x

5 Olahraga Sederhana Ibu Hamil untuk Mempermudah Persalinan

Jumat, 23 November 2018 13:45 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Yohanes Ishak

INDOSPORT.COM – Kondisi ibu hamil terkadang membatasi gerak dalam menjalankan aktivitas. Tubuh justru menjadi kurang bugar saat proses menuju persalinan.

Kehamilan seharusnya tidak mengurangi aktivitas gerak tubuh. Beberapa senam ibu hamil dapat dilakukan untuk menjaga badan tetap sehat dan bugar.

Ada gerakan mudah dan sederhana yang dapat dilakukan kapan saja dan di mana pun bagi ibu hamil untuk tetap bisa menjaga kesehatan tubuh.

Baca Juga

Gerakan ini tentu saja aman bagi ibu hamil yang telah mencapai usia kandungan 8 bulan. Senam ibu hamil ini bahkan dapat membantu memperlancar proses persalinan.

Berikut INDOSPORT.com merangkum 5 gerakan sederhana ibu hamil yang membantu untuk mempermudah persalinan dikutip dari theAsianparent.com.


1. Kegel dan posisi jongkok

Salah satu teknik yoga untuk ibu hamil.

1. Kegel

Mula-mula, tubuhkan tubuh di atas matras. Setelah itu, angkat bagian perut hingga lutut ke atas dengan durasi 3 hingga 10 detik.

Gerakan ini bisa dilakukan dengan berbagai langkah, baik sambal duduk maupun berdiri. Ulangi gerakan kegel ini paling tidak 4 kali dalam sehari.

Senam kegel dapat melatih dan menguatkan otot-otot dasar panggul agar proses persalinan lebih mudah. Selain itu, gerakan senam ini melatih otot pada bagian sekitar uretra, kandung kemih, rektum, dan rahim.

Baca Juga

2. Posisi jongkok

Senam ini dilakukan dengan cara menurunkan bagian badan secara perlahan-lahan sampai posisi jongkok. Pastikan punggung Anda lurus ketika mengambil posisi jongkok.

Tahan tubuh Anda selama 10 detik dan kembali lagi berdiri ke posisi semula. Ulangi lagi gerakan tersebut beberapa kali dalam sehari.

Senam ini dapat memperkuat otot paha dan perengangan otot panggul. Selain itu, tujuan utama gerakan posisi jongkok ialah mempermudah proses persalinan.


2. 3. Pose tailor

Salah satu teknik yoga untuk ibu hamil.

Gerakan pose tailor sering disebut juga dengan pose kupu-kupu dalam yoga. Senam ini dilakukan dengan duduk di lantai dan punggung lurus.

Setelah itu, kedua telapak kaki saling menyentuh rapat dan lalu dorong lutut ke arah bawah menyentuh lutut. Lakukan gerakan ini selama 10 sampai 20 detik dan ulangi beberapa kali sehari.

Baca Juga

Senam pose tailor berguna melatih otot paha dan menghilangkan stres punggung bagian bawah bagi ibu hamil. Jika Anda dalam keadaan hamil, sebelum mempraktikkan gerakan senam pose tailor, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan.


3. Memiringkan panggul dan jalan kaki

Jalan sehat untuk ibu hamil.

4. Memiringkan panggul

Gerakan memiringkan panggul diawali dengan mengambil posisi seperti merangkak. Usaha kepala sejajar dengan punggung Anda.

Setelah itu, buatlah gerakan menengadah atau memandang ke atas sambil menarik  dan melepas napas. Lakukan dengan santai dan rutin selama beberapa kali sehari.

Baca Juga

5. Jalan kaki

Selain melakukan gerakan senam, jangan lupakan jalan kaki. Manfaat jalan kaki sangat berguna dalam mengurangi waktu persalinan.

Lakukan aktivitas jalan kaki santai terutama pada trisemester ketiga. Hal tersebut dapat membantu posisi bayi agar masuk ke jalur lahir.

Ikuti Terus Berita Tips & Trik dan Olahraga Lainnya di INDOSPORT.COM

Komunitas SehatTips BugarTips dan TrikPasukan Sehat

Berita Terkini