x

4 Gerakan Workout Tanpa Alat yang Dapat Dilakukan di Rumah

Rabu, 14 November 2018 10:25 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
Ilustrasi workout di rumah.

INDOSPORT.COM – Selain makan dan istirahat, olahraga menjadi salah satu kebutuhan sehari-hari yang harus dipenuhi. Kebutuhan tersebut adalah hal yang berhubungan erat dengan kesehatan dan kebugaran tubuh kita,

Tetapi bagi sebagian orang, olahraga menjadi hal yang sulit dilakukan karena keterbatasan waktu, tempat bahkan alat yang tersedia. Padahal olahraga untuk kesehatan ataupun untuk membentuk tubuh tak selalu membutuhkan alat maupun tempat yang rumit.

Dengan bermodal tempat yang tak terlalu luas saja, Anda dapat melakukan beberapa gerakan yang ternyata ckup efektif untuk kesehatan dan kebugaran kita.

Baca Juga

Selain dapat berfungi sebagai kegiatan yang dapat menyehatkan tubuh, olahraga ini juga dapat membantu Anda untuk membentuk tubuh yang lebih ideal.

Berikut INDOSPORT telah merangkum empat gerakan sederhana yang Anda dapat lakukan dirumah untuk menjaga kesehatan sekaligus membentuk bentuk tubuh yang ideal.


1. Gerakan untuk mengencangkan otot kaki

Ilustrasi workout di rumah.

Langkah pertama melakukan gerakan ini adalah taruh kaki kanan Anda di depan dan kaki kiri Anda di belakang dengan kedua kaki menekuk sambal menyilangkan tangan anda di depan dada.

Lalu tukar posisi kaki Anda dan lakukan gerakan menekuk kaki seperti gerakan pertama dan tangan tetap berada di depan dada.

Baca Juga

Setelah kaki kanan dan kaki kiri bergantian, lakukan posisi seperti gerakan skuat dengan menaruh dua kaki sejajar dengan tubuh lalu tekuk kedua lutut sedikit ke bawah. Lakukan gerakan ini selama 30 detik dalam 6 kali pengulangan dan beristirahat selama 10 detik.

Gerakan untuk mengencangkan otot tangan

Langkah pertama melakukan gerakan ini adalah membentuk posisi tubuh seperti push up, tetapi satu tangan di angkat keatas sehingga kedua tangan membentuk sudut 180 derajat.

Setelah itu kembalikan tangan ke posisi menapak lantai, lalu lakukan gerakan push up.

Setelah melakukan gerakan push up, lakukan gerakan seperti langkah pertama dengan tangan sebelahnya. Lakukan gerakan ini selama 30 detik dalam 6 kali pengulangan dan beristirahat selama 10 detik.


2. Gerakan untuk mengencangkan otot perut

Ilustrasi Push Up Kombinasi.

Langkah pertama taruh tangan seperti gerakan push up, lalu tekuk kedua kaki. Selanjutnya lakukan gerakan meluruskan satu kaki ke belakang dan kaki lainnya tetap menekuk pada posisi semula.

Lakukan gerakan pada satu kaki sebanyak tujuh kali, lalu ganti dengan kaki yang sebelahnya dan lakukan sebanyak tujuh kali selama 30 detik dalam 6 kali pengulangan dan beristirahat selama 10 detik.

Baca Juga

Gerakan untuk mengencangkan otot punggung

Langkah pertama berbaring di atas lantai lalu taruh tangan di samping tubuh. Lalu silangkan kaki dan angkat kedua kaku hingga berada diatas perut Anda. Lakukan gerakan ini selama 30 detik dalam 6 kali pengulangan dan beristirahat selama 10 detik.

Penulis: Daniel Ramos Putra

Ikuti Terus Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM

Komunitas SehatOlahragaTips BugarTips dan Trik

Berita Terkini