis lemak tak jenuh atau lemak “baik”.

Meski dikonsumsi dalam jumlah sedikit, kacang pistachio dapat memberi asupan protein, beberapa vitamin kunci, dan mineral. Konsumsi pistachio dengan cara panggang tanpa tambahan garam.


3. Salmon, Popcorn, Bluerberry

Sayur, Buah-buahan, Susu, dan Telur.

8. Salmon asap gulung

Meskipun terlihat seperti makanan berat, salmon asap gulung sebanyak 2 picis hanya mengandung 55 kalori. Salmon asap memiliki kandungan protein tinggi dan asam lemak Omega-3.

 kandungan protein tinggi dan asam lemak Omega-3 tersebut berperan penting dalam proses regenerasi sel-sel tubuh setelah berolahraga.

9. Popcorn tawar

Popcorn tawar yang dikonsumsi sebanyak 6 cangkir menghasilkan 100 kalori. Camilan ini dapat menjadi makanan rendah kalori jika tidak ditambahkan mentega atau pemanis.

Jagung mengandung serat tinggi dan menjadi sumber karbohidrat yang dapat menghasilkan rasa kenyang lebih lama dan mengembalikan tenaga.

Baca Juga

10. Blueberry smoothie

Satu gelas blueberry smoothie mengandung 93 kalori. Buah ini kaya akan antioksidan yang dapat meredakan peradangan dalam tubuh, terutama setelah berolahraga.

Ikuti Terus Kabar Sepak Bola Indonesia dan Berita Olahraga Lainnya di INDOSPORT.COM

Komunitas SehatTips BugarTips dan TrikPasukan Sehat

Berita Terkini